Libri di Luca – Mikkel Birkegaard

Judul buku : Libri di Luca
Penulis : Mikkel Birkegaard (2007)
Penerjemah : Fahmy Yamani
Penyunting : M. Sidik Nugraha
Penerbit : PT Serambi Ilmu Semesta, April 2010 (cetakan ketiga)
Tebal buku : 588 halaman

Setelah kematian Luca Campelli, putra tunggalnya, Jon, mewarisi toko buku miliknya, Libri di Luca. Jon yang sudah berpisah dengan ayahnya selama dua puluh tahun, sejak kematian ibunya, nyaris tak mengenal ayahnya. Dia yang telah mapan sebagai pengacara yang bisa dibilang sukses harus menjalani misteri baru yang menguak kembali seluruh masa lalunya yang masih dipenuhi tanda tanya.

Jon baru mengetahui bahwa ayahnya ada seorang Lector ternama, yang bakatnya diwarisi dari kakek dan buyutnya, dan diwariskan juga padanya. Seorang Lector mampu mempengaruhi pembaca dengan membacakan suatu buku dan menanamkan kesan yang diinginkannya. Kemampuan itu disebut juga sebagai Pemancar. Ada jenis Lector yang disebut sebagai Penerima. Penerima mampu mendengar orang di sekitarnya membaca, dalam hati sekalipun, dan mengendalikannya.

Dahulu, baik para Pemancar maupun Penerima hidup berdampingan, tetapi ada sesuatu yang memecahkan mereka. Luca lah yang selama ini berjuang mempersatukan mereka kembali, dan kematiannya yang penuh misteri membawa kecurigaan bahwa ini berhubungan dengan misi Luca untuk mempersatukan para Lector.

Buku ini pertama menarik perhatian saya karena ada subjudul ‘novel tentang perkumpulan rahasia pecinta buku’ di covernya. Halaman-halaman pertama cukup menarik, mampu membuat penasaran tentang apa yang terjadi dalam berbagai misteri yang timbul. Saat konflik menjadi cukup menarik, di tengah-tengah muncul romansa yang, menurut saya, agak berlebihan. Mungkin saya tidak terbiasa dengan penggabungan fantasi dan romansa yang jenis ini. Saya pun mencoba meyakinkan diri bahwa ini adalah fantasi dewasa, dan mencoba menerima apa pun romansa yang disisipkan dalam cerita.

Akan tetapi, ternyata perkembangan ceritanya tidak seseru awal cerita dan pembangunan konfliknya. Semakin lama, cerita dan sikap masing-masing karakter menjadi semakin klise, dengan penekanan emosi yang kurang pas. Saat konflik semakin seru dengan adanya ‘organisasi bayangan’, alurnya tidak sebanding dengan konflik itu sendiri. Pembahasan tentang organisasi itu sangat dangkal, tidak dijelaskan apa visi dan misinya. Bukannya mendorong pembaca untuk ikut masuk ke dalam cerita, buku ini seolah-olah hanya memberi gambaran hitam putih yang hanya bisa ditelan mentah-mentah. Tidak ada kriteria ‘baik’ atau ‘jahat’, pembaca hanya disuguhkan pendapat para karakter bahwa inilah yang baik, tanpa penjelasan.

Berlawanan dengan itu semua, pemahaman para tokoh dalam buku ini pun terkesan lambat. Pembaca yang sudah diberi tahu apa yang terjadi, dengan tanda-tandanya, membuat tokohnya terkesan ‘bodoh’. Dan sekali lagi memunculkan klise demi klise.

Agak kecewa dengan alur ceritanya yang panjang tetapi tidak efisien. Padahal ide cerita dan konsepnya sangat bagus. Adanya perkumpulan Lector yang bisa mempengaruhi pembaca merupakan daya tarik tersendiri. Belum lagi misteri-misteri yang muncul, seolah tidak ada habisnya dan mendorong rasa penasaran untuk membaca buku ini sampai habis. Buku ini juga menunjukkan ‘nilai’ tersendiri para pecinta buku. Membuat kita terhanyut dalam imajinasi tentang bagaimana buku-buku bisa menjadi begitu berharga sekaligus menakutkan.

Terpaksa nilai akhir saya menjadi 3/5 untuk awal yang menegangkan dan akhir yang mengecewakan.

2 responses to “Libri di Luca – Mikkel Birkegaard

  1. banyak yang kurang suka sama buku ini ternyata. eh tapi kok aku suka ya? heheh..

  2. kubikelromance

    blm tertarik baca walau ada romance dewasanya :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s