Book Kaleidoscope 2012 : Top Five Best Book Covers

Kelanjutan dari yang kemarin, Book Kaleidoscope 2012 kali ini mengangkat Top Five Best Book Covers. Prinsip “don’t judge the book by its cover” memang masih mengundang banyak perdebatan. Menurut saya memang isi sebuah buku kadang tak terlihat dari penampilan luarnya, akan tetapi cover tetaplah suatu bagian yang penting dari buku. Jadi selayaknya cover juga mendapatkan perhatian yang sesuai dalam memproduksi sebuah buku.

Dan inilah lima cover terbaik versi saya, dalam bacaan saya tahun ini:

5. The Heretic’s Daughter by Kathleen Kent versi Penerbit Matahati

heretic

Saya suka cover ini, terkesan klasik, dengan lukisan seorang wanita muda sederhana, yang menurut saya menggambarkan tokoh utama dalam novel ini. Goresan-goresannya tidak berlebihan, dan warna coklat yang mendominasi memberikan kesan ‘tua’. Salut pada penerbit atas desain yang menurut saya lebih bagus daripada aslinya yang seperti ini:

heretic's

4. Kota Tua by Yasunari Kawabata versi Penerbit Alinea

Kota Tua

Dengan latar putih, pegunungan, dan bunga di sudut, cukup cantik dalam kesederhanaannya. Sebagaimana isi bukunya yang juga sederhana, namun menampilkan pula keindahan alam yang tak sederhana.

3. Atas Nama Jiwa by Nova Riyanti Yusuf

atas nama jiwa

Lagi-lagi gambar sederhana. Gambar-entah-apa-namanya-tapi-serupa-scarf ini mungkin dimaksudkan untuk menggambarkan jiwa. Rumit, mudah berubah, tapi juga memiliki suatu pola. Ya itu terjemahanku sendiri. Yang jelas menurut saya ini cantik.

2. Coraline by Neil Gaiman

Coraline

Seorang gadis kecil dengan sebuah lilin di kegelapan, di belakangnya beberapa tangan menggapai hendak meraihnya. Sangat menggambarkan kegelapan novel ini, dan sesuai dengan kisah yang ada di dalamnya. Selain itu, saya juga suka tekstur cover ini yang dibuat sedemikian rupa sehingga pada sudut pencahayaan tertentu, tangan-tangan hitam itu tidak kontras dengan latar belakangnya sehingga tidak akan terlihat.

Versi lain dari buku ini tidak kalah bagus. Ada yang hanya berupa tulisan, tanpa gambar, tapi tetap menunjukkan kesan misterius dan artistik. Bahkan pada cover film sangat mendetail sekali sampai pada gambar kancing yang menjadi salah satu unsur kecil tapi penting dalam kisah ini.

coraline another

coraline movie

Dominasi warna biru malam tetap memberi kesan misterius, ditambah bulan yang sangat besar, memperjelas siluet pohon yang berbentuk seperti tangan yang hendak meraih gadis kecil, yang sedang berjalan bersama kucing.

1. Dracula by Bram Stoker versi Gramedia Pustaka Utama

 

dracula

Saya tidak bisa bilang cover ini cantik. Waktu pertama kali buku ini berada di tanganku, saya perhatikan dengan teliti apakah warna ini memudar karena kesalahan penyimpanan, apakah garis di sudut kanan atas karena terlipat, dan lain-lain. Tapi memang seperti itulah, cover ini dibuat untuk menunjukkan kesan tua, dan menakutkan. Hitam dengan font berwarna merah, semacam buku tua yang terkesan sangat penting. Penampakan keseluruhannya pun tidak kalah menakutkan.

dracula side

Salutan merah di sisi kertas membuat kesan berdarah-darah. Jadi, lengkaplah sudah, we can judge this book by its cover; old, classic and bloody.

Telusuri cover terbaik versi pembaca lain di sini.

9 responses to “Book Kaleidoscope 2012 : Top Five Best Book Covers

  1. Aku suka cover “Dracula” versi Gramed.. Tapi masih banyak pertimbangan mau beli apa nggak. Huhuu..

    Yang Heretic’s Daughter covernya cantik… >v<

  2. idem w/ dracula

  3. Yg coraline suka yg dia jalan ama kucingnya … keren menurutku

  4. Pingback: Book Kaleidoscope 2012 : Top Five Most Favourite Books | Bacaan B.Zee

  5. Setuju, covernya Dracula terkesan gothic sekaligus anggun ya.
    Kalo Heretic’s Daughter, aku masih kurang sreg, covernya mirip buku YA, tapi masih lbh baik daripada gambar orang di versi asli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s