Character Thursday (20)

Kamis ini karakter yang saya angkat berasal dari buku yang juga merupakan proyek baca bareng BBI bulan September, The Tokyo Zodiac Murders oleh Soji Shimada.

Kiyoshi Mitarai adalah salah satu tokoh utamanya. Dia seorang astrolog, peramal nasib dan detektif partikelir. Dia adalah teman dekat Kazumi Ishioka, narator dalam buku ini. Meskipun tidak dikenal secara nasional, karir Mitarai sebagai detektif tersebar dari mulut ke mulut. Hal inilah yang membawanya pada kasus Pembunuhan Zodiak Tokyo.

Di mata Ishioka, Mitarai digambarkan seperti ini:
Kebanyakan seniman adalah makhluk aneh, dan Kiyoshi bukan perkecualian. Dia bisa tiba-tiba bahagia saat menemukan rasa pasta gigi yang menyenangkan, atau dia bisa tiba-tiba depresi jika restoran kesukaannya mengubah warna taplak meja. Begitu suasana hatinya berubah buruk, itu akan bertahan selama beberapa hari. Jadi tidak mudah bergaul dengannya. (p.48)

Selama membaca kisah ini, mau tak mau saya teringat akan Sherlock Holmes. Menurut saya memang Miratai ini terinspirasi dari sosok Sherlock Holmes; terutama dari sikap dan hubungan sosial yang kurang. Dia memiliki metode sendiri dalam memecahkan kasus, namun–berbeda dengan Holmes–dia tidak melihat fakta-fakta yang ada terlebih dahulu. Mitarai seringkali mengemukakan dugaan-dugaan, untuk kemudian disangkal dengan bukti yang belum dicari dan dilihatnya.

Namun demikian, ada satu bagian dimana Mitarai mencela Holmes habis-habisan. Arogansi yang sama saya kira. Saya rasa perbedaan paling mendasar dari Mitarai dan Holmes adalah bidang keahlian mereka. Astrologi dan astronomi jelas dicoret dalam daftar hal yang disimpan dalam ruang otak Holmes, dua hal yang ditekuni oleh Mitarai. Selain itu saya rasa secara sifat dan emosional, mereka mirip. Mungkin juga, Holmes lebih bisa mentolerir perubahan moodnya dengan kokain dan rokok, sedangkan Mitarai tidak.

Secara umum, kerja Mitarai cukup rapi dan terstruktur. Dia pun seringkali melihat sesuatu yang kecil, yang orang lain tidak dapat melihat. Sekali lagi, tidak bisa tidak, saya tetap akan membandingkannya dengan Sherlock Holmes. Meski begitu, Soji Shimada tetap tidak membuat saya tidak menyukai karakternya. Karena bagaimanapun juga, Mitarai tetap memiliki cirinya sendiri.

Saat dia berhasil memecahkan kasus Pembunuhan Zodiak, namanya tidak disebut-sebut sebagai orang yang berjasa paling besar, namun dengan santai dia berkata pada Ishioka:
“Kau mungkin tidak menyadarinya, tetapi aku menyukai gaya hidupku yang sekarang. Aku tidak ingin diganggu orang. Lihat apa yang kulakukan sekarang. Aku bisa tidur selarut mungkin. Aku bisa bersantai dengan piamaku kapan pun aku mau. Aku bisa menghabiskan waktu untuk mempelajari apa pun yang kuminati. Aku hanya menerima klien yang aku sukai; aku tidak perlu berkompromi. Bagiku semua hal itu sangat berharga. Aku tidak mengubah apa pun. Dan aku bisa mengatasi rasa kesepian yang mungkin kurasakan karena kau ada di sini!” (p.326)

Kehangatan yang tidak mungkin diungkapkan dan ketenangan yang sepertinya tak diharapkan oleh detektif rekaan Sir Arthur Conan Doyle. Oya–satu lagi–Mitarai adalah detektif swasta, bukan consulting detective🙂

Lebih lanjut mengenai Character Thursday, silakan berkunjung ke Fanda Classiclit.

8 responses to “Character Thursday (20)

  1. Soal mencela Holmes habis-habisan (emailkan dong kata-katanya :D), Holmes juga pernah mencela detektifnya Poe habis-habisan. Hahaha, arogansi yang sama tampaknya. Masalahnya memang orang-orang kaya gitu ga mau dibilang nomor dua sih ya. Yah, kalo emang jago sih gapapa, tapi kalo udah ngesok terus abal-abal, cari ribut itu namanya.

  2. hehehe…suka analisa karakternya… aku baru mulai baca The Tokyo-nya

  3. Hehe….menarik juga ya, mereka sama2 mengkritik lawannya. Tapi kalo detektif-nya Poe gak bisa mengkritik siapa2 karena dia “lahir” duluan. kasian…😉

  4. Pingback: The Tokyo Zodiac Murders – Soji Shimada « Bacaan B.Zee

  5. Pingback: Character Thursday (21) « Bacaan B.Zee

Leave a Reply

