Character Thursday (8)

Character Thursday
Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
– Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
– Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
– Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.
Syarat Mengikuti :
1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah post. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

Richard Mayhew

dari Neverwhere oleh Neil Gaiman

Kehidupan Richard Mayhew biasa-biasa saja, jika tidak bisa dikatakan kacau. Dia telah dua tahun bekerja di London, dan telah memiliki pekerjaan yang tetap, tempat tinggal yang mapan, dan seorang wanita cantik-nyaris-sempurna sebagai tunangannya. Karakter Richard jauh dari sempurna, dia ceroboh dan kurang terorganisir. Meski begitu, tunangannya melihat potensi yang ada pada dirinya.

Richard boleh merasa dirinya beruntung. Sampai suatu hari, saat dia melihat seorang gadis gelandangan terluka, berusaha menjadi orang baik dengan menolongnya dan membuat kesal tunangannya. Akan tetapi, dia kemudian justru jatuh ke dalam situasi yang tidak pernah dia bayangkan, atau dibayangkan semua orang. Tiba-tiba dia ‘menghilang’ di mata semua orang yang dikenalnya. Dia kehilangan tunangannya, pekerjaannya, dan apartemennya. Dia seolah tak pernah ada di dunianya.

Lalu dia ‘terjebak’ di London Bawah, dunia tempat fantasi dan realitas menjadi satu. Dunia dimana hal-hal yang tak mungkin menjadi biasa saja. Awalnya Richard tak bisa menerima kenyataan yang terjadi bahwa dia kini sudah kehilangan semuanya dan harus hidup tak menentu di London Bawah. Dia pun mengikuti Door, gadis yang ditolongnya, dalam pencariannya, agar Richard bisa memperoleh kembali kehidupannya yang lama di London Atas. Di sinilah kejadian demi kejadian mengubah Richard yang penggerutu, penakut dan kaku, menjadi pribadi yang lebih mapan dan berkarakter.

Sejak awal, Richard bukan seseorang yang bisa dengan mudah untuk dikagumi. Gaiman menggambarkannya sebagai pria rata-rata yang tidak bisa diandalkan. Akan tetapi, suatu ketika dia bisa secara tiba-tiba melakukan sesuatu yang heroik, atau mengatakan suatu hal yang bijak. Yang tentunya berhubungan dengan pengalaman tak terduga yang menjungkirbalikkan kehidupannya. Seperti yang orang bilang: pengalaman adalah guru yang paling berharga.

Saat saya mencari film adaptasi dari buku ini, untuk Character Thursday, saya baru tahu kalau ternyata justru buku ini adalah novelisasi dari film seri yang juga ditulis oleh Neil Gaiman.

Gary Bakewell sebagai Richard Mayhew

4 responses to “Character Thursday (8)

  1. eh, baru ngeliat aktor ini.

  2. Setuju! Aku juga merasa Richard orang rata2, bukan pahlawan, tapi pada suatu titik nuraninya tergugah, dan itulah yg membuatnya mampu melakukan tindakan heroik itu. Eh baru tahu juga kalo Gaiman bikin film baru bukunya, pantes bukunya “terasa” adegan film…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s