Scene on Three (33)

SceneOnThree

Sungguh, teman-teman sekolah akan mentertawakan aku sekenyangnya melihat sandiwara bagaimana manusia, biasa berjalan sepenuh kaki, di atas telapak kaki sendiri, sekarang harus berjalan setengah kaki, dengan bantuan dua belah tangan. Ya Allah, kau nenek-moyang, kau, apa sebab kau ciptakan adat yang menghina martabat turunanmu sendiri begini macam? Tak pernah terpikir olehmu, nenek-moyang yang keterlaluan! Keturunanmu bisa lebih mulia tanpa menghinakan kau! (hal. 180-181)
Dalam mengangkat sembah serasa hilang seluruh ilmu dan pengetahuan yang kupelajari tahun demi tahun belakangan ini. Hilang indahnya dunia sebagaimana dijanjikan oleh kemajuan ilmu. Hilang anthusiasme para guruku dalam menyambut hari esok yang cerah bagi ummat manusia. (hal.182)

Masih diambil dari Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer, adegan ini menimbulkan campuran perasaan antara geli dan prihatin. Geli dengan isi pikiran Minke saat itu, dan prihatin dengan budaya yang–menurut saya–terlalu berlebihan dalam merendahkan manusia lain.

Untungnya di zaman sekarang, budaya ini sudah semakin melonggar–terkecuali dalam situasi dan tempat tertentu. Pada dasarnya saya setuju dengan Minke, untuk memberikan penghormatan kepada orang lain, tak perlu merendahkan diri serendah-rendahnya. Mungkin ada sebagian orang yang tak sependapat, tetapi itu sah-sah saja, karena memang budaya penghormatan pada saat ini masih sangat bervariasi.

Bagaimana cara mengikuti Scene on Three:

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

2 responses to “Scene on Three (33)

  1. Masalah budaya🙂
    Kalau sudah terbiasa memang biasa saja. Tapi terkadang memang bisa aneh dan lucu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s