Wishful Wednesday (6)

Setelah minggu lalu melewatkan Wishful Wednesday, kali ini khusus disiapkan sebelumnya supaya ga terlewat lagi (walaupun nyatanya tetap belum jadi sampai Rabu siang, hehe). Apa sih asyiknya ikutan? Coba dulu deh, caranya:

  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post Books to Share). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

Bulan April ini, tepatnya tanggal 13 sampai 26, BBI mengadakan giveaway hop untuk merayakan ulang tahunnya yang pertama. Di samping ikut bagi-bagi buku, saya ga mau kalah dong ikut sebagai peserta di blog-blog lain, siapa tahu kebagian walaupun satu. Karena temanya penulis lokal, maka yang dibagi-bagi juga buku lokal. Agak sedikit canggung waktu menyadari bahwa referensi buku lokalku ternyata sedikiiitt sekali. Karena itulah, sepertinya saya harus memasukkan beberapa buku lokal ke reading list-ku.

Banyak sebenarnya buku lokal, baik baru maupun klasik, yang layak, bahkan wajib dibaca. Salah satunya kukira adalah Pramoedya Ananta Toer. Dulu sekali sebelum kenal beliau ini, temanku pernah minta kado salah satu buku beliau, yang kubelikan judulnya lupa (sayangnya saya ga sempat pinjam juga waktu itu, hehe). Kalau sekarang saya ingin baca karya beliau, mulai dari ini mungkin ya:

Roman Tetralogi Buru mengambil latar belakang dan cikal bakal nation Indonesia di awal abad ke-20. Dengan membacanya waktu kita dibalikkan sedemikian rupa dan hidup di era membibitnya pergerakan nasional mula-mula, juga pertautan rasa, kegamangan jiwa, percintaan, dan pertarungan kekuatan anonim para srikandi yang mengawal penyemaian bangunan nasional yang kemudian kelak melahirkan Indonesia modern.

Roman bagian pertama; Bumi Manusia, sebagai periode penyemaian dan kegelisahan dimana Minke sebagai aktor sekaligus kreator adalah manusia berdarah priyayi yang semampu mungkin keluar dari kepompong kejawaannya menuju manusia yang bebas dan merdeka, di sudut lain membelah jiwa ke-Eropa-an yang menjadi simbol dan kiblat dari ketinggian pengetahuan dan peradaban.

Pram menggambarkan sebuah adegan antara Minke dengan ayahnya yang sangat sentimentil: Aku mengangkat sembah sebagaimana biasa aku lihat dilakukan punggawa terhadap kakekku dan nenekku dan orangtuaku, waktu lebaran. Dan yang sekarang tak juga kuturunkan sebelum Bupati itu duduk enak di tempatnya. Dalam mengangkat sembah serasa hilang seluruh ilmu dan pengetahuan yang kupelajari tahun demi tahun belakangan ini. Hilang indahnya dunia sebagaimana dijanjikan oleh kemajuan ilmu …. Sembah pengagungan pada leluhur dan pembesar melalui perendahan dan penghinaan diri! Sampai sedatar tanah kalau mungkin! Uh, anak-cucuku tak kurelakan menjalani kehinaan ini.

“Kita kalah, Ma,” bisikku.

“Kita telah melawan, Nak, Nyo, sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya.”

Diambil dari sini.

Yah, semoga selanjutnya wishlist yang ini segera tercapai, karena memang sudah penasaran dengan karya beliau.

Apa Wishful Wednesday-mu hari ini?

5 responses to “Wishful Wednesday (6)

  1. aku jg belum pernah baca ini buku. padahal udah diterjemahkan ke berbagai bahasa..

  2. ayo baca pram…🙂
    paling suka aku kalimat itu: “Kita telah melawan, nak Nyo, sebaik-baiknya, seHORMAT-HORMATnya”…

  3. astridfelicialim

    ahh iya, dulu aku pernah baca salah satu buku tetralogi ini tapi nggak selesai =p mungkin harus diniatin lagi neeh

  4. Pingback: Wishful Wednesday (15) « Bacaan B.Zee

  5. Pingback: Wishful Wednesday (23) Anniversary Giveaway | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s