Bookish Top Ten (2) : Literary Villains

booktop10

Bookish Top Ten bulan ini mengambil tema: Your Top Ten Literary Villains

Sejujurnya, saya kesulitan dengan tema ini, masalahnya villain itu ada bermacam-macam karakteristiknya. Banyak sekali villain yang berkesan dalam buku-buku yang saya baca, utamanya mungkin karena saking jahatnya, atau justru karena latar belakangnya yang pada akhirnya mengundang simpati. Setelah merenung seharian (iya, lebay), saya memutuskan untuk memasukkan villain yang benar-benar ‘jahat’, yang mungkin dengan kemunculannya saja sudah menimbulkan ketegangan atau perasaan benci tersendiri, dan–yang paling penting–masih saya ingat hingga saat ini.

Dolores Umbridge from Harry Potter by J. K. Rowling

Umbridge memang bukan karakter ‘murni jahat’ layaknya Lord Voldemort, namun bagi saya dia memiliki kejahatan ‘murni’ yang didasarkan oleh ego dan kesenangan pribadi. Karakter semacam ini–manis di depan, kejam di belakang–jauh lebih jahat.

Oliver TwistFagin from Oliver Twist by Charles Dickens

Banyak Fagin di luar sana, yang memanfaatkan anak-anak demi kepentingannya sendiri. Memaksa anak-anak bekerja, memberi bagian yang tak seberapa sedangkan sebagian besar disimpan untuknya sendiri.

The Hunger GamesPresident Snow from The Hunger Games by Suzanne Collins

Saya rasa karakter Presiden Snow ini lahir oleh karena suatu sistem, tetapi tetap saja kita boleh mempertanyakan, dimana hati nurani orang semacam ini (termasuk mungkin orang-orang Capitol). Menyaksikan para remaja saling membantai, mengancam orang-orang tak bersalah hanya karena membahayakan posisinya.

1984Big Brother from 1984 by George Orwell

Sebenarnya, tak ada yang benar-benar yakin karakter ini benar-benar ada dan hidup, ataukah hanya suatu simbol yang dibentuk untuk menakut-nakuti. Bagi saya, karakter ini juga merupakan simbol suatu negara yang mengerikan, dimana kebebasan dikekang dan suara-suara diharamkan.

51496Mr. Edward Hyde from The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde by Robert Louis Stevenson

Mr. Hyde jelas merupakan kejahatan murni, karena dia bukanlah manusia seutuhnya. Sebuah sisi yang menakutkan jika dia berdiri sendiri.

mio anakkuKesatria Kato from Mio, My Son by Astrid Lindgren

Sosok ini menyebarkan teror dan ketakutan, dikaitkan dengan anak-anak yang hilang. Dalam buku ini, Kesatria Kato lah biang dari segala kejahatan dan teror. Penggambarannya merupakan perpaduan Lord Voldemort dan Dementor, mungkin merupakan salah satu inspirasi J. K. Rowling dalam menuliskan Harry Potter.

Calon Arang dalam Cerita Calon Arang oleh Pramoedya Ananta Toer

Seorang tukang tenung yang sangat jahat, menyalahgunakan ilmu yang dimilikinya demi membuat semua orang mematuhi kehendak dan perintahnya, meskipun itu salah.

3717544Queen Jadis from The Magician’s Nephew by C. S. Lewis

Sang Ratu ini begitu berhasrat menguasai segala sesuatu, hingga mengikuti Digory dan Polly. Ketika tanpa sengaja dia memasuki ‘sumur’ yang salah menuju negeri Narnia, dia pun menguasainya dan menyebarkan ketakutan di negeri yang baru lahir itu.

draculaCount Dracula from Dracula by Bram Stoker

Kesan mengerikan selalu muncul dengan keberadaannya, kedatangannya yang tak bisa dihindarkan, menyiksa hidup seseorang dengan mengisap darahnya dan meninggalkan ‘bibit kejahatan’ bahkan hingga ajal manusia tersebut. Hanya dengan ritual khusus kejahatan itu bisa dimusnahkan.

NeverwhereMr. Croup & Mr. Vandemar from Neverwhere by Neil Gaiman

Dua orang yang selalu bersama dan nyaris tak perlu dibedakan. Sama-sama kejam, tak mengenal belas kasihan, dan menjijikkan. Mereka hanya tahu mengerjakan tugasnya, memburu Lady Door, tak peduli cara apa yang digunakan dan siapa saja yang dirugikan.

Sejauh ini, itulah sepuluh villain paling berkesan (kesan buruk tentunya) versi saya, cek Top Ten Literary Villains versi blogger lain di sini.

Yang ingin berpartisipasi dalam Bookish Top Ten, syaratnya:

1. Memiliki blog/Goodreads/FB/Tumblr/Livejournal atau apa saja media online.

2. Pasang button Bookish Top Ten di postinganmu.

3. Posting Bookish Top Ten setiap tanggal 10 tiap bulan (it’s a monthly meme). Kalau kamu nggak sempat posting tanggal 10, nggak usah khawatir, kamu masih bisa ikut posting hingga akhir bulan.

4. Memasukkan link postingan di inlinkz yang sudah disediakan di akhir postingan.

5. Tiap bulan ada tantangan yang berbeda, so stay tuned ya ^^

6. Untuk bulan depan, tantangannya adalah:

Top Ten Best Book Covers.

4 responses to “Bookish Top Ten (2) : Literary Villains

  1. lhoo. itu mio anakku ada filmnya ya? neverwhere juga? wahh.. ketinggalan berita nih😀

  2. Dracula itu sebenernya kesian juga ya, lonely…
    Thanks ya udah ikutan BTT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s