Number The Stars – Lois Lowry

menghitung bintangJudul buku : Menghitung Bintang (Number the Stars)
Penulis : Lois Lowry (1989)
Penerjemah : Daisy Mansoor Subakti
Penyunting : Sofia Mansoor
Penerbit : PT Serambi Ilmu Semesta, September 2005 (cetakan pertama)
Tebal buku : 212 halaman

“Seberapa beranikah kau, Annemarie kecil?” (p.120)

Alkisah di Denmark, di tempat asal Hans Christian Andersen, ada seorang anak bernama Annemarie Johansen yang senang mendongeng, dan adiknya, Kirsti, yang senang mendengarkan dongeng tentang Raja dan Ratu. Saat itu tahun 1943, Jerman telah menduduki Denmark. Setiap anak yang tumbuh di Denmark saat itu tak akan asing dengan prajurit yang berpatroli di setiap sudut jalan. Annemarie dan sahabat sekaligus tetangganya, Ellen Rosen, yang berdarah yahudi hidup dalam ketegangan itu. Apalagi saat ada peringatan bahwa pada suatu hari, semua orang keturunan yahudi akan dievakuasi dari Denmark.

Maka keluarga Johansen pun berusaha membantu keluarga Rosen. Mereka menampung Ellen di rumah mereka, dan menyembunyikan orang tuanya entah dimana. Pada masa-masa inilah Annemarie belajar tentang keberanian. Bagaimana dirinya melawan rasa takut di bawah tekanan serdadu Nazi, meyakinkan mereka bahwa Ellen adalah adik kandungnya. Bagaimana dia belajar untuk tak gentar dengan apa pun, sebagaimana adiknya yang baru berusia lima tahun, keberanian yang timbul karena ketidaktahuan akan bahaya.

“Akan lebih mudah bersikap berani jika kau tidak tahu semua faktanya.” (p.121)

Dan pada akhirnya, keberaniannya benar-benar diuji, saat dia menjadi tumpuan bagi keselamatan sahabat-sahabatnya yang akan melarikan diri dari Denmark. Akankah Annemarie, gadis sepuluh tahun itu, berhasil menjalankan tugas pentingnya?

“Itulah yang dimaksud dengan berani—tidak memikirkan bahaya. Hanya memikirkan apa yang harus kau lakukan. Tentu saja waktu itu kau ketakutan. Aku juga, hari ini. Tapi, kau tetap ingat dalam pikiranmu akan apa yang harus kau lakukan. Begitu juga denganku.” (p.191)

Salah satu bagian heroik yang paling berkesan dalam buku ini adalah cerita tentang Raja Christian X yang tetap mempertahankan kebiasaannya berkuda sendirian di pagi hari tanpa pengawal, meski Denmark telah diduduki Jerman. Ketika prajurit Jerman menanyakannya kepada seorang pemuda yang kebetulan berada di sana, maka pemuda itu menjawab, “Semua rakyat Denmark adalah penjaganya.” (p.27)

Buku pemenang Newbery Medal pada tahun 1990 ini meski singkat, tapi mengandung pesan moral yang tak kecil. Kisahnya sederhana, tapi kita dibawa menuju pemikiran kompleks seorang anak, yang memperjuangkan apa yang penting bagi hidupnya. Dengan keteguhan sekaligus kepolosannya, meski serius tapi tak kehilangan kesenangan masa kecilnya. 4/5 bintang untuk bintang-bintang yang tak mungkin dihitung.

2 responses to “Number The Stars – Lois Lowry

  1. Pingback: Character Thursday (26) | Bacaan B.Zee

  2. Pingback: First Year Update of The Classics Club Project | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s