Book Kaleidoscope 2012 : Top Five Book Boy Friends

Di akhir tahun ini, untuk menapak tilas bacaan selama setahun ini, Fanda Classiclit membuat Book Kaleidoscope dengan tiga buah tema utama, yang penjelasan lebih lanjutnya bisa dilihat di sini. Untuk yang pertama adalah Top Five Book Boy Friends, dimana saya (karena saya wanita) memilih lima karakter pria yang paling saya suka dalam bacaan saya setahun ini. Awalnya sempat bingung, karena saya rasa tidak ada yang mengesankan saya. Ternyata…..dapat juga😉

Let’s counting down…

5. Grigori Peshkov from Fall of Giants by Ken Follett

Grigori ini sebenarnya bukan tipe pria yang terlalu mencolok. Namun, nilai plus darinya adalah sikap penyayangnya, terutama pada adiknya, meski berulang kali dia dikhianati oleh adiknya itu. Di samping itu, latar belakangnya yang sulit karena telah menjadi yatim piatu sejak kecil membuatnya menjadi seorang pria yang gigih bekerja. Yang paling utama adalah penghargaannya terhadap wanita, meski memiliki kesempatan, dia tidak pernah memanfaatkan kelemahan wanita.

Saya pernah membahasnya di Character Thursday (14). Untuk visualisasi yang cocok. Karena dia orang Rusia, jadi saya searching saja aktor Rusia. Dan yang paling cocok (meski agak terlalu tua) ya yang seperti ini:

Konstanti Khabenskiy

Konstantin Khabenskiy

Karena Grigori pernah masuk ketentaraan (meski seragamnya bukan ini), setidaknya masih cocok kan kalau pakai seragam?

Karena Grigori pernah masuk ketentaraan (meski seragamnya bukan ini), setidaknya masih cocok kan kalau pakai seragam?

4. Jacob Reckless from Reckless by Cornelia Funke

Hampir mirip, Jacob adalah tipe pria yang tumbuh dengan luka. Luka Jacob adalah kehilangan ayahnya dalam usia sangat muda. Walaupun tak terlihat setegar dan segigih Grigori, Jacob juga memiliki sifat-sifat itu, dan satu persamaan lagi, dia sayang pada adiknya, berusaha mati-matian menyelamatkan adiknya. Jacob adalah tipe pria cuek, tetapi sesungguhnya dia menyembunyikan perhatian dan kasih sayangnya dalam dinding batu hatinya (tsaah!)

Kalau dulu di Character Thursday 6 sih saya memilih si Edmund ini buat memerankan Jacob, rapuh tapi keras. skandar keynes

3. Cinna from The Hunger Games by Suzanne Collins

Katakan saja saya antimainstream. Kalau para pembaca trilogy ini terbagi menjadi Team Peeta atau Team Gale, saya tetap memilih Cinna. Walaupun dikatakan bahwa Cinna ini adalah laki-laki yang berpenampilan paling ‘normal’ di Capitol, meskipun kenyataannya dia memakai eyeliner (euh!), kita lupakan saja penampilan fisiknya. Mungkin saya terlalu bosan dengan drama ‘perebutan’ hati Katniss, sampai saya memilih sosok pria yang benar-benar memiliki semangat juang yang murni demi Panem, demi Katniss.

Cinna adalah sosok yang lembut, tapi ketika dihadapkan pada pilihan untuk mempertahankan apa yang diyakininya benar, dia bersedia untuk menukarnya dengan apa pun, termasuk nyawanya. Tidak ada kehilangan paling menyakitkan dalam buku ini selain kehilangan Cinna, yang ketiadaannya pun masih meninggalkan banyak hal berharga untuk dipergunakan dalam perjuangan sang Mockingjay.

Dalam Character Thursday 12 sebenarnya juga sudah saya singgung keberatan saya dengan cast yang dipilih.

Lenny Kravitz

Lenny Kravitz

So, may I choose my own Cinna? Please?

What about Zac Efron? *grin* Sorry, Lenny!

What about Zac Efron? *grin* Sorry, Lenny!

