May Meme for Hotter Potter

“Menurut kamu siapa karakter yang paling menyebalkan dalam seri Harry Potter? Alasannya?”

Apa yang membuat sebuah karakter menyebalkan? Berulang-ulang pertanyaan ini saya tanyakan pada diri saya sendiri. Meme bulan ini cukup sulit untuk dijawab, karena karakter dalam serial Harry Potter ini begitu manusiawi, setiap karakter merupakan cerminan dalam kehidupan nyata, dan saya sudah belajar bebal terhadap rasa sebal pada manusia.

Pada mulanya saya ingin menjawab karakter yang sepertinya hampir menjadi ‘favorit’ sebagai karakter menyebalkan, saya terlalu gengsi untuk mengikuti arus mungkin, haha. Tapi kemudian saya mencoba berpikir dari sisi yang lain. Let me go into Harry Potter’s world.

Penilaian saat membaca buku dengan penilaian saat berada di dalam buku pasti berbeda. Saat membaca, saya banyak dipengaruhi oleh intensitas, seberapa sering karakter itu muncul dengan tingkah laku menyebalkannya. Terkadang, meski sebuah karakter super menyebalkan, jika kemunculannya hanya sedikit, tak cukup ‘memancing’ emosi saya.

Saya mencoba masuk dan melihat akar segala sumber kesebalan itu, dan yang saya salahkan pertama kali, yang saya nobatkan sebagai karakter paling menyebalkan di bulan Mei ini adalah :

Cornelius Fudge, Menteri Sihir

Cornelius Fudge, Menteri Sihir (source)

Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi di Kementerian Sihir, sebagai pengambil kebijakan di dunia sihir, sebagai orang yang berpengaruh besar pada komunitas penyihir, tingkah laku Cornelius Fudge ini sangat mengecewakan.

Bukan salahnya jika ada anak buahnya yang sebodoh Dolores Umbridge, tapi kesalahannya lah meletakkan Umbridge di Hogwarts, kesalahannya menuruti arogansi Umbridge dengan mengeluarkan dekrit-dekrit bodoh. Jika ada yang harus disalahkan dengan munculnya karakter menyebalkan bernama Dolores Umbridge, dialah Cornelius Fudge.

Bukan salahnya kalau ada karakter selicik Lucius Malfoy yang menganggap semuanya bisa selesai dengan uang. Tapi jelas dia salah mau saja dikendalikan Malfoy, bahkan sejak buku kedua–saat Fudge belum menjadi sangat menyebalkan–saat dia menahan Dumbledore.

Bukan salahnya kalau ada penjual berita semenyebalkan Rita Skeeter, tapi bukankah dia bisa melakukan sesuatu pada Daily Prophet? Seperti yang dilakukannya saat dia berkeras bahwa Voldemort sudah mati dan tak akan pernah mungkin kembali lagi. Oh ya, dia suka dengan pemberitaan Skeeter, mungkin menaikkan pamornya sebagai Menteri Sihir.

Menduduki jabatan tertinggi di kementerian membuat Fudge lupa diri. Dia berdelusi bahwa Dumbledore–yang semua penyihir tahu tak pernah berambisi dalam politik–ingin merebut posisinya sebagai Menteri Sihir. Dia terlalu terintimidasi dengan kecerdasan dan kebijaksanaan Albus Dumbledore, sehingga dia justru menurunkan level kecerdasannya sendiri.

Cornelius Fudge merasa kedamaian yang dirasakan sebagian besar komunitas sihir selama empat belas tahun ini tak boleh dirusak, terlebih saat dia yang tengah berkuasa. Masa pemerintahannya haruslah sempurna, penolakannya atas bukti-bukti kemunculan Lord Voldemort kembali, seolah seluruh dunia bergantung pada apa yang dia percayai, seolah Voldemort tak akan muncul jika seluruh dunia belum percaya bahwa dia-yang-tak-boleh-disebut-namanya masih hidup. Rasanya kata bodoh masih terlalu halus untuk Menteri semacam ini. Setidaknya kebodohan Vernon Dursley yang menolak keberadaan sihir bermula dari ketidakmengertiannya akan dunia yang dirasanya berbahaya, terlebih dengan tragedi yang menimpa keluarga Potter.

Karena kebodohannya ini, dunia sihir semakin terancam. Orang-orang dengan level kebodohan yang kurang lebih sama dengan Fudge (yang jumlahnya tidak sedikit) ikut-ikutan merasa ‘damai’ dengan keanehan-keanehan di depan matanya. Lebih suka menganggap orang lain gila daripada mempersiapkan diri untuk teror yang mereka tak tahu pasti telah lenyap selama-lamanya.

Orang-orang bodoh ini, yang dikepalai oleh Cornelius Fudge yang tak punya pembenaran alasan untuk menjadi bodoh, sama berjasanya dengan para Pelahap Maut, membantu Lord Voldemort mengembalikan terornya dengan gangguan dan interupsi seminimal mungkin. Bahkan, dia lebih jahat daripada Dudley Dursley, yang notabene tak punya tanggung jawab sebesar Fudge untuk memastikan bahwa dia tidak membahayakan orang lain (atau membuat orang lain dalam bahaya).

Lihat karakter paling menyebalkan versi lain di sini.

Saya juga subscribe blog Ndari (http://bookinthebonnet.blogspot.com/) via email busy_mail125@yahoo.com

8 responses to “May Meme for Hotter Potter

  1. Pingback: Harry Potter and the Order of the Phoenix – J. K. Rowling | Bacaan B.Zee

  2. Good pick! Aku juga sebel banget sama Fudge!

  3. Pingback: Winner! Hotter Potter May meme | Surgabukuku

  4. btw, kalau dipikir ulang, emang salah si Fudge ya? *bakar topi Fudge*

    • hehe, orang2 yg berkuasa memang lebih mudah disalahkan.. etapi kan itu tanggung jawabnya sih ya

      • menurutku sih bukan orang berkuasa lebih mudah di salahkan, tapi mereka lebih mudah berbuat salah. bukankah satu keputusan mereka bisa berakhir dua hal. menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk *seolah bela fudge #plak…😛

  5. Pingback: Hotter Potter 2013 Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s