The Tenth Circle – Jodi Picoult

Conclusion in English at the last words.

Tenth CircleTitle : The Tenth Circle (Lingkaran Kesepuluh)
Author : Jodi Picoult (2006)
Translator : Ingrid Dwijani Nimpoeno
Publisher : Gramedia Pustaka Utama
Edition : Desember 2008
Format : Paperback, 504 halaman

Ada beberapa orang yang begitu hebat pengaruhnya dalam hidupmu, sampai mereka meninggalkan noda pada masa depanmu. (p.489)

Saat berpikir bahwa hidup bisa tetap baik-baik saja, selalu ada celah untuk merusaknya. Namun hanya dalam benak Daniel Stone saja semuanya terasa baik. Trixie remaja, putri satu-satunya, tumbuh sebagaimana remaja lainnya. Jatuh cinta, patah hati, penuh rasa ingin tahu, melanggar aturan, mencoba-coba, hingga pada suatu malam dia mengatakan bahwa dia diperkosa oleh Jason Underhill, mantan pacarnya.

Bukan hanya itu, hubungan Daniel dengan istrinya, Laura, sedang mengalami masa sulit. Daniel mengetahui perselingkuhan Laura, dan Laura sedang berusaha memperbaikinya, rasa bersalahnya pada suami dan anaknya.

Hanya karena kau memilih untuk meninggalkan sebuah tempat, tidak berarti kau bisa melarikan diri darinya. Laki-laki dan perempuan yang telah cukup lama tinggal bersama akan saling bertukar sifat, sampai mereka menemukan bagian-bagian diri mereka dalam pasangan mereka. Buanglah sebuah kepribadian, dan kau mungkin akan menemukannya bermukim di dalam hati orang yang paling kaucintai. (p.501)

Kasus pemerkosaan ini pun menjadi besar, antara penderitaan Trixie dengan ketenaran Jason yang dikenal cerdas dan bintang hoki di kotanya. Hampir seisi kota mendukung Jason, bahkan sahabat Trixie, yang mengetahui bahwa sejak awal tujuan Trixie adalah menginginkan Jason kembali. Hanya orang tuanya yang mengetahui seberapa terluka dan hancurnya Trixie. Tapi benarkah Jason yang bersalah?

Bagaimana jika cinta bukanlah tindakan untuk menemukan apa yang hilang darimu, melainkan tindakan saling memberi dan menerima yang membuat kalian berdua serasi? (p.208)

Di sisi lain, Daniel dan Laura berusaha mati-matian untuk melihat diri mereka sesungguhnya. Daniel yang merasakan bahwa sisi ‘liar’nya muncul kembali, masa lalu yang dikuburnya dalam-dalam perlahan muncul kembali. Dia yang dikenal tenang harus melawan sifat asalnya yang hilang sejak menikah dengan Laura. Dan masa lalu yang kini dilihatnya pada diri putrinya. Laura yang mencoba melihat kembali kehidupannya dulu. Bagaimana dirinya sebelum bertemu Daniel, kemudian bagaimana Daniel mengubah hidupnya, sampai pada akhirnya mengapa dia terlibat dengan pria lain.

Keputusan terbaik dalam suatu perkawinan bukanlah didasarkan pada kejujuran, tapi pada jumlah korban yang ditimbulkan oleh kebenarannya, versus jumlah korban yang selamat karena ketidaktahuan mereka. (p.338)

Sebagaimana karya Jodi Picoult pada umumnya yang mengangkat masalah keluarga, kali ini keluarga Stone–dengan kebobrokannya masing-masing–berusaha untuk mencari apa yang sesungguhnya mereka inginkan. Hidup tenang? Cinta? Kejujuran? Pengakuan?

Didahului oleh riset yang mendalam, karya Picoult yang ini menunjukkan egoisme dan kelabilan masa remaja yang tak pernah kita alami, atau mungkin telah kita lupakan. Trixie yang bersahabat dengan orang yang lebih ‘bebas’, tidak akan luput dari pengaruh kebebasan itu. Ibu yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak sempat—atau mengingkari—perubahan pada putrinya yang beranjak remaja. Ayah yang dihantui oleh masa lalu sehingga mengingkari hal yang terjadi di depan matanya. Setiap kita melakukan kesalahan, dan setiap kesalahan memiliki konsekuensinya masing-masing.

Bila pada akhirnya konsekuensi dari kesalahan itu terlalu besar untuk ditanggung, mungkinkah kesalahan itu sudah terlalu besar? Ataukah kita terlalu lambat menyadari bahwa pada suatu titik, kita bisa memperbaiki kesalahan itu kapan saja sebelum terlambat? Ataukah proses pendewasaan itu selalu menyakitkan? Semuanya juga tak mudah bagi Jason, dia sedang mengalami kejayaan, dan dia merasa dijebak.

