January Meme for Hotter Potter

Mengikuti event Hotter Potter ini memberi saya kesempatan untuk membaca serial Harry Potter untuk yang kedua kalinya. Tentunya ada pengalaman baru untuk setiap baca ulang. Dan yang spesial kali ini adalah kita membaca beramai-ramai dan ada kesempatan untuk mendapatkan hadiah juga. Bahkan meme bulanan kali ini pun berhadiah!

hotter potter logo-1

Pertanyaan untuk bulan Januari ini adalah:

Jika kamu menjadi salah satu guru di Hogwarts, kamu ingin menjadi siapa? Alasannya?

Jujur, pertanyaan ini sangat sulit untuk saya jawab. Karena meski saat pertama kali membaca buku ini bisa dikatakan saya sudah dewasa, tetap saja fantasi dan imajinasi saya memposisikan diri saya menjadi murid di Hogwarts, bukan guru. Jadi saat dihadapkan pada pertanyaan di atas, saya benar-benar berpikir ulang.

Saking bingungnya, saya sampai iseng ikut test di sini untuk menguji, sebenarnya saya cocoknya menjadi siapa sih? Dan hasilnya:

teacher

Benar juga ternyata, kalau secara sifat, mungkin saya lebih mirip dengan Professor McGonagall, galak dan kaku di luarnya, tapi sebenarnya lembut dan pengertian😀

Tapi, saya ingin menjadi yang lain. Mumpung ada kesempatan menjadi orang lain, maka saya tentunya memilih yang terbaik (menurut saya). Dan pilihan jatuh kepada:

Professor Dumbledore

Yeah! Mengutip kata-kata Ron, he was off his rocker. Segala tentang Dumbledore memang keren. Beliau bisa menjaga wibawa tanpa terkesan terlalu kaku, bahkan beliau itu pandai melucu juga. Selain itu, Prof. Dumbledore–entah karena beliau kepala sekolah atau memang pada dasarnya punya kemampuan itu–tahu segalanya. Entah dari mana, pokoknya apa pun yang terjadi pasti tahu. Kalau toh suatu kejadian itu di luar perkiraannya, beliau tampaknya punya firasat untuk melakukan hal yang bisa mengantisipasinya. Atau mungkin hal itu disengaja, untuk mendidik murid-muridnya?

Professor Dumbledore memang tidak mengajar di kelas-kelas, tapi beliau mendidik di luar kelas. Beliau mengajarkan kebijaksanaan dan tanggung jawab. Dumbledore adalah sosok yang, bagi saya, masih misterius. Banyak hal yang disimpannya yang tidak (atau belum) kuketahui apa dan mengapa. Seusai membaca tujuh seri pun, rasanya banyak sekali misteri yang belum terungkap. Semoga seusai membaca yang kedua kalinya, saya bisa mendapatkan sesuatu yang baru tentang beliau.

Dumbledore's PensieveSatu hal tentang Dumbledore yang menginspirasi saya dan membuat saya memiliki kebiasaan baru adalah tentang pensieve. Saya memandang pensieve adalah suatu cara untuk ‘merapikan memori’ di otak kita. Dalam hal ini, saya meniru beliau dengan cara menulis, minimal semacam diary. Benar saja, terkadang setelah menuliskannya, saya lupa pada kejadian–meskipun itu berkesan–penting yang saya alami. Namun suatu ketika, saat saya membaca-baca tulisan lama saya, saya akan menemukan sudut pandang baru dari kejadian tersebut, hal-hal yang luput dari pemahaman saya saat mengalaminya.

Meski ingin menjadi (seperti) Dumbledore, saya tidak akan merebut posisi kepala sekolah. Rasanya saya tidak punya bakat memimpin dan mengorganisasi. Saya lebih suka mengajar sebuah ilmu yang mendasar dan penting. Sebuah ilmu yang bisa digunakan di mana pun, oleh siapa pun, dan dalam kondisi apa pun. Menurut pemikiran saya, saat seorang penyihir berada dalam keadaan darurat, maka apa yang dapat menolongnya selain dirinya sendiri, kemampuannya sendiri? Cukup dengan sebuah tongkat yang (semestinya) selalu dibawanya.

Harry-Potter-Book-of-Spells-mainYap, saya ingin mengajar MANTRA.

Mantra mengajarkan bagaimana cara menggunakan (mengayunkan) tongkat dengan benar, serta mengucapkannya dengan tepat. Setelah menguasainya, tentunya belajar subjek lain yang menggunakan tongkat juga, seperti Transfigurasi dan Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam, menjadi lebih mudah.

Kalau kalian ingin menjadi siapa?

4 responses to “January Meme for Hotter Potter

  1. Kalau saya jadi… bisa dilihat diblog saya, hahah😆

  2. Pingback: Harry Potter and the Sorcerer’s Stone – J. K. Rowling | Bacaan B.Zee

  3. Eh yaampun ternyata ada tesnya segala ya. baru tahu.
    Dumbledore rocks! Kalo ada yang gak suka sama beliau perlu ditanyakan kewarasannya deh… #eh
    Thanks partisipasinya & good luck!

  4. Pingback: Hotter Potter 2013 Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

