Finding New Author & What’s in a Name Challenges 2013 Wrap Up

Tahun 2013 ini, saya mengikuti dua reading challenge yang dihost oleh Ren dari Ren’s Little Corner; yaitu membaca buku yang mengandung nama tokoh di judulnya, dan juga membaca buku dari penulis yang bukunya belum pernah kita baca. Keduanya tidak saya selesaikan sesuai dengan target saya di awal tahun. Salah satu kesulitan saya adalah ketentuan jumlah halaman. Banyak sekali buku bagus yang saya baca (dan saya sukai) berwujud novella, yang jumlah halamannya kurang sedikit dari 200, sehingga tidak dapat dimasukkan dalam list. Belum lagi kebiasaan buruk saya yang suka membaca di luar jadwal yang telah saya tetapkan sendiri. Ini dia masing-masing detailnya:

button-copy-3

Dari level Middle (12-20 buku) yang saya tetapkan di sini, ternyata saya hanya berhasil mencapai level Easy dengan membaca 9 buku yang memenuhi persyaratan, yang sebagian tidak saya rencanakan.

1. The Secret Garden by Francess Hodgson Burnett / January
2. The Hours by Michael Cunningham / February
3. Katarsis oleh Anastasia Aemilia / June
4. Mr. Justice Raffles by E. W. Hornung / June
5. The Color Purple by Alice Walker / July
6. Ruby Red by Kerstin Gier / September
7. The Curious Incident of Dog in the Night-Time by Mark Haddon / October
8. Wonder by R. J. Palacio / October
9. The Penderwicks by Jeanne Birdsall / December

Dan setidaknya masih ada 9 nama lagi yang bisa saya masukkan seandainya bukunya memenuhi syarat. Namun tidak masalah, karena kesembilan nama tersebut beberapa di antara sudah menjadi favorit saya, dan akan saya baca kembali karya-karya lainnya di tahun-tahun mendatang. Banyak sekali penulis yang masih ingin saya baca karya-karyanya, terutama penulis klasik yang ternyata masih banyak sekali yang belum saya kenal (dan daftarnya akan terus bertambah).

button-copy-2e2

Masalahnya sama dengan reading challenge yang sebelumnya, jadi dari target yang saya tetapkan di sini, pencapaian saya adalah:

1. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone – J. K. Rowling / January
2. Cerita Calon Arang – Pramoedya Ananta Toer / February
3. Oliver Twist – Charles Dickens / February
4. Harry Potter and the Chamber of Secrets – J. K. Rowling / February
5. Anansi Boys – Neil Gaiman / March
6. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban – J. K. Rowling / March
7. Crooked House (Buku Catatan Josephine) – Agatha Christie / April
8. Harry Potter and the Goblet of Fire – J. K. Rowling / April
9. Harry Potter and the Order of the Phoenix – J. K. Rowling / May
10. Mr. Justice Raffles – E. W. Hornung / June
11. Harry Potter and the Half-Blood Prince – J. K. Rowling / June
12. Poirot’s Early Cases – Agatha Christie / July
13. Harry Potter and the Deathly Hallows – J. K. Rowling / July
14. Hamlet – William Shakespeare / October
15. Anne of Avonlea – Lucy Maud Montgomery / December
16. The Penderwicks – Jeanne Birdsall / December

Dengan hasil 16 buku, maka saya berada di level 3 : You Know My Name, meleset dari target 20 buku di awal.

Tapi, seperti yang dikatakan oleh Mrs. Allan kepada Anne, lebih baik memasang target setinggi-tingginya dan mencapainya, daripada tidak punya target sama sekali (lihat lengkapnya di sini). Yah, sedikit banyak menjadi penghiburan bagi saya karena tidak bisa mencapai apa yang sudah saya rencanakan di awal tahun.

Terima kasih Ren, sudah menjadi host dari reading challenges yang menantang ini.

Leave a Reply