Jelas tugas anak adalah bertumbuh dewasa. Lalu, mengapa orangtua kecewa ketika itu terjadi? (p.481)

Dalam buku ini, Picoult menggali masing-masing karakter dalam keluarga Stone, alasan-alasan dari tindakan mereka, serta pilihan-pilihan mereka saat ini. Lingkaran kesepuluh mengacu pada karya Dante, Divine Comedy, dimana digambarkan sembilan tingkatan neraka menurut versinya, beserta dosa yang menggiring manusia pada masing-masing tingkatan neraka tersebut. Divine Comedy merupakan subjek favorit Laura sebagai dosen, juga bahan untuk komik terbaru Daniel.

Komik-komik Daniel diselipkan dalam pergantian bab buku ini, bukan hanya sekedar pemanis atau tempelan, namun berhubungan dengan keseluruhan kisah dalam buku ini. Pada akhirnya, lingkaran kesepuluh adalah tingkatan yang diciptakan oleh Daniel sendiri, yang mewakili rasa bersalahnya—juga kesalahan Laura dan Trixie.

Kehidupan hanyalah serangkaian tempat, dan di sana kau terus-menerus dikejutkan oleh dirimu sendiri. (p.357)

4/5 untuk hidup yang tak terduga.

“Change is a funny thing. We never are quite sure what we are becoming or even why. Then one day we look at ourselves and wonder who we are and how we got that way. Only one thing about change remains constant…it is always painful” 

As usual, I like Jodi Picoult’s way to describe and clarify everything based on research. Many things that we don’t know, or we never think it can be happened, but—in fact—it is real. Picoult brought another point of view to see rapist from the other side, not for justification, but it is an anticipation for other girls to behave. Life style versus human need of stability.

Characterizations of each family members, their reasons, their choices are shown. Then, based on Dante’s Divine Comedy, the author made ‘the tenth circle’ to tell us the root of their problems, the biggest sin from Picoult’s version.

“You signed no contract to become a parent, but the responsibilities were written in invisible ink. There was a point when you had to support your child, even if no one else would. It was your job to rebuild the bridge, even if your child was the one who burned it in the first place. ”

Review #3 for 2013 TBR Pile Challenge

Review #2 for Read Big!

*Posting bersama BBI April (1) Buku-buku yang bertemakan perempuan atau buku yang ditulis oleh perempuan, untuk merayakan hari Kartini.

18 responses to “The Tenth Circle – Jodi Picoult

  1. belum pernah sekalipun baca JP. Tapi rasanya buku ini pantas dijadikan salah satu timbunan.

    #kilasbukublogwalking

  2. belum nemu karya jodi yang nendang nihhh…jadi penasaran sama tenth circle. biasanya jodi itu premisnya keren, tapi eksekusinya kurang sreg buatku…

    • setuju banget dgn mbak astrid, sejauh ini ide serta plot yang disajikan oleh JP selalu menarik, sayang menjelang akhir selalu kurang menarik, mendadak datar tanpa ada greget yang sejak awal sudah terbangun … mirip Linda Howard atau Danielle Stelle yang krg pandai menggarap ekskusi akhirnya.

    • oiya, lupa kutulis di review… dr 3 buku yg sdh kubaca, baru di buku ini aku puas dengan endingnya.

  3. baru baca MSK, semoga yang ini nggak mengecewakan

  4. Wah kebetulan ada review buku ini, beberapa wktu lalu aku baca, di latar komiknya ada huruf acak kan, itu kalo di rangkai tulisannya apa kak?? Kalo tau kasih tau ya, penasaran soalnya😀

  5. Ah.. buku ini twist-nya mengejutkan. Suka karena ada gambar komiknya itu🙂

  6. fingerprintale

    Tadinya aku juga mau baca JP lho buat baca bareng, entah kenapa diriku selingkuh.. weh ? gambar komik ? weee ?? penasaran

    • oya? mau baca yg mana?
      yup…ada komiknya, kan Daniel itu komikus🙂

      • fingerprintale

        mau baca storyteller mbak… udah ada, tapi… hihihi nda jadi mbak. Kyaknya mau baca bulan ini gara2 review mbak, mbak astrid, dkk pada bikin kepengen

      • Wah, yg terbaru ya? Ditunggu reviewnya🙂

  7. Pingback: 2013 TBR Pile Challenge Wrap-Up | Bacaan B.Zee

  8. Pingback: Read Big! Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s