Character Thursday (3)

Hari Kamis waktunya:

Character Thursday


– Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
– Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
– Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
– Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.Syarat Mengikuti :

1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.

2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.

4. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah post Fanda Classiclit. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
5. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

Untuk minggu ini, saya mengangkat tokoh dalam buku:

Catatan dari Bawah Tanah, atau Notes From Underground karya Fyodor Dostoevsky. Karakter utamanya tidak bernama, kita sebut saja dia Manusia Bawah Tanah atau Underground Man. Kenapa saya tertarik dengan tokoh ini?

Untuk lebih detail mengenai buku ini boleh dilihat di review saya. Nah, si Manusia Bawah Tanah ini pada bagian pertama membuat saya empati padanya, saya berpihak padanya, dengan segala idealismenya. Dia mengkritisi dunia sekitarnya, dia merasa terasing, dan dia akan tetap hidup meski dunia tidak mengerti pemikirannya. Tetapi di bagian kedua, Manusia Bawah Tanah ini berbalik dari apa yang dikatakannya di bagian pertama. Memang bagian kedua ini semacam flashback, tapi dari tingkah lakunya semasa itu membuat saya jadi ilfeel dan heran dengan kekeraskepalaannya yang konyol.

Paradoks Manusia Bawah Tanah ini yang membuatnya menarik. Dia jadi tokoh yang membuat penasaran dan tak terduga.

Ternyata buku ini pernah di-film-kan pada tahun 1995. Dengan judul yang sama, disutradarai oleh Gary Walkow, dan si Underground Man ini diperankan oleh Henry Czerny yang wajahnya seperti ini:

Sorot mata yang tampak kesepian ini sepertinya cocok menjadi Manusia Bawah Tanah. Terus terang saya belum menonton film-nya, tetapi akan saya acungi jempol bila bisa membuat penontonnya tidak bosan dengan banyaknya monolog, karena memang lebih dari setengah dari bukunya berisi narasi.

Oya, ada juga ternyata di YouTube, versi yang ini sepertinya banyak monolog, tetapi saya belum sempat menonton sampai habis. Mungkin tidak se-membosankan yang saya kira.

Ayo, bagi karaktermu di Character Thursday.

4 responses to “Character Thursday (3)

  1. Kalo dari reviewmu ttg si manusia bawah tanah itu, kayaknya memang si pemeran cocok deh.

  2. Hmm.. cover bukunya serem >_<
    itu ceritanya gambar si manusia bawah tanah ya?

    • iya, itu manusia bawah tanah, soalnya ga ada tokoh penting lain dlm buku itu…lagipula memang pemikirannya agak2 kelam juga, jadi menurutku cocok sih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s