Scene on Three (6)

SceneOnThree

Tak terasa sudah tanggal 23, menjelang akhir bulan, menjelang banyak deadline bagi sebagian besar member BBI. Selagi menyelesaikan yang harus diselesaikan, saya akan membagi salah satu kutipan dari salah satu penulis favorit saya, Paulo Coelho, di buku Aleph.

Rutinitas tidak ada hubungannya dengan pengulangan. Untuk menjadi sangat ahli dalam bidang apa pun, kau harus berlatih dan mengulang, berlatih dan mengulang, sampai teknik tersebut menjadi intuitif. Aku mempelajari hal ini saat aku masih kecil, di kota kecil di tengah Brazil tempat keluargaku biasa menghabiskan liburan musim panas. Aku terpesona dengan pekerjaan pandai besi yang tinggal dekat situ. Aku biasanya akan duduk berjam-jam lamanya, melihat ayunan palunya naik-turun menghantam baja merah panas itu, menebarkan percikan api ke sekeliling, seperti kembang api. Ia pernah berkata, “Kau mungkin beranggapan aku melakukan hal yang sama berulang-ulang, ya?”

“Ya,” kataku.

Well, kau salah. Setiap kali aku menghantamkan palu, intensitas pukulannya berbeda; kadang lebih keras, kadang lebih pelan. Namun aku baru mengetahui hal itu setelah aku mengulang-ulang gerakan yang sama selama bertahun-tahun, sampai tiba momen saat aku tidak perlu berpikir lagi—aku hanya membiarkan tanganku yang bekerja.”

(p.63)

Saya rasa setiap orang pernah mengalami kejenuhan akan rutinitas. Selalu hidup dengan pola yang sama serta melakukan hal yang sama, namun kutipan ini memberikan sudut pandang yang lain dari rutinitas. Rutinitaslah yang menjadikan kita ahli dan piawai dalam apa yang kita kerjakan. Tak ada salahnya berhenti sejenak, namun rutinitas bukanlah suatu hal yang harus ditakuti.

Sebagai contoh, mungkin hal yang harus dihadapi banyak orang, bangun pagi dan berangkat bekerja, atau kuliah, atau sekolah. Dengan keharusan semacam itu, orang tersebut telah menjadwalkan jam biologisnya untuk melakukannya setiap hari, hingga lama-kelamaan dia akan terbiasa. Sekali rutinitas itu dirusak oleh liburan panjang, kemungkinan tubuh harus melakukan penyesuaian ulang kembali, sehingga rutinitas kembali terasa lebih berat.

Jika ada kutipan berkesan dari bacaan kalian, boleh dibagi di sini, caranya:

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

9 responses to “Scene on Three (6)

  1. gua sukaa kutipan di atas ^o^ and dipikir2 emang kita ngga bisa terlepas dari rutinitas juga yaa.. buat orang yang kebanyakan menghabiskan waktunya dalam ruangan, mungkin menganggap orang yang sering berpergian itu dinamis dan ga monoton walau yaahh.. dipikir2 berpergian-nya itu sendiri lama2 menjadi bagian dari rutinitas juga yaa😀

    • Yap, betul, kadang orang yg danggap dinamis itu bisa juga merasakan keinginan buat kerja di ruangan, dgn jam kerja tetap🙂

  2. Pingback: Scene on Three 4: Some Girls, Some Hats and Hitler | lustandcoffee

  3. Rutinitasku akhir – akhir ini berangkat 5 menit sebelum batas absen pagi di kantor Zee *ngakak*. Menurutku rutinitaslah yang membentuk kepribadian seseorang, dan untuk mengubahnya, memang sulit sekali

  4. Rutinitas itu membentuk kebiasaan. Karena sesuatu yang rutin lama kelamaan pasti jadi kebiasaan. Seperti misalnya saya, karena rutin bangun jam 5 tiap hari lama kelamaan itu menjadi kebiasaan😄

  5. he..he.. rutinitas itu gak bisa dilepaskan dari hidup kita. Memang bermanfaat tapi kadang bikin hidup jadi “kurang berwarna”. Ya pintar-pintar kita aja untuk menikmatinya. (^_^)v

    • Betul, intinya, nikmati dan syukuri apa yang bisa DAN tidak bisa kita lakukan, pasti hidup ini nikmat dan bahagia🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s