Scene on Three (22)

SceneOnThree

He was an Italian, with a round, pale face, haggard from overwork. He asked whether I was an experienced dishwasher, and I said that I was; he glanced at my hands and saw that I was lying, but on hearing that I was an Englishman he changed his tone and engaged me. (p.54)

Paragraf ini diambil dari autobiografi George Orwell, Down and Out in Paris and London. Kejadian itu berlangsung saat penulis sedang melamar pekerjaan di sebuah hotel di Paris. Setelah mendengar bahwa penulis adalah orang Inggris, maka asisten menejer yang orang Italia tersebut menjadi lebih terbuka. Tidak ada pegawai hotel tersebut yang bisa berbahasa Inggris, padahal kebanyakan tamu mereka adalah orang Amerika, maka keberadaan orang Inggris menjadi sangat berguna di situ.

Adegan itu agaknya menarik perhatian saya karena saya melihat dua hal di situ. Yang pertama adalah betapa manusia sangat pemilih dalam bersikap. Dalam kasus ini, memang sang asisten menejer tak bisa dinilai salah karena dia sedang mewawancarai calon pegawai. Akan tetapi, saya rasa sikap demikian bersifat universal, dalam posisi apa pun, dimana pun, dan pada masa apa pun. Kita terlalu sering melihat orang dari penampilan luarnya, menghakiminya dan ‘mengeksekusinya’ dengan sikap awal kita (sebelum mengenal lebih jauh).

Yang kedua adalah, hal yang tampaknya biasa dapat menjadi nilai tambah jika kita berada di tempat yang tepat. Orang Inggris bisa menjadi nilai tambah jika berada di lingkungan orang yang tidak berbahasa Inggris tetapi membutuhkan kemampuan berbahasa tersebut. Jadi jangan minder dengan apa yang kita miliki, sekecil apa pun. Kita hanya perlu mencari tempat yang tepat untuk membuat hal kecil yang kita miliki menjadi bernilai di mata orang lain.

Mau ikutan Scene on Three?

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

2 responses to “Scene on Three (22)

  1. Tapi mencari tempat yg tepat itu lo Bzee, susah dan perlu sedikit keberuntungan (っ╯_╰˘)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s