Wo Ai Ni Allah – Vanny Chrisma W.

Judul buku : Wo Ai Ni Allah
Penulis : Vanny Chrisma W.
Editor : Akhmad Muhaimin Azzet
Penerbit : DIVA Press, Mei 2008

Kisah tentang pencarian Tuhan. Seorang gadis empat belas tahun, Amei Chan, menelusuri jejak ayahnya untuk mencari Tuhan. Perjalanannya tak mudah, tantangan dari ibu dan lingkungan sekitar membuatnya berada di tempat asing. Tetapi tekadnya tak surut, dengan kekuatan yang datang entah dari mana, dan keberuntungan serta orang-orang baik yang ditemuinya.

Kisah ini sarat dengan makna dan nasehat. Tiap kalimat bijak dan tragedi yang terjadi memiliki tujuan baik untuk menuntun manusia menjadi lebih baik. Kisahnya juga penuh dengan kejutan yang tak terduga. Sayangnya, penyusunan novel ini kurang logis dan masuk akal.

Memang benar, bahwa novel ini disusun dengan riset melalui berbagai pustaka, akan tetapi penulis seolah hanya menyusun sebuah karya yang diambil dari daftar pustaka, menyelipkan kalimat-kalimat dalam buku berdasarkan urutan dan kejadian yang tampak seperti dibuat-buat. Peristiwa-peristiwa yang ada tidak mengalir secara alami, dan masih banyak kekurangan dalam riset yang dilakukan. Secara keilmuan, terdapat beberapa hal ganjil. Ulasan dalam berbagai sisi juga terkesan dangkal. Salah satu contohnya adalah saat ibu Amei selamat dari kebakaran, rasanya pasien yang dimasukkan ke ICU tidak akan mendapat jaminan bahwa keesokan harinya langsung diizinkan pulang. Apalagi menurut keterangan sebelumnya, luka bakarnya cukup parah. Semestinya masih dibutuhkan beberapa har perawatan, kemudian dipindahkan ke bangsal biasa. Seandainya luka bakar itu tidak sebegitu parah dan dalam beberapa jam kondisinya stabil, tak ada indikasi perawatan di ICU.

Kemudian ketidaktahuan penulis mengenai perbedaan ‘psikologi’ dan ‘psikiatri’. Nasehat-nasehat keagamaan yang tidak disesuaikan dengan penerimanya. Ada baiknya novel semacam ini lebih menitikberatkan pada ajaran ketauhidan, atau paling tidak terdapat satu penarik yang cukup dominan untuk mempelajari atau memeluk suatu agama.

Nilai 2/5 untuk nasehat bijak ditambah hal-hal yang membuat saya menyerngitkan dahi.

About these ads

2 responses to “Wo Ai Ni Allah – Vanny Chrisma W.

  1. adakah ini cerita benar?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s