Character Thursday (1)

Baru bergabung dengan bloghop di Fanda Classiclit

Character Thursday

Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
– Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
– Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
– Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.

Syarat Mengikuti :

1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di box di bawah button (cukup copas saja kode itu di posting atau di sidebar kalian).
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: “Nama blogger @ nama blog”, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…
Karakter pilihan saya minggu ini adalah:
Mr. Scarecrow alias Tuan Boneka Jerami.
Dalam fantasi karya Philip Pullman kali ini mengangkat tokoh sebuah boneka jerami. Boneka jerami yang hidup mungkin bukan hal yang baru, seperti dalam kisah The Wizard of Oz (tetapi saya kurang tahu detail sifatnya karena belum baca).

Boneka jerami dalam karya Pullman ini favorit saya karena kelucuan dan kepolosannya. Saat dibuat, kepalanya terbuat dari lobak, tulang belakangnya adalah batang sapu, badannya diisi dengan jerami, dengan sebuah keyakinan hati bahwa Spring Valley adalah rumahnya. Setelah dicuri beberapa kali, dan oleh sebuah sambaran petir, dia menjadi hidup, bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Jack, dan mengangkatnya sebagai pelayannya! Membayangkan sebuah boneka jerami dengan bangganya mengangkat seorang anak manusia sebagai pelayannya membuat saya tersenyum sendiri.

Yang paling konyol adalah saat Tuan Boneka Jerami jatuh cinta. Ya, jatuh cinta, pada sebuah sapu! Kata-katanya sangat menggelitik:

“Sesungguhnya aku telah jatuh cinta. Oh Jack, dia sangat cantik! Dan sifatnya lembut! Kau tidak akan percaya ini, tapi aku merasa hampir kikuk di sampingnya. Keanggunannya! Pesonanya! Oh, aku bingung, aku mencintainya, aku memuja tanah yang dia sikat!”

Meskipun otaknya yang berupa kacang polong telah dicuri seekor burung gagak, tetapi dia tetap saja boneka jerami yang pemberani dan baik hati (karena tidak ada bedanya apakah dia memiliki otak kacang polong ataupun tidak :p). Dengan gagah berani dia maju di pertempuran yang membahayakan bersama para prajurit. Dia juga dengan hati lembut menolong burung yang sedang menetaskan telur di sarangnya. Dia pun merelakan kepala lobaknya diiris oleh Jack sedikit demi sedikit untuk mengganjal perut pelayan setianya itu.

Sebuah karakter yang unik, lucu, sekaligus konyol. Justru karena dia bukan manusia, maka segala kekonyolannya itu mendapat begitu banyak pemakluman, menghibur, sekaligus menyentil kita agar tidak kalah dari sebuah boneka jerami dengan keyakinan hatinya.

Mari, bagi karakter favoritmu minggu ini dengan mendaftar di Fanda Classiclit

8 responses to “Character Thursday (1)

  1. aiihhhh… sepertinya Tuan Boneka Jerami menggemaskan ya🙂

  2. Waah..kayak boneka jeraminya Wizard of Oz ya?
    Lucu..kapan2 mau baca buku ini juga ah!
    Thanks ya udah ikutan blog hopku. Minggu depan ikutan lagi yuk..bakalnya tiap minggu kita ngobrolin tokoh2 di buku

  3. astridfelicialim

    aku pernah baca buku ini tp udh agak lama jadi udh agak lupa, jadi kangen pengen baca lagi =) si pak jerami ini emang kocak banget deh hehe

  4. Baca review-nya jadi pingin nerusin baca. Sudah lama jadi timbunan, baru beberapa halaman sudah malas meneruskan *pembaca miskin imajinasi*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s