B is for Burglar – Sue Grafton

B is for BurglarTitle : B is for Burglar
Author : Sue Grafton (1985)
Translator : Putri Mayan Kalingi
Editor : Yudi Iswanto
Publisher : Dastan Books
Edition : Cetakan I, September 2009
Format : Paperback, 348 halaman

Kinsey Milhone, seorang penyelidik swasta, menerima pekerjaan dari klien barunya, Beverly Danzinger. Beverly memintanya untuk mencari Elaine Boldt, kakaknya yang raib entah kemana. Elaine memang sering bepergian, namun tak biasanya dia tak menghubungi siapa pun, surat-surat serta tagihannya pun tak tersentuh. Ketika penyelidikan Kinsey tiba pada tetangga sekaligus sahabat Elaine yang tewas tak lama sebelumnya, juga saat Kinsey meminta keterangan dari suami Beverly, tiba-tiba memutuskan agar penyelidikan dihentikan.

Namun, Kinsey tidak menyerah, penyelidikannya sudah mulai mendekati titik terang. Dia pun melanjutkan sendiri penyelidikannya, dengan dukungan dan bantuan dari salah seorang tetangga Elaine. Ternyata, ada banyak kepentingan di balik menghilangnya Elaine Boldt, cukup banyak orang yang memiliki motif, namun tak terlihat pada awalnya. Jauh sebelumnya, Kinsey telah yakin bahwa Elaine telah dibunuh, namun bagaimana caranya, dan dimana mayatnya berada? Pertanyaan yang akan berkembang dan saling berkaitan, kemudian terjawab di akhir kisah.

Ini adalah kali ketiga saya membaca serial Kinsey Milhone yang ditulis berurutan berdasarkan abjad. Detektif wanita yang satu ini memang tidak sespektakuler atau seeksentrik detektif-detektif klasik ala Conan Doyle atau Agatha Christie. Karakter Kinsey cukup unik, seorang janda muda tanpa anak yang hidup menyendiri, mantan polisi yang memutuskan untuk menjadi detektif swasta. Dia bekerja dengan cukup rapi, menetapkan tarif serta kesepakatan standar dengan kliennya sejak awal, karena pekerjaan yang dipilihnya ini juga sebagai mata pencahariannya. Dalam bekerja, dia menggunakan kartu-kartu berisi fakta yang diperolehnya, yang akan dirangkainya untuk membantu berpikir.

Salah satu yang mengganggu saya adalah subjudul terjemahannya, ‘Misteri Hilangnya Sang Adik’, padahal di dalam dikatakan berulang kali bahwa Elaine adalah kakak dari Beverly.

Detektif rekaan Sue Grafton ini cukup ‘manusiawi’, mungkin itulah yang membedakannya dengan karakter detektif yang lain. Kinsey memiliki sifat sama seperti ‘orang biasa’, dia punya emosi dan ego. Dan meski secara keseluruhan kisah ini tidak spesial, saya cukup menikmati membacanya. 3/5 bintang.

Review #3 for Mystery Reading Challenge 2013

One response to “B is for Burglar – Sue Grafton

  1. Pingback: 2013 TBRR Pile Mystery and Fantasy Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s