Scene on Three (24)

SceneOnThree

Tepat di akhir tahun ini, saya membaca buku yang memberikan banyak sekali deskripsi indah dan adegan yang lucu serta menarik. Buku yang sama dengan buku yang ada di Scene on Three kemarin, Anne of Avonlea by Lucy Maud Montgomery. Kebetulan, ada sebuah dialog yang sangat cocok sekali dibagi di penghujung tahun.

“Kuharap liburanmu akan menyenagkan, Anne. Kau telah bekerja sangat keras setahun ini, dan kau telah berhasil.”
“Oh, aku tidak tahu. Pencapaianku terbatas dalam begitu banyak hal. Aku belum mampu mencapai tujuan yang kutetapkan saat mulai mengajar musim gugur lalu. Aku tidak berhasil mencapai target.”
“Tidak ada orang yang pernah bisa melakukannya,” kata Mrs. Allan sambil mendesah. “Tapi meskipun begitu, Anne, kau tahu apa yang dikatakan Lowell, ‘Bukan kegagalan yang merupakan kejahatan, tapi cita-cita yang dangkal.’ Kita harus memiliki target dan berusaha mencapainya, bahkan jika kita tidak akan pernah berhasil. Hidup akan menjadi sesuatu yang hampa tanpa target ideal. Dengan target dan tujuan, hidup terasa berharga dan hebat. Tetaplah bertekad mencapainya, Anne.”
(p.208)

Penggalan percakapan ini sungguh sangat sesuai dengan apa yang kita khawatirkan selama ini. Setiap tahun, kita memasang target kita sendiri, setinggi yang kita percayai. Namun kemudian menjelang akhir tahun, seringkali kita kecewa dengan pencapaian kita. Kata-kata Mrs. Allan sedikit banyak mungkin bisa menghibur, selama kita memang sungguh-sungguh dalam mengerjakan target kita tersebut.

Dalam hal book blogging, saya juga sedang mengalami kekecewaan karena beberapa reading challenge yang saya ikuti gagal saya capai. Saya sendiri masih yakin bahwa jika bulan-bulan lalu segala sesuatu berjalan sesuai rencana, saya bisa menyelesaikan target-target saya. Akan tetapi, hidup memiliki jalannya sendiri. Saya senang karena saya sudah memiliki optimisme sejak awal dan berusaha meraihnya. Meski pada akhirnya gagal juga, setidaknya itu lebih baik daripada tanpa target dan lebih sedikit mencapai, bukan?

Ikuti Scene on Three terakhir di tahun 2013 ini, caranya:

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

 

4 responses to “Scene on Three (24)

  1. Pingback: Finding New Author & What’s in a Name Challenges 2013 Wrap Up | Bacaan B.Zee

  2. Whoaaa…tepat sekali. Ak menghadapi akhir tahun dg murung krn impian terbesar gagal terwujud di 2013 (っ╯_╰˘)
    Thanks buat “scene”-nya Bzee, sangat membantu🙂

  3. Pingback: 2014 Reading and Blogging Plan | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

