Liebster Blog Award

Ini adalah sebuah ‘permainan’ yang sepertinya asal-usulnya sudah tidak jelas, haha. Pokoknya saya mendapatkan limpahan masing-masing 10 pertanyaan dari 2 blogger yang harus saya jawab. Kemudian (seharusnya) saya melemparkan 10 pertanyaan lagi kepada 10 blogger, tapi karena saya menjawabnya terlambat sekali, sebaiknya mungkin saya kembali menjadi pengamat saja, hehe.

Pertanyaan dari Afifah (@FifNoor):

1. Mulai suka membaca dari umur berapa?

Umur berapa ya, pokoknya sejak mulai bisa baca. Seingatku waktu TK sudah sering pinjam buku dari taman bacaan dekat rumah🙂

2. Berapa buku yang menjadi target bacaan 2014?

Awal tahun ini sih pasang target 60 saja, semoga bisa lebih. Kalaupun tidak lebih, yang penting dari sedikit buku itu bagus semuanya saya sudah sangat puas.

3. Buku apa yang paling berkesan hingga sekarang? (boleh lebih dari 1)

Salah satu saja ya, The Little Prince by Antoine de Saint-Exupery. Pertama baca itu sekitar 10 tahunan yang lalu, hasil rekomendasi dari kakakku. Dia bilang itu buku anak-anak yang bukan buat anak-anak. Sejak baca itu, pandanganku tentang buku anak berubah. Dulu baca itu pinjam temannya kakakku, sampai beberapa tahun kemudian kakakku beli sendiri, terus tahun lalu saya akhirnya beli sendiri, edisi terjemahan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Masih mengincar versi asli yang bahasa Perancisnya.

4. Pernah beli buku dengan rating rendah? Alasannya?

Rating rendah berdasarkan apa dulu? Kalau rating rendah di Goodreads sepertinya belum pernah. Tapi kalau rating rendah berdasarkan teman-teman di Goodreads yang sudah baca, pernah. Alasannya, karena buku itu dari penulis favoritku, juga rating pengguna Goodreads lain ada yang tinggi. Selain itu, ternyata ada teman yang satu selera denganku ternyata suka buku itu. Jadi sekarang melihat rating pun selektif😀

5. Buku apa yang menurutmu cocok dibuat film tapi belum  dibuat?

Aduh, apa ya, bacaan saya kebanyakan buku-buku abad lalu, jadi hampir semua pernah difilmkan (walaupun keluarnya sebelum saya lahir). Lagipula kalau sebuah buku itu bagus banget, saya juga tidak mengharapkan buku itu difilmkan jika tidak direncanakan, karena takut kecewa.

6. Nama blog bukunya kreatif-kreatif nih, dapat inspirasi dari mana?

Sepertinya nama blogku kurang kreatif. Pokoknya saya mau yang ada unsur baca dan nama saya, jadi biar lebih personal.

7. Pernah kecewa dengan pengarang tertentu? Kalau pernah, karya selanjutnya dibeli lagi tidak?

Pengarang yang baru pertama kali dibaca atau pengarang favorit? Kalau pengarang yang baru pertama kali saya baca bukunya kemudian kecewa, biasanya saya tidak beli bukunya. Tapi kalau pengarang sudah jadi favorit saya, meski buku kesekiannya membuat kecewa, saya tetap beli bukunya.

8. Siapa karakter fiksi yang kamu harapkan ada di dunia nyata?

Anne Shirley, tokoh rekaan Lucy Maud Montgomery, kayanya dia asyik diajak ngobrol.

9. Kamu lebih suka membaca di kamar atau di ruang terbuka? Alasannya?

Di kamar, lebih sedikit distraksi. Kalau di ruang terbuka, saya lebih suka mengamati sekitar.

10. Lebih suka metropop, teenlit, atau fantasi?

Fantasi, terutama anak-anak atau dewasa, kurang suka fantasi remaja/young adult. Kurang suka romance dan konflik-konflik yang terlalu remaja.

Pertanyaan dari Atria (@atriasartika)

1. Sejak kapan suka baca buku?

Idem no.1 di atas🙂

2. Buku apa yang sudah lama masuk di wishlist tapi belum kesampaian sampai sekarang?

Night-Flight by Antoine de Saint-Exupery.

