Close Up Interview Anggota Blogger Buku Indonesia

CUIMasih dalam rangkaian ulang tahun Blogger Buku Indonesia (BBI) yang kedua pada 13 April 2013, ada satu event lagi yang dikoordinasi oleh kak Mia, Close Up Interview (CUI). Tujuan dari CUI ini adalah mendekatkan para anggotanya. Tentunya perkembangan BBI yang dari beberapa orang, kemudian masih puluhan blog saat saya bergabung, dan saat ini sudah lebih dari 100 anggotanya, mau tak mau memaksa kita menyadari bahwa masih banyak anggota BBI yang tidak kita kenal. Apalagi saya yang lebih sering blogwalking saat posting bersama, sehingga kemungkinan blogger yang jarang mengikuti posting bersama bisa luput dari perhatian saya. Reading challenge maupun reading event lumayan memberi saya kenalan baru, tapi sedalam apa?

Maka dari itu, saat diumumkan adanya event CUI ini, saya pun tak melewatkan untuk ambil bagian. Saat waktu yang ditentukan, ternyata saya mendapatkan ‘jatah’ untuk mewawancarai Dyta dari My Fingerprint Tale. Kebetulan saya tidak terlalu asing dengan blog itu, karena merupakan salah satu peserta FYE Children’s Literature dimana saya sebagai host. Namun, saya sama sekali tidak mengenal Dyta. CUI lah yang kemudian mengajak saya untuk mengenal Dyta lebih dekat.

Penampakan My Fingerprint Tale

Bernama lengkap Anindyta Audie Dhea Amanda, blogger yang ternyata ‘junior’ saya ini tinggal dan kuliah di Samarinda, Kalimantan Timur. Usianya 21 tahun, dan saat ini dia sedang menjalani skripsi. Dyta sudah setahun membuat blog-nya, tapi baru aktif beberapa bulan ini. Inilah tanya jawab saya selengkapnya dengan Dyta.

1. Sejak kapan mulai suka baca & ngeblog? Apakah sejak awal memang blogger buku (sebelum gabung BBI)?

Suka baca sebenarnya sudah lama, dari zaman SD suka baca. Cuma waktu SMP-SMA sempat menurun aktivitas bacanya, kembali lagi setelah kuliah. Enggak, bukan blogger buku, malah belum pernah ngeblog sama sekali. Aku cuma aktif di kaskus. Setelah sering stalking blognya BBIers, terus diajakin mbak Selvi buat gabung jadinya ikutan deh.

2. Genre apa yang paling disukai dan paling tidak disukai? Apa pernah mengalami pasang surut dalam hal genre buku? Misalnya suatu ketika suka baca buku genre A, beberapa bulan kemudian jadi suka genre B dan ga tertarik lagi dgn genre A.

Kalau genre paling suka klasik dan buku anak-anak. Saya juga suka adult fiction, thriller dan fantasy. Gak pernah pasang surut sih, tapi dulu pernah suka sama young adult, sekarang kelihatannya udah gak terlalu tertarik lagi gara-gara bosen, haha.

Yang paling gak suka genre romance murni kayak harlequin. Oh iya, aku juga gak sreg baca paranormal romance.

3. Siapa yang paling banyak memengaruhi bacaanmu? Atau itu muncul dengan sendirinya?

Mmm. Yang bikin aku suka baca pertama kali itu kayaknya bapak dan ibu, soalnya aku sering dibeliin buku dulu. Jadi langsung suka baca deh. Kalau genre, awalnya aku asal milih aja buku yang mau kubaca, kadang liat covernya langsung kepengen baca. Nah, setelah proses coba-coba itu aku jadi tahu genre mana yang aku suka. Mungkin yang berpengaruh itu goodreads kali ya. Soalnya suka browsing di situ cari-cari sasaran buku :D

4. Apa keuntungan/kerugian dan suka duka dari book blogging menurut kamu? Apakah berpengaruh ke proses membaca?

Keuntungannya sih karena bisa buat saya teratur ngereview, suka juga bisa tulis apa aja nggak perlu takut buat oot. Aku orangnya pemalu sih, tapi gara-gara blog jadi lebih berani menyampaikan pendapat, enak aja ngeblog seakan ahli ngereview buku, haha.

