Selesai Membaca Sastra Indonesia 2013

membaca-sastra-indonesia-2013

Tantangan ini adalah salah satu favorit saya sejak tahun 2012. Bukan karena mudahnya, tetapi justru karena saya butuh motivasi untuk membaca karya sastra anak negeri sendiri. Selain karena tak terbiasa, saya juga beberapa kali kecewa dengan karya sastra kontemporer. Namun saya belum kehilangan harapan, karena saya telah menemukan beberapa karya yang bisa saya nikmati. Pada awal tahun, saya sudah memasang target sebagaimana tercantum di sini. Dan inilah rangkuman dari buku-buku yang saya baca untuk tantangan ini:

1. Cerita Calon Arang oleh Pramoedya Ananta Toer (klasik)
2. Bukan Pasarmalam oleh Pramoedya Ananta Toer (klasik)
3. Hujan Bulan Juni oleh Sapardi Djoko Damono (kontemporer)
4. Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa oleh Maggie Tiojakin (kontemporer)
5. Pada Suatu Hari Nanti / Malam Wabah oleh Sapardi Djoko Damono (kontemporer)
6. Enigma oleh Yudhi Herwibowo (kontemporer)

Hanya enam buku, dan untuk kategori klasik masih kurang satu dari target awal tahun. Namun saya puas karena saya menemukan (lagi) dua penulis kontemporer yang akan saya baca karyanya di tahun-tahun yang akan datang.

Terima kasih kak Made Melani atas tantangan ini, ada atau tidak adanya tantangan ini di tahun 2014, saya tetap sesekali akan membaca karya dalam negeri.

Leave a Reply

