Character Thursday (29)

new-character-thursday-buttonGuy Montag adalah tokoh sentral dari buku Fahrenheit 451 karya Ray Bradbury. Profesinya adalah sebagai fireman, yang pada saat itu kurang tepat jika diterjemahkan sebagai pemadam kebakaran, karena Montag bertugas untuk menyalakan api. Dia melakukannya karena memang itu yang sudah terjadi dan merupakan hal yang lazim.

Pertemuannya dengan seorang gadis remaja, Clarisse McClellan, dan pembicaraan mereka menggelitik batin Montag. Sampai suatu ketika saat hendak membakar sebuah rumah, dia seolah mendapatkan kesadaran yang entah datang dari mana.

“There must be something in books, things we can’t imagine, to make a woman stay in a burning house; there must be something there. You don’t stay for nothing.”

“Last night I thought about all the kerosene I’ve used in the past ten years. And I thought about books. And for the first time I realized that a man was behind each one of the books. A man had to think them up. A man had to take a long time to put them down on paper. And I’d never even thought that thought before.”
“It took some man a lifetime maybe to put some of his thouhts down, looking around at the world and life and then I come along in two minutes and boom! it’s all over.”
(p.47)

Sejak itulah Montag mulai mencari-cari apa yang salah dari hidupnya, hidup yang sejak awal tak dirasakannya sebagai hidup yang seharusnya. Dan dia pun menyadari bahwa pencarian itu membawanya ke dalam bahaya yang biasanya diancamkannya kepada orang lain.

Dibesarkan dalam lingkungan dan sistem yang ‘penurut’ membuat karakter umum Guy Montag menjadi ‘penurut’ juga. Dorongan hati nuraninya tak serta merta membuatnya berani untuk menghadapi apa pun, tapi itu manusiawi. Guy Montag menghidupkan pemberontakan dalam dirinya, pertanyaan-pertanyaan tak terjawab dalam benaknya, serta jawaban-jawaban tak memuaskan yang diterimanya, pada akhirnya membawa Montag pada dunia yang sama sekali berbeda. Tanpa keteraturan yang biasa, ‘kenyamanan’ yang dirasanya semu, menuju kepada bahaya dan mendorongnya menjadi apa yang tak diduganya bisa muncul dalam dirinya.

Meski demikian, saya masih belum bisa merasakan kekuatan karakter Guy Montag saat membaca buku ini. Dalam beberapa situasi, Montag bertindak nekat tanpa berpikir panjang, dan beberapa kali pula dia seolah diikuti oleh keberuntungan. Jadi, menurut saya, Montag adalah simbol pemberontakan. Tak bisa dikatakan ideal, tapi cukup menginspirasi.

Bagikan karakter dalam bacaanmu di Character Thursday.

6 responses to “Character Thursday (29)

  1. fingerprintale

    wow ? Tertarik sama kata “fireman”… Hmm jadi penasaran maksudnya gimana itu profesinya.🙂 Postingnya bagus kak😀

  2. Sepertinya memang kita harus mau keluar dari rutinitas hidup, untuk bisa menyadari sesuatu yg lebih baik ya…. Gak selamanya apa yg bikin kita selama ini bahagia adalah yg terbaik, kan?

  3. Pingback: Fahrenheit 451 – Ray Bradbury | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s