Vera or, The Nihilists – Oscar Wilde

7844333Title : Vera or, The Nihilists
Author : Oscar Wilde (1881)
Publisher : Project Gutenberg
Edition : August 30, 2008 [EBook #26494]
Format : Ebook

One is never too young to die for one’s country! (Alex, Act I)

Vera Sabouroff adalah seorang pekerja keras dan pemikir, sifat yang tak wajar terdapat pada wanita masa itu—bahkan laki-lakinya, yang tak memiliki kedudukan sosial. Ayahnya, Peter Sabouroff, menginginkan Vera menjalani kehidupan ‘normal’, menikah dan tak memikirkan hal-hal lain. Terlebih anak laki-lakinya, Dmitri, tak terdengar lagi kabarnya semenjak pindah ke Moskow, kecuali terakhir kali saat meminta uang padanya. Tak disangka suatu hari serombongan tawanan yang menyebut diri mereka Nihilists melewati tempat dimana Vera dan ayahnya bekerja. Vera melihat Dmitri berada di antara tawanan itu, tapi tak ada orang lain yang menyadarinya, mereka tak saling bertegur sapa. Dmitri meninggalkan secarik kertas berisi alamat di Moskow, dan Vera pun pergi ke alamat tersebut, demi melanjutkan perjuangan kakaknya.

Mich. Will you never love any one but him, Vera?
Vera (smiling). I don’t know; there is so much else to do in the world but love.
(Prologue)

Lima tahun kemudian, Vera telah menjadi bagian penting dalam Nihilists, gerakan bawah tanah yang menentang Czar di Rusia saat itu, yang melambangkan monarki dan kediktatoran. Namanya telah terkenal sebagai buronan wanita nomor satu, yang dianggap paling berbahaya di antara kelompoknya. Saat ini adalah saat yang menentukan bagi Rusia. Para nihilists merencanakan pemberontakan dan pembunuhan atas Czar, namun di antara mereka terdapat seorang yang dicurigai sebagai mata-mata, kecuali Vera yang percaya padanya. Di dalam istana sendiri ada musuh yang tak nampak, dan Czar yang selalu ketakutan dengan keselamatan dirinya.

To have friends, you know, one need only be good-natured; but when a man has no enemy left there must be something mean about him. (Prince Paul, Act II)

Pada akhirnya, Vera sang pemegang kunci keberhasilan pemberontakan itu menanggung sebuah rahasia yang mengusik hati dan perasaannya sebagai seorang wanita. Di satu sisi, jika menuruti kata hatinya, dia menggagalkan rencana para nihilists. Di sisi lain, beban yang ditanggungnya terlalu berat untuk dihadapinya seorang diri. Di sinilah tragedi itu terjadi. Bagaimana Vera mengatasi keraguan antara kesetiaan pada bangsanya atau hati nuraninya? Apakah rakyat Rusia berhasil mendapatkan kebebasan yang diharapkannya?

Oh, how could Russia bear two hearts like yours and his! (Vera, Act I)

Drama ini merupakan drama Oscar Wilde yang pertama kali dipentaskan. Terlepas dari tidak disukainya pada waktu itu, saya sangat menikmati membaca drama ini. Latar belakang historis yang diangkat bukanlah hal yang sama sekali asing, tetapi penulis menekankan aspek patriotisme dan romansa yang diramu dengan sangat cantik dan berimbang. Play ini relatif singkat, tapi justru dengan sedikitnya detail saya bisa langsung merasakan secara emosional dilema yang dialami oleh karakter-karakter di dalamnya.

In the old times men carried out their rights for themselves as they lived, but nowadays every baby seems born with a social manifesto in its mouth much bigger than itself. (Prince Paul, Act III)

Karakter Vera yang digambarkan sebagai wanita yang kuat dan mandiri, juga yang menjadi penentu keberhasilan pemberontakan, sangat terasa di awal. Saat tiba di pertengahan dan akhir, sisi wanita Vera dimunculkan. Hal ini menunjukkan betapa wanita tak harus meninggalkan kodratnya sebagai wanita untuk menjadi kuat. Kelembutan hati tidak harus berarti kelemahan. Keteguhan hati tidak selalu identik dengan maskulinitas.

Di samping karakter utama, ada juga karakter yang—khas karya Wilde—seperti menyuarakan pendapat sang penulis. Di sini Wilde menciptakan karakter Prince Paul, sang Perdana Menteri, yang bijaksana dan menjadi orang kepercayaan Czar. Prince Paul selalu mengutarakan pendapatnya secara blak-blakan, beberapa celetukan lucu, juga sikap yang sangat berbeda dengan keseriusan orang-orang di sekitarnya.

life is much too important a thing ever to talk seriously about it. (Prince Paul, Act II)

4/5 bintang untuk keberanian memilih dan pengorbanan.

Experience, the name men give to their mistakes. (Prince Paul, Act II)

Review #8 of Let’s Read Plays

Review #23 for Books in English Reading Challenge 2013

5 responses to “Vera or, The Nihilists – Oscar Wilde

  1. Pingback: Scene on Three (17) | Bacaan B.Zee

  2. Pingback: Let’s Read Plays Wrap Up | Bacaan B.Zee

  3. Pingback: Books in English 2013 Wrap Up | Bacaan B.Zee

  4. Pingback: Second Year Update of The Classics Club Project | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s