2. Gilbert Blythe from Anne of Green Gables by L. M. Montgomery

Gilbert yang saya bahas di sini khusus di buku pertama saja, karena memang baru baca itu. Dia adalah tipe pria yang “so sweet” menurut saya, tipe yang harus ada di antara pertumbuhan dan perkembangan para wanita (?). Awalnya dia digambarkan begitu menyebalkan hingga Anne setengah mati membencinya, tetapi seiring kedewasaannya, Gilbert menunjukkan sifat pria sejati pada dirinya. Dengan sabar, meski permintaan maafnya ditolak oleh Anne, pada akhirnya sifat dasarnya lah yang meluluhkan hati gadis itu. Dia tidak mencoba ‘mengganggu’, tetapi sebisa mungkin dia menolong Anne sebisa dan semampunya. Nilai plus darinya adalah kepandaian dan kecerdasannya, satu-satunya saingan akademis Anne Shirley.

Jonathan Crombie as Gilbert Blythe, from CBC Television film adaptations in 1980s

Jonathan Crombie as Gilbert Blythe, from CBC Television film adaptations in 1980s

1. Sherlock Holmes

Sejujurnya, saya tidak pernah benar-benar menganggap Sherlock semenarik ini sebelum saya melihatnya diperankan oleh pria yang satu ini: sher4a Jadi harus menyalahkan atau berterima kasih pada BBC yang memilih cast Sherlock sehingga tampak lebih muda, lebih menarik, tanpa menghilangkan kesan cerdas dan jeniusnya? Mungkin sedikit banyak, cara saya membaca tulisan Sir Arthur Conan Doyle agak sedikit berubah. Tapi tak masalah, bukan, asalkan tidak merusak karakter aslinya. Benedict Cumberbatch as Sherlock Holmes on Sherlock The Great Game 3 Dia tetap Sherlock yang menyebalkan dengan kecerdasannya. Abai terhadap sekitarnya, namun tak pernah kehilangan satu pun jejak dan tanda yang penting demi memecahkan kasusnya. Pantang mundur sebelum berhasil. Tak pernah kehilangan akal untuk apa pun, sehingga keputusan maupun pemikirannya seringkali sulit ditebak. Character Thursday (2) cukup banyak berbicara. benedict

Katakan saja yang Sherlock ini dianggap setengah karena saya tidak memulainya dari buku. Akan saya genapkan setengah lagi dengan karakter dari sebuah manga yang masih saya baca sampai sekarang😀

0.5. Masumi Hayami from Glass no Kamen by Suzue Miuchi

MasumiPhotoGlass no Kamen alias Topeng Kaca adalah bacaan saya setiap tahun, karena sampai sekarang pun dia belum selesai. Kalau tidak salah, tahun ini dua manga lanjutannya yang terbit di Indonesia. Masumi Hayami adalah seorang eksekutif muda yang terkenal dengan julukan ‘dingin’ dan ‘gila kerja’. Akan tetapi, di hadapan seorang gadis kecil sepolos Maya Kitajima, dia seketika bisa menjadi ‘hangat’ dan ‘lepas’. Kisah cintanya dengan Maya yang sebelas tahun lebih muda darinya mengalami begitu banyak tarik ulur yang menggemaskan. Meski dijodohkan dengan cucu koleganya yang sangat cantik dan kaya, Masumi tetap tidak bisa membohongi perasaannya. Hanya kepada Maya lah dia bisa menjadi dirinya sendiri.

Masumi Hayami dalam versi OVA

Masumi Hayami dalam versi OVA

masumi34Masumi memiliki masa lalu yang kelam, yang menjadikannya ‘dingin’. Kehangatan dan ketulusan yang selama ini dikuburnya muncul dengan sendirinya sejak pertama kali bertemu dengan Maya. Dia menjadi pengagum rahasia Maya selama bertahun-tahun, sampai akhirnya dia menyadari bahwa perasaannya bukan sekadar kagum, tetapi melebihi semua yang pernah dia rasakan.

Jadi sebenarnya, di balik sikap dinginnya itu, Masumi adalah seorang yang lembut dan romantis. Sejak kecil dia suka berkunjung ke planetarium, hingga dia hapal semua nama bintang. Kegiatan paling damai antara Maya dan Masumi yang bisa terjadi, salah satunya adalah memandangi sejuta bintang di kampung halaman Bidadari Merah.