Proses bacaa…hmmm, iya. Jadi lebih tanggung jawab aja buat review buku yg aku baca :). Kalau baca buku sekarang jadi bikin catatan atau highlite supaya bisa di-share ke blog.

5. Kulihat di blog-mu ada review berbahasa Indonesia & Inggris. Apa pertimbangannya saat memilih bahasa itu? Apa perbedaan yg dirasakan saat reviewnya dibuat dlm bahasa Indonesia/Inggris?

Gak ada pertimbangan sebenernya, itu sesuai mood aja. Sekarang lagi mood bahasa Inggris. Terus kadang-kadang yang view blogku itu banyak dari luar jadinya aku coba-coba pakai bahasa Inggris juga. Beda, kalau bahasa Inggris lama selesainya dan acak adut, hehe. [Ah, ga acak adut kok, Dyt]

Viewer-nya lebih banyak ga kalo bahasa Inggris? Atau sama aja?

Hmm, lebih banyak. Tapi followernya tetep aja, huahaha. Eh, nambah ding satu follower dari luar :’)

6. Bagaimana cara membagi waktu antara kuliah, baca & blogging?

Karena gak kuliah lagi jadi sekarang santai, hehe. Tapi kalau lagi kuliah biasanya bacanya malam kalau lagi senggang atau sebelum tidur O:-)

7. Ada buku/penulis tertentu yg saaaangat berkesan ga?

Sangaaat? Hmm sangat? Susah ni milihnya. Hehe. Tapi yang kesannya masih kerasa sekarang itu Chuck Palahniuk. Fight Club. Gara-gara dia aku jadi -almost-conspiracy-junky. Everything’s copy of a copy of a copy.

Awalnya aku jijik sama buku ini, tapi setelah aku baca bener-bener yang diomongin Chuck Palahniuk dalam bentuk omongan orang skizofren ini ternyata ada benernya. Beberapa ada benernya. Kayak masalah masyarakat yang dikontrol diam-diam sama media, brand-brand ternama, dll. Hehehe. Bapakku kan suka ngomongin konspirasi, tapi aku tu kadang gak peduli, huahaha. Ternyata si Chuck Palahniuk yang bikin aku tertarik :)

Bagi dong link reviewnya.

http://thetaleoffingerprint.wordpress.com/2013/03/18/mischief-mayhem-soap/

http://thetaleoffingerprint.wordpress.com/2013/04/06/what-my-fingerprint-found-in-fight-club/

8. Siapa penulis favoritmu & kenapa?

Stephen King! Produktif banget, idenya gila, kadang gak pernah terpikir kalau bisa bikin cerita kayak bgitu. Oh ya, sama George R. R. Martin. Salut banget sama dia, bisa buat banyak banget tokoh dan latar belakang yang beda-beda. Suka banget sama ASOIAFnya. Keren. [ASOIAF = A Song of Ice and Fire]

9. Selain baca ada hobi lain? Apa?

Hobi lainnya sepertinya cuma nonton… Hahahaha. Nonton TV seri… Revenge, Homeland (sigh), Bates Motel, dll.

Gimana pendapatmu tentang film yang diangkat dari buku?

Film adaptasi ya?? Suka banget, soalnya bisa ngangkat nama bukunya. Yang tadinya gak terlalu dikenal, jadi terkenal. Walaupun aku nggak suka nonton sebelum baca novelnya sih.

Film dari buku favorit sampai sejauh ini apa? Kenapa?

Apa ya… Sepertinya The Shawshank Redemption, karena aku sukses banget dipermainkan sama trik-triknya. Dan Game of Thrones karena…epic! Serial TVnya keren, perangnya dapet, aksen seksinya dapat, buahaha, sadisnya dapat. Sayangnya adegan seksnya agak banyak… :-| Serial TV dan bukunya sama-sama bagus.

