Bookish Top Ten (3): Best Book Covers

booktop10

Kembali lagi ke meme bulanan yang digagas oleh kak Yuska, Bookish Top Ten kali ini mengusung best book covers. Seperti biasa, karena meme ini tidak punya kriteria yang terlalu mendetail, maka saya sendiri yang harus mempersempit pilihan-pilihannya (yang mana juga memudahkan diri saya sendiri). Cover pilihan saya kali ini adalah yang saya pilah dari timbunan dalam rak buku saya, tak peduli sudah dibaca atau belum (yang ternyata kebanyakan belum saya baca). Oleh karena biasanya di akhir tahun akan ada book kaleidoscope, maka pilihan saya kali ini dijamin akan berbeda, karena kebetulan tak satu pun cover pilihan ini saya baca di tahun 2013 (kebetulan tidak juga di tahun 2012).

Dengan berat hati, ada beberapa buku yang tidak bisa saya masukkan. Namun dengan bangga saya pamerkan sepuluh buku bercover cantik versi saya, per 10 November 2013. Beberapa mungkin alasannya tidak bermutu, yang sebenarnya karena memang sulit untuk dijelaskan dan didefinisikan. Seperti kata orang bijak, gambar berbicara lebih banyak.

8584758

Saya selalu suka gambar/foto/lukisan jalan setapak yang dikelilingi pepohonan. Pemilihan warna-warna kalem khas musim gugur atau matahari terbenam juga sejuk dipandang.

The Reader: Sang Juru Baca

Sederhana, tapi cantik. Terutama mungkin karena mawarnya, merah jambu, tapi agak terkesan keunguan (yeah, ini sangat personal :p)

15746131

Saya suka sentuhan warna pastel dan terkesan ‘lukisan sekali’.

159589

Saya tidak bisa menyatakan diri sebagai penggemar warna merah jambu, tapi salah satu alasan mengapa saya suka cover ini adalah warna merah jambunya yang cantik. Detail gambarnya juga sederhana tapi sangat sesuai dengan sasaran dan isi bukunya.

77142

Saya suka alam bebas, semakin sedikit intervensi manusia semakin indah. Meski gambar cover ini tidak menunjukkan warna-warni meriah yang seharusnya terlihat dalam situasi aslinya, sentuhan gelap/suram ini justru memberi kesan misterius yang berbeda.

980900

Menurut saya, cover buku ini jauh lebih cantik dilihat ketimbang gambarnya. Semacam ada nuansa magis yang tak terjelaskan pada gambar makhluk fantasi ini. Mungkin karena perpaduan warnanya.

7937178

Bukan gambar alam, tapi saya suka lampu-lampunya. Tak terlalu banyak detail, tapi tetap terkesan meriah.

4407

Nuansa hitam putih dan keemasan, apalagi dengan sentuhan kilau glitter, juga kupu-kupunya.

11477457

Buku, buku, dan buku. Tenggelam di perpustakaan raksasa, ah, petualangan.

3437

Salah satu buku yang kubeli karena covernya. Sebelumnya saya sudah punya edisi terjemahannya, namun cover ini sukses menggoda saya. Dan saya tak menyesal sama sekali membelinya, karena buku ini salah satu jenis buku yang harus dibaca aslinya. Biru, awan, bulan sabit, bintang, sangat mencerminkan setting night-time ketimbang warna merah (yang lebih merujuk pada kesukaan sang karakter), apalagi merah muda mencolok pada edisi terjemahan (yang entah apa maksudnya).

Yap, itu dia sepuluh cover terbaik versi saya hari ini, sila intip pilihan bookish lain di sini.

[ Untuk bulan depan promptnya adalah: Your TOP 10 Tearjerkers ]

10 responses to “Bookish Top Ten (3): Best Book Covers

  1. Aku penasaran sama snow falling … *salah fokus ya*

    The Reader ama Nocturne covernya cakep banget ^^

  2. wahh.. baru tau kalau warna cover asli curious incident itu ternyata biru ya!

  3. American Gods yang itu emang covernya bagus ya.

    Btw aku penasaran, kenapa ya KPG kekeuh banget kasi warna pink di buku curious incident. Buku itu udah dicetak ulang, tetep aja cover barunya pink

  4. suka yg pink itu, Dr Doolitle

  5. Cover American Gods-nya bagus. Coba GPU pilih yang ini covernya >.<

Leave a Reply

