Character Thursday (7)

Character Thursday
Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
– Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
– Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
– Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.
Syarat Mengikuti :
1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah post. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…
Karakter yang saya angkat minggu ini adalah:

Helena

dari A Midsummer Night’s Dream karya William Shakespeare.

Karena karya ini berwujud naskah sandiwara, maka penokohan di dalamnya tidak terlalu detail. Tergantung pada aktris yang membawakannya atau imajinasi kita sendiri. Yang jelas, peran Helena di sini adalah seorang yang, dalam penilaian saya, gigih memperjuangkan cintanya.

Helena mencintai Demetrius, sedangkan Demetrius mencintai Hermia, padahal Hermia saling mencintai dengan Lysander, meskipun tidak direstui. Dalam kisah cinta segiempat ini, Helena lah yang paling ‘kasihan’. Sebagai wanita, dia tidak memiliki kekuatan untuk memaksakan cintanya. Dia bersahabat dengan Hermia, tetapi dia dibayang-bayangi oleh kesempurnaan Hermia yang memikat semua laki-laki. Sebenarnya Helena bukannya tidak cantik, tetapi kebetulan dia mencintai laki-laki yang belum bisa balas mencintainya.

Saat Lysander dan Hermia merencanakan pelarian, dia membocorkannya pada Demetrius demi mendapatkan perhatiannya. Sayangnya, Demetrius justru mengejar pasangan kekasih itu sampai ke hutan, dengan Helena yang masih terus mengikutinya, sampai Raja Peri Oberon merasa ‘gerah’ dengan sikap Demetrius terhadap Helena.

Helena yang diperankan oleh Calista Flockhart dalam film adaptasi berjudul sama yang disutradarai oleh Michael Hoffman (1999).

 

Film adaptasi yang lebih modern oleh Gil Cates Jr. (2002) berjudul A Midsummer Night’s Rave, Helena menjadi Elena yang diperankan Lauren German.

6 responses to “Character Thursday (7)

  1. Hi bzee … manggilnya siapa ya ?
    Aq pernah liat yang Calista Flockhart itu …sudah lama banget, agak lupa ceritanya hehe

    • Panggil bzee aja gpp😀
      Aku malah lupa yg kutonton yg versi itu atau yg lebih tua lagi, hehe.. udh banyak adaptasinya. Ntar (semoga sempat dlm minggu ini) aku posting review-nya juga🙂

  2. Aaaargh…bzee ngeduluiiiin! Padahal aku mau bikin Helena buat minggu depan!
    Jadi sori, gak baca dulu ya, ntar terkontaminasi, hehehe..

  3. astridfelicialim

    waaah akhirnya kesampean baca shakespeare nya ya mba =) helena ini menarik juga ya…baru tau pernah diperanin si ally mcbeal =)

    • iya, baca ebooknya. sebenarnya peran dia ga banyak sih, dibanding Hermia, tapi karakternya lebih menarik aja. Hermia kan tipe yg cewe banget, standar lah, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s