Character Thursday (12)

Character Thursday yang ini seharusnya ditulis beberapa minggu yang lalu, tapi karena belum sempat, dan merasa harus tetap  menampilkan karakter ini, ya, better late than never lah ya.

Selepas membaca trilogi Hunger Games, saya mengagumi satu sosok yang menurut saya paling stabil, paling bijaksana, dan paling pantas dikagumi. Dia adalah sang perancang busana ‘gadis yang terbakar’, Cinna. Penampakan pertamanya pada Katniss disebutkan:

Aku terpana melihat betapa normalnya penampilan lelaki itu. Kebanyakan penata gaya yang diwawancara di televisi biasanya tampil penuh warna, riasan, dan dipermak dengan operasi sampai bentuknya mengerikan. Tapi rambut Cinna yang dipotong pendek cepak tampak berwarna cokelat alami. Dia mengenakan kaus hitam sederhana dan celana panjang. Satu-satunya tampilan yang ditambahkan tampaknya cuma eyeliner berwarna emas metalik yang dipulas dengan halus. Warna itu menonjolkan titik emas yang ada dalam mata hijaunya. Meskipun aku jijik terhadap Capitol dan cara mereka berpakaian, aku tidak bisa tidak menganggap betapa menariknya lelaki ini. (The Hunger Games, 74-75)

Pada upacara pembukaan, untuk pertama kalinya dia membuat penampilan Distrik 12 sangat memukau, hingga Katniss dan Peeta menjadi sorotan sejak awal. Begitu pula pada penampilan-penampilan berikutnya, rancangannya sangat bisa diandalkan. Tapi bukan hanya kemampuannya yang luar biasa, Cinna juga mampu melakukan pendekatan pada berbagai macam orang. Dengan bantuannya, Katniss bisa melalui wawancara sebelum Hunger Games dengan baik. Cinna adalah sesosok sahabat sekaligus penasihat bagi Katniss, dan saat saya membaca, saya merasakan betapa pentingnya peranannya bagi stabilitas sang pemeran utama yang sangat labil.

Pada buku kedua, perannya semakin besar. Mulai dari menjaga emosinya di depan Katniss, sampai dengan menjadi orang yang paling dapat dipercaya untuk hal-hal besar yang tidak mampu diceritakan Katniss kepada orang lain.

“Jangan kuatir. Aku selalu menyalurkan perasaan-perasaanku ke dalam pekerjaanku. Dengan begitu, aku tidak menyakiti orang lain kecuali diriku sendiri.” (Catching Fire, 224)

Puncaknya adalah pemberontakannya sendiri, yaitu dengan membakar gaun pengantin yang dipaksakan Presiden Snow agar dipakai Katniss saat wawancara, menjadi Mockingjay. Dia membalikkan ‘ancaman’ Presiden Snow terhadap Katniss. Keberanian yang menyakiti dirinya sendiri.

Kemudian saat pemberontakan (di buku ketiga), dimana dia sendiri tidak hadir di dekat Katniss, tapi dia telah membuatkan seragam Mockingjay yang sempurna, penuh perhitungan. Dia tahu lekuk-lekuk yang harus dibuat, demi perlindungan, kenyamanan, dan kepraktisan. Bahkan sampai pada hal-hal kecil diperhitungkannya. Dia seolah-olah memenuhi buku ketiga Hunger Games itu, Mockingjay.

Jujur, saya belum menonton film ini, karena memang saya baru-baru ini saja membaca bukunya. Saat saya mencari pemeran Cinna dalam film, cukup mengejutkan. Pemeran Cinna adalah Lenny Kravitz, jauh sekali dari gambaran saya tentang Cinna.

Meskipun Cinna adalah orang yang stabil dan tegas, tapi dalam gambaran saya dia adalah sosok yang lembut di luarnya. Ekspresi Kravitz dalam snapshot ini terlalu keras untuk Cinna versi saya. Tapi karena memang saya belum melihat aktingnya secara keseluruhan, jadi belum bisa berkomentar lebih lanjut. Yang pasti, di antara hiruk-pikuk permainan ‘badut’ dan seluruh hal memuakkan tentang Capitol, Cinna lah salah satu yang bisa menjadi penawarnya.

Character Thursday
Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
– Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
– Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
– Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.
Syarat Mengikuti :
1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah post Fanda Classiclit. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

2 responses to “Character Thursday (12)

  1. iya, Si Cinna ini dipikiranku jg ga segarang LK..

  2. Pingback: Book Kaleidoscope 2012 : Top Five Book Boy Friends | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s