3. Siapa penulis favorit kamu dan kenapa suka dengan dia?

Neil Gaiman dengan imajinasi gilanya. Paulo Coelho dengan kisah inspiratifnya. J. K. Rowling dengan sihirnya yang mengubah kisah fantasi menjadi klasik. Antoine de Saint-Exupery dengan Pangeran Kecil dan perjalanan luar biasanya. Oscar Wilde yang menyembunyikan kebijaksanaan di balik humor dan sarkasme. Dan beberapa yang lain.

4. Apa judul buku yang paling tua yang ada di rak buku kamu?

Paling tua dalam artian apa ini? Kalau paling awal ada di rak, ga ingat, mungkin Perjalanan si Penjelajah Fajar, terjemahan dari The Voyage of Dawn Treader, seri Narnia. Tapi sepertinya ada yang lebih tua lagi. Bahkan buku yang baru kubeli pun ada yang terbitan tahun 60an, hasil berburu di lapak buku bekas😀

5. Buku apa yang paling ingin kamu wariskan ke anak-cucumu? Kenapa?

Lebih dari setengah buku yang ada di rakku, karena itu sudah buku-buku terpilih yang wajib dibaca, minimal sekali seumur hidup.

6. Siapa tokoh yang paling kamu sukai dari dalam semua buku yang pernah kamu baca?

Anne Shirley, kepribadiannya menyenangkan, imajinasinya juga keren.

7. Buku apa yang mencerminkan kehidupanmu?

Seri Cado-Cado karya Ferdiriva Hamzah. Haha, too obvious.

8. Suka dengar musik saat membaca? Kalau iya, lagu apa yang paling sering kamu dengarkan saat baca buku?

Sekarang jarang sih.

9. Buku paling tebal yang pernah kamu baca?

Gone With The Wind by Margaret Mitchell, edisi terjemahan Gramedia 1124 halaman.

10. Apa yang paling mempengaruhi untuk membeli sebuah buku, cover atau blurb?

Kalau dari dua itu, blurb. Banyak cover bagus tapi kalau bukan ‘makanan’ saya ya tidak saya beli.

Random facts about me:

1. Di saat orang lain bilang bacaan romance itu ringan dan menghilangkan stress, romance yang pernah saya baca kebanyakan justru membuat saya stress, karena bawaannya pingin protes terus.

2. Paling ga suka lihat makanan dibuang, lebih memilih kekenyangan daripada membayangkan makanan itu bakal dibuang, suka sebal dengan orang yang impulsif ambil makanan tapi ga dihabiskan.

3. Suka nyanyi sendiri teriak-teriak di jalan sambil naik motor, kemudian menurunkan volume di lampu merah.

4. Ngakunya suka astronomi dan mengumpulkan beberapa buku tentang astronomi, tapi belajarnya baru setengah-setengah.

5. Bercita-cita memiliki ruangan khusus untuk perpustakaan pribadi di rumah, yang desainnya sudah ada di kepala sejak nonton Inkheart.

6. Pernah nemu buku Secret Garden di stand buku impor di pameran beberapa tahun lalu dan sampai sekarang menyesal kenapa ga dibeli.

7. Sulit bersosialisasi, kecuali kepada orang yang punya kesenangan/hobi yang sama.

8. Punya keterikatan yang tidak sehat kepada benda-benda milik, sering ga rela membuang walau sudah rusak dan ga bisa dipakai lagi, sering kepikiran kalau barang-barang ada yang hilang atau tidak pada tempatnya.

9. Punya banyak timbunan film di laptop, tapi lebih memilih nonton ulang serial Sherlock BBC.

10. Pingin banget ke Inggris sejak kecil, akibat banyak mengkonsumsi kisah klasik yang kebanyakan karya orang Inggris.

Yep, selesai tugas saya. Terima kasih ya untuk Afifah dan Atria yang sudah mencolek saya. Maaf baru sempat jawab sekarang.

2 responses to “Liebster Blog Award

  1. Ya ampun, random fact nya bikin ngakak. Kayaknya emang cukup banyak yaa yang seneng nyanyi di tengah perjalanan. Apalagi kalau di Jakarta😛
    Gone with the Wind masih di timbunan, baru aja beli karna ada di obralan. Entah kapan akan terbaca xD

Leave a Reply

