The Notebook – Nicholas Sparks

Judul buku : The Notebook (Buku Harian)
Penulis : Nicholas Sparks (@2000)
Penerjemah : Kathleen S.W
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Cetakan ketiga, April 2005
288 hal

Kisah romantika Noah dan Allie dimulai saat mereka masing-masing berusia tujuh belas dan lima belas tahun. Musim panas yang mereka lalui bersama-sama telah menumbuhkan cinta di antara mereka. Meski empat belas tahun berlalu, cinta mereka ternyata tak berkurang sedikit pun, malah justru bertambah. Sayangnya, ada jurang yang memisahkan mereka, status sosial yang berbeda, yang menghalangi restu orang tua Allie.

“…begitu kau jatuh cinta untuk pertama kali, kehidupanmu akan berubah selamanya, dan betapapun kau berusaha, perasaan itu tidak akan bisa dihapuskan.” (p.21)

Saat itu, Allie yang sudah bertunangan dan akan segera menikah, hendak mengucapkan perpisahan kepada Noah. Akan tetapi, keputusan itu justru membawa mereka pada takdir yang tak mereka duga sebelumnya. Pahit dan manis hubungan mereka berdua, dan bagaimana pada akhirnya Allie harus mengambil keputusan untuk meninggalkan Noah adalah salah satu konflik dalam buku ini.

Kisah ini tidak berhenti sampai di situ, tetapi berlanjut pada Allie tua yang menderita penyakit Alzheimer. Pada titik ini, dia mengalami ujian cinta sekali lagi.

Nicholas Sparks berhasil menyentuh pembacanya melalui kata-kata romantis dan adegan-adegan manis yang digambarkan melalui kecintaan Noah terhadap puisi dan alam. Alurnya cukup rapi dan tidak membingungkan meski beberapa saat kita ‘dimundurkan’ ke masa-masa sebelumnya. Saya pribadi tidak bisa menebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Agak terlalu klise pada beberapa tempat, tetapi mungkin itulah yang disebut cinta sejati.

“Aku tidak merencanakan untuk jatuh cinta padamu, dan aku tidak yakin kau sudah merencanakan untuk jatuh cinta padaku waktu itu. Tapi begitu kita berkenalan, jelas bahwa kita sama-sama tidak dapat mengendalikan apa yang kemudian terjadi pada diri kita.” (p.138)

My Rating : 3/5

2 responses to “The Notebook – Nicholas Sparks

  1. Karya Nicholas Sparks jarang nggak menyentuh… Dan tokoh utama pria-nya selalu berhasil membuat tergila-gila…

    • Kalo baca buku Nicholas Sparks baru ini. Emang kisah cintanya menyentuh sih, tapi kalo buat aku bacaan gini kurang berkesan, ga biasa baca romance kali ya, hehe.. tapi boleh lah, menghibur dgn kisah yg manis🙂
      Makasih sudah mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s