Scene on Three (16)

SceneOnThreeDan inilah sebabnya otak orang mirip komputer. dan itu bukan karena otak sesuatu yang istimewa tapi karena harus terus-menerus dimatikan selama sepersekian detik ketika gambar di layar berganti. Dan karena ada sesuatu yang tidak kelihatan maka orang berpikir bahwa otak itu pastilah istimewa, sebab orang selalu berpikir bahwa sesuatu yang tidak bisa mereka lihat pasti istimewa, misalnya sisi gelap bulan, atau apa yang ada di balik lubang hitam, atau keadaan gelap-gulita waktu mereka terbangun malam-malam dan mereka merasa takut.
Orang juga menganggap dirinya berbeda dari komputer karena mereka punya perasaan dan komputer tidak punya perasaan. Padahal perasaan hanya sebuah gambaran di layar kepala kita tentang apa yang akan terjadi besok atau tahun depan, atau apa yang seharusnya bisa terjadi tapi malah tidak terjadi, dan kalau gambaran itu menggembirakan mereka tersenyum dan kalau gambaran itu menyedihkan mereka menangis.
(p.168)

Kedua paragraf ini saya ambil dari buku The Curious Incident of the Dog in the Night-Time karya Mark Haddon. Bisa dipahami bahwa Christopher berpikir seperti itu karena orang dengan Asperger tidak mengerti emosi, tetapi luar biasa secara logika. Namun, kalau saya memikirkan ulang kalimat-kalimat di atas, ada benarnya juga.

Manusia terlalu mengagung-agungkan apa yang ada pada dirinya, otak, perasaan, emosi. Padahal perasaan atau emosi pun sesungguhnya adalah hasil dari reaksi-reaksi kimiawi yang ada dalam tubuh kita. Perasaan dan emosi tersebut bisa dimanipulasi dengan obat-obatan tertentu.

Memang, manusia adalah ciptaan dari Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Besar–salah satu hal yang juga tidak bisa dipahami Christopher, namun Tuhan juga memberi manusia otak yang sedemikian canggih hingga bisa menciptakan komputer. Komputer bisa sama hebatnya dengan otak manusia karena Tuhan memberi pengetahuan itu pada manusia, dengan cara-Nya sendiri. Jadi, menurut saya, bukannya otak manusia yang patut diagung-agungkan, melainkan Allah, Tuhan Semesta Alam.

Bagi scene pilihanmu, caranya:

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s