Which Christie’s Character Would You Choose?

Dalam rangkaian Agatha Christie Read Along (ACRAL), serta bertepatan pula dengan ulang tahun pertama blog Sel-Sel Kelabu, maka Sel-Sel Kelabu mengadakan event seru ini. Caranya mudah saja, hanya dengan menjawab lima pertanyaan mengenai karakter dalam novel-novel Agatha Christie yang sudah dibaca. Oleh karena referensi saya belum banyak, maka inilah yang saat ini terbersit dalam pikiran saya:

1. Siapa karakter yang paling potensial untuk dijadikan pacar?

Bukan ketampanan, bukan ketenaran, bukan kekayaan yang penting. Ada seorang sosok yang tampaknya setia, yang selalu di sisi kekasihnya (oops, maaf, sudah ada yang punya ternyata) yang sedang mengalami masalah keluarga yang sangat pelik, yang bisa menjadi penengah antara kekasihnya dengan beberapa anggota keluarganya sendiri, dan (mungkin) bisa mencarikan jawaban atas masalah tersebut. Dialah Charles Hayward dalam buku Crooked House.

2. Siapa karakter menurutmu paling mantap jadi teman curhat?

Seseorang yang dapat menyimpan rahasia, mungkin memiliki beberapa ketertarikan yang sama, dan juga sabar dengan curhat-curhat tak penting dari saya. Saya rasa Jane Marple dapat mewakili sosok tersebut. Yah, setidaknya beberapa pemikirannya sama seperti saya (oh, saya jadi merasa tua).

3. Siapa karakter yang paling asyik diajak bertamasya?

Di balik sosok kalem saya, percayalah, ada jiwa petualang juga. Kalau sudah berurusan dengan jalan-jalan dan berlibur, saya sangat berani mengambil risiko. Kalau Lady Eileen ‘Bundle’ Brent (dari buku Seven Dials Mystery) bersedia, saya siap dengan petualangan yang tak terduga (asal jangan terlalu menantang maut saja).

4. Siapa karakter yang paling cocok menjadi seorang guru/dosen?

Pintar, bijaksana, idealis, blak-blakan, tetapi tetap punya selera humor. Hercule Poirot memang tak diragukan punya banyak ilmu yang bisa dibagi-bagikan. Rasanya jika sehari saja saya tidak mengikuti kuliahnya, akan tertinggal banyak sekali. Kalau beliau dosennya, saya pasti harus rajin belajar juga agar tidak memalukan.

5. Siapa karakter yang kamu pilih menemanimu saat terdampar di pulau terpencil?

Kalau masalahnya seserius ini, saya pasti membutuhkan Lucy Eyelesbarrow (muncul di 4.50 from Paddington) yang pekerja keras dan efisien. Walaupun itu tidak baik untuk diri saya karena akan selalu dilayani dengan baik, tapi saya akan belajar mandiri kok, janji deh.

Yah, itu dia lima karakter terpilih yang kemungkinan bisa berubah sewaktu-waktu (haha). Karena persyaratan jawaban hanya 20-60 kata, saya sengaja tak bercerita banyak tentang karakter-karakter tersebut. Jika penasaran, bisa dilihat di review saya, atau–lebih baik lagi–baca saja bukunya🙂

Selamat ulang tahun Sel-Sel Kelabu, semoga semakin baik dan semakin sempurna. Semoga bisa membuat para pengunjung blog semakin akrab dengan karya-karya Agatha Christie.

Yang masih mau berpartisipasi dalam event ini, ada waktu sampai 10 Januari 2014. Lihat detail tentang event ini di sini.

One response to “Which Christie’s Character Would You Choose?

  1. Pingback: Agatha Christie Read Along Wrap-Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

