First Edition – First Printing – Sekilas Pandang

Beberapa waktu lalu saya sempat berdiskusi kecil-kecilan dengan kak Dessy (@coffeecream) tentang bagaimana mengetahui identitas buku berbahasa Inggris, cetakan keberapa, dan lain sebagainya. Diskusi pun berlanjut tentang mengidentifikasi first edition yang konon bisa berharga mahal sekali. Sebagai pecinta buku, rasanya tidak mantap kalau tidak benar-benar mengerti tentang hal tersebut, maka saya pun browsing dan menemukan berbagai informasi di sini:

How to Identify a First Edition Book [Empty Mirror]
How do I determine a First Edition of a Book? [BookLibris Books]
Edition (book) [Wikipedia]
Basic Edition Identification [Book Think]

Dari berbagai sumber di atas dapat disimpulkan bahwa first edition adalah edisi pertama dalam artian hasil cetakan dari draft pertama buku tersebut. Jika buku tersebut dicetak ulang, tanpa adanya revisi atau perubahan apa pun, maka buku tersebut masih merupakan first edition. Meski demikian, bagi para kolektor, cetakan kedua dan seterusnya tidak lagi seberharga cetakan pertama (first printing/impression/issue/state). Maka dalam kondisi tertentu, penyebutan first edition secara tidak langsung mengacu pada first edition, first printing.

Lantas bagaimana caranya mengidentifikasi apakah buku itu termasuk first edition atau bukan? Dari sumber saya di atas sudah dijelaskan secara lengkap, saya sarikan sedikit saja yang penting.

Ada sistem barisan angka (number line) seperti 9 8 7 6 5 4 3 2 1 atau 1 3 5 7 9 8 6 4 2
Selama masih ada angka 1 dalam barisan itu, maka buku tersebut benar merupakan first edition.
Namun barisan angka seperti 9 8 7 6 5 4 3 atau 3 5 7 9 8 6 4, meskipun tertuliskan first edition, bukanlah first edition yang dicari oleh para kolektor. Karena barisan angka itu menunjukkan first edition, later printing, dalam kasus ini cetakan ketiga.

Contoh buku first edition

Selain itu, dapat juga dilihat dari tahun penerbitannya. Secara praktis, tanggal/tahun penerbitan first edition akan sama dengan tanggal/tahun pada copyright.

Jika penerbitan sebuah buku dilakukan secara bersamaan atau hampir bersamaan di lebih dari satu negara, maka “true first edition” adalah yang berasal dari penerbit di negara asal penulis. Jika penerbitan di negara lain sedikit lebih awal, maka bisa dikatakan “true first” itu tetap edisi di mana buku itu pertama kali diterbitkan, meski kebanyakan kolektor lebih memilih edisi dimana negara asal penulis tersebut.

Oleh karena terkadang masing-masing penerbit–terutama penerbit lama yang belum mengikuti aturan baku yang disepakati saat ini–memiliki cara yang berbeda-beda, sampai-sampai ada buku-buku khusus yang ditulis untuk membantu mengidentifikasi buku first edition. Untuk link menuju buku tersebut bisa di-track di link yang telah saya sebutkan di atas.

Jelas bukan first edition. Cetakan ke berapakah? Ada keterangan ‘First Scribner trade paperback edition 2003’, kira-kira artinya bahwa edisi pertama buku ini dari penerbit ini adalah tahun 2003, tapi karena sudah jelas buku ini copyright awal pada 1952, maka bukanlah ‘true first edition’.

Kalau mau melirik koleksi first edition yang dijual.

Ada juga situs yang berisi guidance mengenali buku-buku first edition. Detail buku-buku tersebut dipaparkan satu per satu di sini dan di sini.

Untuk mengetahui jenis-jenis kondisi dan jenis edisi/cetakan, bisa dilihat di sini.

Demikian ringkasan dari yang sudah saya pelajari, koreksi dan tambahan diterima dengan tangan terbuka🙂

15 responses to “First Edition – First Printing – Sekilas Pandang

  1. *buru-buru buka halaman judul buku*

  2. Keren infonya, emang lebih puas kalo beli buku cetakan pertma, cuma kadang lg ga ada duit haha

  3. astridfelicialim

    langsung ngumpulin buku2 Harpotku yang edisi pertama Bloomsbury, dijamin bakal jadi investasi masa depan nih, siapa tau bisa buat nyekolahin anak hihihi

  4. Seru ya ngomongin first ed😀
    Ohemji, itu first ed Northern Lights aja udah 5 digit gitu harganyaa *pengsan abis ngintip link abebooks-nya
    Klo berburu first edition yang udah lewat bisa bikin kantong jebol, skrg tinggal pasang mata antisipasi buku apa yg bakal ngehits, beli first ed-nya, trus tunggu deh harganya naik *edisi peluang usaha* hihihi

  5. Wow, info yang sangat menarik. Ayahku mesti baca ini😀

  6. hahaha aku juga suka penasaran sama buku2 first edition, terutama setelah baca The Man who Love books too much itu..

  7. Pingback: Wishful Wednesday (16) « Bacaan B.Zee

  8. Pingback: Rapid Fire Question | Bacaan B.Zee

  9. Reblogged this on Caterpillar In The Tree and commented:
    It’s really helpful! Favorited!😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s