Book Kaleidoscope 2013 : Book Boy Friends

Tak terasa sudah akhir tahun lagi. Seperti tahun kemarin, Fanda Classiclit punya fitur untuk mengkompilasi hal-hal menarik dalam bacaan kita selama satu tahun. Tahun 2012 lalu, ada 3 kategori Book Kaleidoscope, sedangkan 2013 ini, ada 5 kategori yang tak kalah seru. Lihat detailnya di sini.

Yang pertama adalah Book Boy Friends. Sebenarnya susah-susah gampang ya memilih kategori ini, soalnya dalam bacaan saya (lagi-lagi) justru didominasi oleh karakter wanita yang kuat dan lebih menarik daripada prianya. Kebanyakan karakter pria di bacaan saya tak menampilkan sisi heroik yang saya harapkan (apa kriteria saya terlalu ketat ya?). Namun setelah dipilih-pilih, ada juga sih yang oke, meskipun ada yang sudah bapak-bapak dan ada yang masih abege. Yah, ini boy friends kan ya, bukan boyfriends :p

5. Fred Weasley from Harry Potter Series

Berkat event Hotter Potter, saya akhirnya membaca ulang serial Harry Potter. Fred ini salah satu karakter yang kusuka karena pembawaannya yang lucu dan bisa memandang segala sesuatu dengan menyenangkan. Mengapa Fred dan bukan George, saudara kembarnya? Karena di masa depan, George kan sudah menikah. (It’s a sad statement, actually :'()

Fred Weasley Profile

James Phelps as Fred Weasley at Harry Potter and the Order of the Phoenix (pic source)

4. Daniel Stone from The Tenth Circle by Jodi Picoult

Walaupun bukan sosok ayah yang sempurna, saya menyukai jiwa (atau naluri) pelindung yang ditampakkan Daniel Stone saat putrinya dalam masa-masa sulit. Lebih jauh mengenai karakter Daniel Stone pernah saya bahas di sini.

Ron Eldard as Daniel Stone from 2008 Canadian adaptation (pic source)

3. Dickon Sowerby from The Secret Garden by Frances Hodgson Burnett

Dickon sang pecinta alam yang sesungguhnya. Dia seolah tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh tanah, tanaman, bunga-bunga, hewan-hewan, dan dapat memberikannya untuk mereka. Sebuah karakter yang romantis.

Mary and Dickon from The Secret Garden 1993 adaptation. Andrew Knott as Dickon Sowerby nominated for Young Artist Award for Best Youth Actor Leading Role in a Motion Picture (pic source)

2.  Lord Goring from An Ideal Husband by Oscar Wilde

Lord Goring adalah karakter pendamping yang peranannya sangat penting dalam drama ini. Meski pada awalnya digambarkan sebagai sosok yang ‘semaunya’, kenyataannya dia memiliki pola pikir yang praktis dan hati yang tulus; yang ditampakkan melalui kalimat-kalimat sarkastik, apa adanya, dan seringkali lucu. Lihat juga analisis saya di sini.

Rupert Everett as Lord Goring from 1999 adaptation. (pic source)

1. Christopher Boone from The Curious Incident of the Dog in the Night-Time by Mark Haddon

Karakter ini sudah membuatku jatuh cinta sejak halaman-halaman awal. Christopher ini juga sedikit banyak mengingatkanku pada Oskar Schell di buku Extremely Loud and Incredibly Close, yang juga sangat saya sukai. Remaja penyandang Sindrom Asperger ini mungkin menarik karena sikap apa adanya, kecerdasannya, kecintaannya pada matematika, astronomi, dan Sherlock Holmes. Ketidakpekaannya pada perasaan–yang merupakan salah satu ciri Asperger–tak lantas membuatnya tampak tak berperasaan, mungkin karena cara penulis menggambarkan ketidaktahuannya bisa menimbulkan perasaan sayang. Bisa dibilang, Christopher juga mirip dengan idolanya, Sherlock Holmes (yang mana merupakan BBF saya tahun lalu, hehe).

Christopher Boone

Luke Treadaway as Christopher Boone at 2012 stage adaptation, awarded for Laurence Olivier Award for Best Actor (pic source) (peek his awesome acting and brilliant visualisation here)

Itu dia kelima BBF saya tahun ini. Mau mengintip BBF blogger lain, atau mau berbagi versimu? Silakan ke sana.

24 responses to “Book Kaleidoscope 2013 : Book Boy Friends

  1. Aku kok gak pernah bisa ngebedain Fred & George. Tapi kayaknya aku lbh suka Ron deh, gak suka orang yg terlalu usil, hehehe…
    Horee….ada Lord Goring disini!😛

  2. Kayaknya emang perlu baca Lord Goring nih biar gak garing baca BBF temen-temen BBI😉

  3. Kayaknya yang An Ideal Husband ini ada filmnya bukan sih?
    Pernah nonton kayaknya. Hmmmm…

  4. The Tenth Circle udah difilm-in mbak??
    aku suka banget Jodi Picoult, tapi kayaknya harus baca ulang karya-karyanya deh. (>_<)
    Soalnya kok Daniel Stone nggak begitu membekas yah.
    Wah saya kurang pake feeling nih kayaknya..
    He..he..

  5. Suka sama Fred & George juga mbak🙂
    tapi yang meninggal itu, Fred atau George ya?

  6. Aah.. pengen kenalan sama Christopher Boone Dx
    Wah ada Fred Weasley❤ dan Lord Goring bertebaran ya.. jadi penasaran xD

  7. ehhh banyak juga yg masukin lord goring ya taun ini, hihih….kalo aku masih pendukung snape garis keras zee😄 tapi dari fred or george, aku juga bakal pilih fred :’)

  8. ah, aku juga suka banget sama Christopher Boone, jenius!

  9. yess another Lord Goring😀

  10. Ah, ada Dickon. Aku juga suka, tapi aksennya medok banget di filmnya. Kupingku mumet hahaha

  11. aku suka yg jadi freeeddd…..!!!!!

  12. Aku juga suka Dickon, kayaknya menyenangkan kalo bisa berteman dengan cowok yang kayak Dickon yaa *iyaa temenan aja*😀

Leave a Reply

