Neraka Cermin – Edogawa Rampo

Judul buku : Neraka Cermin

Penulis : Edogawa Rampo

Penerjemah : Anton WP

Penerbit : BukuKatta (2011)

Cover buku ini mengingatkan saya pada komik misteri Jepang, yang bukannya saya tidak suka, tapi kurang tepat untuk karya seperti ini. Bandingkan dengan versi bahasa Inggrisnya di sini.

Ada enam cerita yang disuguhkan di sini. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda dan menghasilkan hasil akhir yang sama: ketakjuban.
Pertama kali membaca cerita pertama dalam buku ini, Neraka Cermin, saya agak merasa aneh dengan bahasanya. Ini adalah kisah misteri yang penuh ‘kegilaan’, tetapi bahasa yang digunakan sangat sederhana, nyaris seperti bacaan anak-anak. Akan tetapi meneruskan ke cerita-cerita berikutnya, barulah saya memahami bahwa memang seperti inilah bahasa penuturannya, terkecuali bahwa semakin ke belakang saya semakin menikmatinya. Mungkin karena saya tidak merasakan langsung penuturan Edogawa Rampo dalam bahasa aslinya. Terlepas dari itu, kesan pertama saya sebagai bacaan anak-anak perlahan luntur seiring bertambahnya jumlah halaman yang saya baca.

Neraka Cermin mengisahkan bagaimana manusia yang melampaui hakikat dirinya sendiri, bagaimana kegilaan dapat terus berkembang bila tidak dikendalikan. Cerita kedua, Jurang, layaknya kisah detektif yang dibalut dalam percakapan dua orang. Dengan alur yang memaksa kita berpikir dan akhir yang mengejutkan. Sedangkan Kembar merupakan perwujudan titik lemah dari seorang kriminal. Dimana pada akhirnya kita harus mengakui bahwa penjahat pun juga manusia.

Kisah selanjutnya, Kursi Bernyawa, dikisahkan melalui sebuah surat, atau tepatnya dua buah surat. Surat kedua yang penuh dengan spekulasi. Dua Orang Pincang menunjukkan betapa peran psikologis sangat berpengaruh bagi kehidupan seseorang, sampai-sampai sebuah hasutan sanggup menghancurkan masa depan seseorang. Sedangkan kisah terkhir, Ulat, perpaduan antara kesetiaan dan ego manusia.

Meskipun cerita pendek, sejatinya banyak hal yang bisa kita ambil dari masing-masing cerita. Nilai yang harus disimpulkan sendiri oleh para pembacanya. Kalau saya menyebutkan kisah Kembar sebagai wujud kemanusiaan seorang kriminal, mungkin saja ada yang berpendapat bahwa itu adalah kebodohan alami seorang penjahat. Sebagian yang lain mungkin menyebutnya karma, atau perhitungan yang meleset. Kisah Kursi Bernyawa mungkin hanyalah tipuan yang cerdas dan meyakinkan, tetapi mungkin saja itu adalah sebuah kenyataan yang disamarkan untuk menutupi kebenaran.

Buku ini sangat mudah dinikmati, ketegangan demi ketegangan, tanda tanya demi tanda tanya, penafsiran yang beragam, semuanya memberikan warna tersendiri. Tapi satu hal yang sangat mengganggu adalah masih banyaknya kesalahan ketik yang terdapat di dalamnya. Tampaknya beberapa buku dari penerbit yang sama yang sudah saya baca memiliki kelemahan di situ, mengenai penyuntingan naskah.

Dari segi cerita, saya berani memberikan nilai 5/5 untuk buku Edogawa Rampo ini. Tak salah dia menamakan diri dengan ejaan Jepang dari Edgar Allan Poe. Tetapi secara keseluruhan, terutama bahasa dan cetakannya, versi terjemahan ini terpaksa saya beri nilai 3/5.

5 responses to “Neraka Cermin – Edogawa Rampo

  1. astridfelicialim

    wah covernya emang gory banget, mirip komik2 jepang =) poe versi jepang, menarik bnget ya.

  2. Loh kok bahas dan terjemahan cuma 3? kenapa? btw aku jg blm baca ini , sudah carinya ya bukukatta itu, apa colek ke ownernya saja hehehe

    • Kurang berkesan aja bacanya, apalagi typo-nya, aku sensitif klo soal typo, hehe… 3 itu sudah lumayan bagus buat aku, relatif jg sih. Kemarin aku kan ngerampok 3 buku, hehe, ayo ke Solo lagi ambil bukunya🙂

Leave a Reply

