My Sister’s Keeper – Jodi Picoult

Judul buku : My Sister’s Keeper
Penulis : Jodi Picoult (2003)

(Telah diterjemahkan pula dalam bahasa Indonesia oleh Gramedia Pustaka Utama dengan judul Penyelamat Kakakku)

Anna Fitzgerald, dalam usianya yang baru tiga belas tahun, menyadari bahwa dia tidak sama dengan anak-anak yang lain. Jika kebanyakan teman-temannya dilahirkan karena ‘kecelakaan’ atau ‘ketidaksengajaan’. Oleh karena kehamilan yang tidak direncanakan, atau kegagalan KB, atau mungkin karena suatu malam orang tua mereka terlalu banyak minum. Begitulah yang dipikirkannya. Berbeda dengan dirinya yang dilahirkan dengan alasan khusus. Dia direncanakan dan ‘dirancang’ oleh orang tuanya untuk menjadi seorang Anna yang sekarang, untuk menyelamatkan kakaknya, Kate.

Kate menderita leukemia jenis APL (acute promyelocytic leukemia). Dia membutuhkan donor leukosit, stem cell, atau sumsum tulang untuk tetap bertahan jika penyakitnya relaps. Akan tetapi, kebutuhan itu justru membuat Anna merasa bahwa dia hanyalah ‘suku cadang’ yang diciptakan untuk Kate. Dan semuanya dilakukan tanpa persetujuannya, sehingga dia memutuskan untuk menuntut orang tuanya.

“I want to sue them for the rights to my own body.”

Seorang anak di bawah umur, menuntut orang tuanya, berhadapan secara hukum, bukanlah proses yang mudah. Dalam kondisi kesehatan Kate yang tidak pasti sudah cukup membuat ibunya khawatir, ditambah dengan masalah ini membuat posisi Anna semakin sulit. Akan tetapi tekadnya kuat dan bulat, proses hukum tetap berlangsung, tak peduli bagaimana orang tuanya terus membujuk bahkan menyalahkannya.

Ibunya, Sara Fitzgerald, pun tak habis pikir tentang masalah yang ditimbulkan putri bungsunya itu. Dia merasa telah cukup adil memperlakukan anak-anaknya. Bahwa Kate memang butuh lebih banyak perhatian karena dia sakit. Berbeda dengan Brian, sang ayah, yang menganggap bahwa sikap Anna menunjukkan bahwa mereka sebagai orang tua belum memberi perhatian yang cukup kepadanya. Fakta bahwa si sulung, Jesse, sering membuat masalah, juga menyadarkannya.

Buku ini disusun dengan sudut pandang orang yang bervariasi. Meski begitu, membacanya tidak membingungkan dan justru membuka cakrawala kita akan sudut pandang orang lain. Bagaimana kita merasakan menjadi seorang Anna yang merasa diperlakukan tidak adil, lalu kita diajak untuk berpikir dengan cara Sara, seorang ibu.

Awalnya, saya berada di pihak Anna, menganggap orang tuanya tak cukup baik dan adil memperlakukannya. Akan tetapi saat mencoba memahami pikiran Sara, saya merasa ada beberapa hal yang mungkin belum saya mengerti tentang menjadi seorang ibu yang memiliki anak dengan penyakit yang lambat laun akan membunuhnya. Dengan masalah yang datang silih berganti, meski tak bisa memahaminya, tetapi kita diajarkan untuk menghargai perasaan dan sudut pandang orang lain.

“The human capacity for burden is like bamboo—far more flexible than you’d ever believe at first glance.”

Salah satu yang saya sukai dari Jodi Picoult adalah dia menguasai bidang yang diceritakannya. Dia menggali dengan cerdas dan berimbang mengenai kesehatan, hukum, astronomi, sampai segala hal tentang api. Meski ada beberapa fakta atau fenomena yang diceritakannya tak jelas kontribusinya terhadap kisah ini, tetapi cukup memperkaya dan mengisi dengan baik. Alurnya disusun secara rapi, tetapi cenderung datar dalam hal kejadian dan peristiwanya. Tidak terlalu banyak kejutan yang berarti. Meski begitu, akhirnya sungguh tidak terduga, berhasil membuat saya menitikkan air mata.

Novel yang cukup menguras emosi, menambah wawasan dan mempertajam cara kita memandang orang lain dari berbagai sudut yang berbeda. 3/5 untuk karya Picoult yang ini.

2 responses to “My Sister’s Keeper – Jodi Picoult

  1. ah, sungguh berlinang airmata saat baca buku ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s