Seiichi Tanabe memerankan si 'dingin' pada versi dorama.

Seiichi Tanabe memerankan si ‘dingin’ pada versi dorama.

Ingin bergabung berbagi para pria menarik (atau wanita jika kamu pria) dalam bacaanmu? Atau ingin melihat versi lain Book Boy/Girl Friend? Cek di sini.

Just for fun…

27 responses to “Book Kaleidoscope 2012 : Top Five Book Boy Friends

  1. Itu yang 0.5 maksudnya di atas no 1?😀

  2. SHERLOOOOOCCCKKKKK!!!! Dia ga pernah dianggap boyfriend sama aku gara-gara..plis deh! I’d be happy to have such a brother, but I don’t want anything like him as boyfriend. But I love him. SO MUCH! He and Mycroft will always be in my heart.

    By the way, I think I’ve been in love with him since I was 13 or something.

  3. Wuaaa…masumi hayami. Si mawar ungu tersayang. Iyaaa…gregetan banget sama bukunya

  4. exactly, Listra! that’s why I’m blaming BBC to make such kind of Sherlock >,<

  5. iya ka dewi, untunglah sekarang sdh saling mngakui… setidaknya maju dikit lah ^,^

  6. ada Masumi❤❤
    sebagai karakter, si Masumi ini utuh banget, semua tindak tanduknya punya alasan dari pengalaman hidup yang menjadi ambisi dan asanya

    ga sabbbar mau lanjutannya Topeng Kaca

  7. belum pernah baca topeng kaca nih, ada berapa seri mb?

    • Banyaaak Lis.. kalo yg cetakan lama, yg sekarang masih dilanjutin udah 40an lebih, mungkin hampir 50 (soalnya dibagi tiap subjudul).. kalo yg cetakan baru edisi deluxe sekarang udah 30an, isinya sama, cuma kayanya 3 buku lama jadi 2 buku deluxe gitu.
      Bacalaah, baguuuss😀

  8. Aiih ada mas Sherlock!
    Itu Jacob bikin penasaran, tahun depan ada jadwal baca Reckless nih, siapa tahu di 2013 dia masuk daftarku😀
    Eh nyempil Masumi, Topeng Kaca sih kapan tamatnya ituu :p

  9. hehehe cinna nya imuuut zee =D sherlock aku belum pernah nonton *tutupmuka* resolusi 2013 deh hihihi

  10. Waah…ada Grigori! Aku suka banget sama dia, tipe pria dewasa yg bisa diandalkan dan punya hati baik, what more could you ask?

    Sherlock? Aku gak pernah suka dia, terlalu arogan dan kurang manusiawi😛

  11. Huaaaa ada Skandar Keynes, Gilbert Blythe sama abang Ben Cumberbatch!!!😄
    Anne of Green Gables cuma pernah baca manganya doang, tapi aku suka banget sama yg meranin di miniserinya X) siapa namanya, Jonathan Crombie kalo gak salah.
    Kalo Sherlock…jujur pas baca bukunya aku gak terlalu suka sama dia. tapi begitu diperanin sama Ben… aku langsung berubah pikiran uwuwuwuwuwww

  12. Huaaaaa…. Ada Skandar Keynes…

    Tapi bener kok soal Cinna. Meski porsi nampangnya tak terlalu banyak di serial Hunger Games tapi dia emang salah satu yang paling percaya dan setia pada Katniss…

    Kita gak boleh memandang orang dari tampilan luarnya saja kan? Siapa sangka Cinna yang heboh gitu ternyata punya loyalitas tinggi pada Katniss…

  13. Sama2 suka masumi hayamiiii… betshuhana 23 udh keluar blm sih mbak?

  14. hihihi, ada om masumi *dikeplak maya

  15. wah ada mayumi nongol di sini, mending lihat manganya deh, klo diperankan kok kesan kerennya hilang kyahaha.
    walah abang Ben ikutan nongol, asli dia tokoh sherlock paling muda dan paling gokil😀
    hoho, suka banget skandar jadi jacob, dia ini tambah gede tambah cakep ya *dikeplak rame-rame*

  16. Pingback: Book Kaleidoscope 2012 : Top Five Most Favourite Books | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s