Character Thursday (30)

Daniel Stone adalah seorang ayah dalam novel Jodi Picoult yang berjudul The Tenth Circle. Dia adalah seorang komikus. Anak satu-satunya buah pernikahannya dengan Laura bernama Trixie.

new-character-thursday-buttonDaniel dibesarkan di Alaska, di antara orang-orang Eskimo Yup’ik yang berkulit merah. Sebagai satu-satunya orang kass’aq, atau berkulit putih, dia seringkali diolok-olok, bahkan dibenci. Masa kecilnya tak bisa dikatakan indah. Menginjak remaja, dia mulai mabuk-mabukan dan bertengkar, dapat dikatakan dia anak yang nakal. Tidak, nakal masih terlalu ‘ringan’ untuknya. Sampai suatu ketika dia harus meninggalkan rumahnya dan kemudian bertemu dengan Laura dan menikahinya.

Setelah menikahi Laura, atau lebih tepatnya setelah memiliki Trixie, Daniel berubah drastis. Segala kekejaman dan kebuasannya menghilang, digantikan oleh kelembutan dan kesabaran. Namun saat dunianya kembali diguncang dengan kasus pemerkosaan putrinya, kestabilan yang dipeliharanya selama bertahun-tahun ikut terguncang.

Meski tak percaya diri dengan keberhasilannya menjadi seorang ayah yang baik, dengan segala plus minusnya, Daniel tetap berusaha menjadi yang terbaik untuk keluarganya. Dia tetap bersabar meski mengetahui perselingkuhan istrinya. Intinya, Daniel berusaha menjaga keluarganya untuk tetap utuh, meski dia tak yakin apa yang dilakukannya sudah cukup benar ataukah dia hanya berusaha ‘lari’ dari masa lalunya.

Kasus pemerkosaan itu menumbuhkan kembali sifat-sifat masa remajanya. Di sinilah dia berjuang kembali untuk tak kembali menjadi Daniel yang dulu. Dia tak ingin sosok Daniel yang telah dikuburnya dalam-dalam, yang tak pernah diceritakannya pada siapa pun–termasuk Laura, muncul di hadapan Trixie, dan memperparah traumanya.

Saya rasa, se tak sempurna apa pun Daniel pada akhirnya, segagalnya dia di mata orang lain, dia semestinya sudah dapat dikatakan sempurna dan berhasil untuk istri dan putrinya. Bukan karena hasil akhirnya, tapi karena prosesnya, bagaimana dia menjalani, mengusahakan, dan mengendalikan diri.

Laki-laki dan perempuan yang telah cukup lama tinggal bersama akan saling bertukar sifat, sampai mereka menemukan bagian-bagian diri mereka dalam pasangan mereka. Buanglah sebuah kepribadian, dan kau mungkin akan menemukannya bermukim di dalam hati orang yang paling kaucintai. (p.501)

Lebih banyak tentang Character Thursday.

4 responses to “Character Thursday (30)

  1. Yup, kesuksesan itu bukan melulu hasilnya kok, tapi lebih pada prosesnya. Penilaian akan hasil bisa subyektif, tapi hanya mereka yang tahu bagaimana prosesnya yang bisa menilai kesuksesan itu.

    A great character of this week! ^__^

  2. Pingback: The Tenth Circle – Jodi Picoult | Bacaan B.Zee

  3. Pingback: Book Kaleidoscope 2013 : Book Boy Friends | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s