Padang Ilalang di Belakang Rumah – Nh. Dini

Judul buku : Padang Ilalang di Belakang Rumah
Penulis : Nh. Dini (1979)
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, September 2009 (cetakan kesembilan)
Tebal buku :  xii+100 halaman

Buku ini merupakan seri Cerita Kenangan, yang merupakan autobiografi dari Nh. Dini. Kisah ini berlangsung saat penulis (Dini) masih dalam usia sekolah dasar. Pada saat itu, Belanda telah meninggalkan Indonesia, dan Jepang masuk.

Pada awalnya, kedatangan Jepang ke Indonesia dianggap sebagai penyelamatan dari penjajahan. Akan tetapi, lambat laun terlihat bahwa penjajah Jepang bahkan jauh lebih buruk daripada Belanda.  Dari buku ini, interaksi Dini kecil dengan kekacauan pada masa itu tidak terlihat terlalu mencolok. Dari kisah di buku ini pun, masih terlihat kebahagiaan masa kecil, kedamaian yang lugu dan polos. Meski demikian, ‘gangguan’ yang sedikit pun tetap meninggalkan bekas yang tak terlupakan oleh beliau hingga dewasa.

Tak banyak yang bisa diceritakan tentang buku ini, selain memang jumlah halamannya sedikit, kisah ini juga ‘hanya’ merupakan kepingan dari kenangan masa kecil penulis. Tentang bagaimana peralihan pemerintahan memaksa keluarga mereka yang tergolong ningrat untuk hidup setara, yang dirasa paling berat oleh sang ibunda. Keseharian Dini dengan kakak-kakaknya, hubungannya dengan sepupunya dan kerabat lainnya. Dini yang senang saat hari sabtu tiba karena bisa begadang untuk menonton wayang. Bocah yang kecewa karena ‘dilupakan’ keberadaannya saat pesta pertunangan kakak sulungnya. Anak yang  merasakan pahit dan manis kehidupan dalam usia yang belia.

Kisah yang sederhana, penggalan kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan sesuai dengan judulnya, kisah ini berpusat pada padang ilalang di belakang rumah, masih di rumah tetapi merupakan jalan untuk ‘melihat’ dunia luar. Pengalaman khas anak kecil, tetapi diceritakan dengan bahasa Indonesia klasik yang indah. Apa adanya tapi sarat akan pelajaran hidup. Nilai 4/5 untuk kisah ‘biasa’ ini.

Review #1 untuk Sastra Indonesia Reading Challenge 2012

5 responses to “Padang Ilalang di Belakang Rumah – Nh. Dini

  1. seri ini salah satu favoritku juga. cerita kenangan ini kadang mmg tidak ada suatu kejadian utama spt yg biasa ada di novel, hanya serangkaian peristiwa, walau tetap menarik. aku belajar byk ttg kejadian riil di masa perjuangan salah satunya dari buku ini. setuju bhw pembahasaan Dini sangat indah, bukan berarti berbunga2, tapi simple dan dalam bahasa indonesia yg sangat apik.

    cover yg ini aku baru liat, jauh lebih bagus drpd yg sebelumnya. seri cerita kenangan saat Dini kecil ini sbnrnya ada 3 buku ya, dua lagi adalah Sebuah lorong di kotaku, dan Langit dan bumi sahabat kami. jadi pengen baca lagi… (dulu bacanya waktu smp).

    thanks ya sdh partisipasi dlm Sastra indonesia reading challenge ini. btw aku jg udah baca 1 buku Dini, review menyusul segera..🙂

    • Jujur baru pertama kali baca Dini, dan lumayan menikmati. Jadi pengen cari karya Dini yg fiksi juga.
      Makasih sudah hosting challenge ini, jadi semangat baca sastra Indonesia🙂

  2. Pingback: First Year Update of The Classics Club Project | Bacaan B.Zee

  3. buku ini ada berapa bab ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s