10. Apa keinginan atau harapan tentang buku/blog buku yang belum bisa kamu capai, atau yang sedang berusaha kamu capai?

Pengennya bisa posting bukan sekedar review, tapi yang lain misal seperti analisis karakter, settingnya, dll. Berusaha lebih mengenal yang dibaca dan lebih kritis. Oh iya, sekarang lagi usaha baca buku-buku nonfiksi terutama sejarah-sejarah :)

11. Buku apa yg pengeeenn banget kamu baca tapi belum kesampaian sampe sekarang? Apa halangannya?

Buku apa ya… Untuk sekarang yang ada di pikiranku cuma The Casual Vacancy… Haha, bukunya belum ada di tangan soalnya.

12. Bagaimana pendapatmu tentang cover buku? Do you judge the book by its cover?

Kadang-kadang. Terutama untuk buku-buku eksperimen alias coba-coba dan asal pilih dari katalog. Biasanya aku lihat dari cover dan jarang baca sinopsisnya, hehe. Tapi kalau sudah tahu dan suka pengarangnya…biasanya cover udah gak aku perhatikan lagi.

Cover… penting dibuat menarik, apalagi buat buku anak-anak dan buku-buku yg penulisnya baru. Karena cover itu tukang nipu dan bagus banget buat senjata penerbit, jadi sebaiknya setelah ngeliat covernya bagus, ceklah rating bukunya.

13. Apa harapanmu untuk dunia perbukuan Indonesia?

Distribusi toko buku di Indonesia kelihatannya belum rata. Biar ada toko online, bagi yang di luar jawa susah banget buat akses buku-buku tertentu plus…ongkirnya mahal. Semoga akses buku buat yang tinggal di luar Jawa dan pedalaman bisa lebih lancar. Terus…semoga makin banyak karya sastra bermutu yang diterbitkan dari dalam negeri. Aku belum terlalu banyak baca sastra, tapi sejauh ini aku suka dan nyesel kenapa gak kenal dari dulu sama sastra. Ternyata sastra itu keren dan banyak yang bisa kita dapat tentang Indonesia di situ. Ayo lebih diperkenalkan lagi sastra ke anak-anak Indonesia! Kalau bisa…masuk kurikulum bahasa Indonesia buat baca buku sastra kayak di Amerika sana yang masuk kurikulum baca buku-buku klasik. Oh ya satu lagi…hopefully, the book’s price will be cheaper. :)

Sipp, makasih Dyta atas wawancara yg menarik. Semoga ini menjadi awal untuk ‘wawancara pribadi’ berikutnya.

fingerprintale2

Itulah sedikit tanya jawab yang sempat kami lakukan selama beberapa hari, karena kesibukan masing-masing juga. Dari wawancara itu, saya jadi tahu bahwa ternyata Dyta punya beberapa persamaan dengan saya, salah satunya dalam hal selera bacaan.

Terima kasih divisi event, telah memberi kami kesempatan untuk saling mengenal lebih dekat.

*Hasil interview saya dengan Ira ada di sini.

*Kenal lebih dekat dengan member BBI lain di situ.

19 responses to “Close Up Interview Anggota Blogger Buku Indonesia

  1. udah pernah kenalan dengan dyta di twitter dan kalo nggak salah juara umum kaskus src 2012 :))

  2. Mantep wawancaranya

  3. Dyta bohong, dia ga pemalu kok, dia pas interviewin aku asyik orangnya *mulai deh provokasi*

  4. Hore, ketemu satu lagi yang suka buku anak-anak. Salam kenal Dyta… :D

  5. seraper juga ya #eh #udahtahusih. Btw fingerprintale ini masuk blog favoritnya tantri, yang aku interview

  6. Buat mbak Busyra, seniorku sayang :P *rada lebay hehehe
    Makasih ya mbak sudah nyempetin interview diriku yang membosankan ini di tengah2 hecticnya kehidupan mbak…

    • haha, sebenernya yg bikin terputus2 karena aku cari ide pertanyaannya…kan sayang banget kalo ga ngorek2 juara umum SRC 2012 *eaa *padahal baru tahu juga*

  7. Salam kenal Dyta!! Kayaknya saya juga baru kenalan nih..

  8. salam kenal Dyta,
    ampe skrg belum sempet2 nonton GoT

Leave a Reply

