Secret Santa 2012 – The Riddle

Di komunitas yang saya ikuti, Blogger Buku Indonesia alias BBI, ada event akhir tahun yang disebut dengan Secret Santa. Karena ini baru tahun pertama saya, jadi Secret Santa kedua BBI ini adalah yang pertama untuk saya. Di Secret Santa ini, kami yang berminat harus mendaftarkan diri, untuk kemudian diacak oleh panitia (Oky dan Ndari). Nah, masing-masing kami akan mendapatkan sebuah nama yang nantinya akan kami kirimi buku wishlist mereka, tanpa identitas. Yup, namanya juga secret, semacam paket kaleng gitu deh, hehe. Si target X juga akan diberi sebuah riddle yang disertakan dalam bukunya, sebagai panduan menebak siapakah santanya.

Saya termasuk penerima paket yang terlambat, padahal tempat tinggal saya tidak segitu terpencilnya (>.<). Harap-harap cemas menunggu paketnya, sampai entah berapa tweet saya yang menyinggung tentang itu, sampai suatu hari agaknya tweet saya agak ‘mengkhawatirkan’. Yah, kebiasaan saya memang suka iseng, termasuk saat nge-tweet itu, mungkin saat si santa membaca tweet saya dia jadi merasa tidak enak. Kemudian dia meminta salah seorang dari panitia untuk meng-SMS saya. Di situlah saya mulai curiga. Cuma satu yang saya yakini, bahwa paket saya memang harus menyeberangi lautan.

Masih belum bosan kan? Lanjut ya😀

Sore ini, tepatnya 28 Desember 2012 sekitar pukul lima WIB, mas kurir J** yang ganteng datang mengantarkan sebuah paket cantik berbungkus kertas kado biru muda berbunga-bunga. Sengaja banget ini santaku, biasanya pada sembunyi-sembunyi bagaimana caranya menyembunyikan identitas, sedangkan santa yang satu ini menulis alamat lengkap di bawah alamat tujuan, dengan nomor telepon, jelas! Lihat nama kotanya saja saya sudah yakin kecurigaanku sebelum ini benar. Kalau soal alamat dan nomornya pasti tidak cocok dengan yang ada di data, tapi kan bisa pinjam alamat siapa saja, saudara, teman, dan sebagainya.

Ini dia isi paket cantik dari santaku:

DSC_0052

I have to say this : I LLLOOOVE the books. Saya memang sengaja membiarkan rak wishlist-ku berisi 60-an buku. Di samping memudahkan memilih yang sesuai kemampuannya (apakah terbitan terbaru, atau justru yang tidak terlalu baru), juga karena saya suka kejutan. Dan paket ini benar-benar kejutan tak terduga! Apalagi setelah penantian yang meresahkan.

Buku pertama, Klik!, memang salah satu dari buku baru yang membuatku penasaran, pernah sudah hampir kubawa ke kasir, tapi kuurungkan karena mengingat timbunan. So, this is exactly what I want🙂 (paling kalau isinya buku lain juga bisa bilang gitu)

Buku kedua, The Phantom of The Opera, ini sebenarnya sudah saya baca dan sudah ada review-nya. Tapi karena itu hanya pinjaman, maka masih bertahan di rak wishlist, apalagi ternyata saya sukaaa sekali dengan kisahnya. Dan santaku ini tahu saja kalau yang saya inginkan adalah versi lain, entah penerbit lain, ataupun versi english. Dan yang saya dapat adalah yang kedua.

Sore ini sebenarnya saya agak tidak enak badan, kelelahan tepatnya. Dengan datangnya paket ini, rasanya semangat saya kembali, dan saya merasa sehat. Thank you so much, dear Santa!

Panjang ya, sekalian curcol soalnya, dan ini yang paling utama mengenai identitas santa, riddle!

DSC_0053riddle

My parents told me that we must introduce ourselves to strangers or kins, but they also told me not to get used to getting things easily.

So I wrote you this:

I may not be a poet
I do not rhyme.
But one thing I know for sure.
I do not make up my mind easily.

 

I am a cause, a destination.
whose beginning is often misunderstood.
They say I am not a man of numbers
But ten, or seven, or one, or nine, or five.

I had always wanted words. I loved them;
grew up on them
words gave me clarity
Brought reason, shape.

Point my pavement with flowers of night
Magnolia or moth orchids
Turn right and follow to the end
I will meet you in the meadow.

(huruf kanji kah? Tidak bisa baca dan tidak bisa menyalin, lihat gambar saja.)

Sesungguhnya saya tidak memecahkan riddle ini. Saya hanya mencocokkan nama santa saya dengan riddle ini, yang saya rasa kuncinya ada di paragraf terakhir. Tidak sia-sia lah kemarin memasukkan Book Boy Friend di Kaleidoscope yang nomor satu, setidaknya tidak memalukan dia, hahaha.

Tebakan santa saya ini masih harus saya tahan sampai 31 Januari 2013, sekalian posting bersama review buku yang kami dapatkan dari santa. Dan meski yang saya dapatkan dua buku, tapi karena yang satu sudah saya baca, maka kewajiban saya hanya satu saja. Double happiness.

Selagi menunggu, mari bermain detektif-detektifan di riddle teman-teman yang lain di siniHave a nice secret santa, everybody!

7 responses to “Secret Santa 2012 – The Riddle

  1. Akhirnya yang ditunggu datang juga😀

  2. haduh, mumet dengan riddlenya

  3. Walau aku tau siapa Santanya tapi sungguh tak bisa kutebak riddlenyaaa T.T

  4. Pingback: Click – Ten Authors | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

