Character Thursday (26)

new-character-thursday-buttonUntuk Character Thursday kali ini, sekali lagi ingin mengambil salah satu karakter minor tapi sangat berkesan. Dia adalah salah seorang yang menjadikan buku Number the Stars karya Lois Lowry mengundang sebuah senyuman atau tawa. Seorang gadis lima tahun bernama Kirsti Johansen.

Dia adalah adik dari sang tokoh sentral, Annemarie Johansen. Saat Denmark jatuh ke tangan Jerman, dia masih sangat kecil sehingga tidak ada memori yang membuatnya merindukan masa-masa kemerdekaan negaranya. Dengan kepolosannya, dia menjadi tak takut pada apa pun, termasuk serdadu Nazi yang berpatroli di jalan-jalan—yang sepanjang ingatannya selalu ada di sana.

Kirsti paling senang saat waktunya tidur, dan dia akan meminta dongeng tentang raja, dan harus ada ratunya. Di setiap kalimat, dia akan menyela cerita kakaknya dengan pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang akan diceritakan kemudian, sehingga Annemarie kerap menegurnya karena itu.

Dulu, ada seorang gadis kecil yang mempunyai jubah merah yang indah. Ibunya membuatkan jubah itu untuknya.
Ia sering sekali memakainya sehingga semua orang memanggilnya Little Red Riding Hood (si Kecil Berjubah Merah).
Mengapa si Jubah Merah? Mengapa mereka tidak memanggilnya si Mantel Merah saja?
Karena, jubah itu mempunyai sebuah kerudung yang menutupi kepalanya. Ia mempunyai rambut ikal yang indah, seperti rambutmu, Kirsti. Mungkin suatu hari kelak Mama akan membuatkan untukmu jaket dengan tudung kepala untuk menutupi rambut ikalmu dan membuatmu hangat.
Tapi mengapa, kenapa riding (mengendarai) Hood? Apakah ia menunggang seekor kuda?
Mungkin ia memiliki seekor kuda yang kadang-kadang ditungganginya. Tetapi, dalam cerita ini ia tidak menunggang kuda. Sekarang, berhentilah menyela setiap menit.
(p.165-166)

Saya rasa anak semacam Kirsti telah memiliki bibit-bibit kecerdasan, yang akan berkembang jika dididik dengan cara yang benar. Dalam ketegangan kisah dalam buku ini, kehadiran Kirsti lah yang mampu meringankannya. Sehingga rasanya kalau anak itu ada di depan mataku saat aku membaca buku ini, pasti pipinya akan merah karena kucubit berkali-kali.

More about Character Thursday.

2 responses to “Character Thursday (26)

  1. Duh kasian Kirsti…pipinya dicubitin tante bzee terus…😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s