The Adventures of Tom Sawyer – Mark Twain

2593583Title : The Adventures of Tom Sawyer
Author : Mark Twain (1876)
Publisher : Signet Classic
Edition : 17th printing
Format : Paperback, 224 pages

Tom Sawyer tinggal bersama bibi—Aunt Polly, saudara laki-laki—Sid, serta sepupu perempuannya–Mary. Tom bisa dikatakan anak yang sangat bandel. Dia sering meninggalkan tugasnya, mengerjai teman-temannya, berkelahi, malas mandi, curang dalam pelajaran, dan lain sebagainya. Salah satu adegan legendaris adalah saat dia ditugaskan bibinya untuk mengecat pagar. Untuk mengelak dari tugas tersebut, Tom membuat anak-anak yang lain iri dengannya hingga membayarnya untuk sekadar mencoba mengecat pagar.

He had discovered a great law of human action, without knowing it—namely, that in order to make a man or a boy covet a thing, it is only necessary to make the thing difficult to attain. (p.22)

Petualangan yang diceritakan Tom dalam buku ini hampir seluruhnya menimbulkan masalah bagi orang-orang di sekitarnya. Ketika dia memutuskan akan menjadi bajak laut bersama dengan Joe Harper dan Huckleberry Finn, dia membuat khawatir bibi Polly dan Mrs. Harper serta membuat heboh seisi kota. Mereka menyangka kedua anak tersebut—Huck tidak terhitung karena ayahnya yang pemabuk nyaris tidak memedulikannya—hilang tenggelam. Kedua wanita tersebut merasa bersalah telah mempermasalahkan kebandelan kedua bocah tersebut.

Tom juga bermasalah dengan Becky Thatcher, gadis yang ditaksirnya, dan sekaligus menaksirnya balik. Masalah yang—menurut saya—kekanak-kanakan, tapi sekaligus terlalu dewasa untuk mereka. Sementara dengan Huck Finn, Tom dapat berbagi apa saja karena anak itu bebas dari orang dewasa, sehingga bebas melakukan apa saja tanpa ada dua orang dewasa yang mengkhawatirkan mereka.

Masalah paling serius yang dihadapi Tom dan Huck adalah saat mereka menjadi saksi sebuah pembunuhan, sementara sang pembunuh masih berkeliaran bebas. Kedua bocah tersebut ketakutan setengah mati, tetapi tetap saja mereka berkeliaran malam-malam demi ‘petualangan’ yang mereka ciptakan sendiri.

Menurut penulis, petualangan Tom Sawyer serta karakter-karakter di dalamnya terinspirasi dari karakter dan kisah nyata, tetapi dengan penyesuaian di sana-sini. Artinya kisah ini merupakan perpaduan antara kenyataan dan imajinasi. Hal ini membuat saya bertanya-tanya, benarkah anak laki-laki senakal itu? Nyatanya dalam buku ini, sebanyak dan seserius apa pun masalah yang terjadi pada Tom, tak ada perubahan yang tampak padanya, tak ada rasa jera, bahkan tak ada rasa takut untuk mengulangi hal yang sama. Dalam kata-kata serta sikap Tom, sulit juga untuk meraba usianya, di satu sisi dia tampak kekanak-kanakan, di sisi lain dia tampak seperti remaja. Sepertinya Tom adalah tipikal anak laki-laki yang belum pernah saya temui.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada hal baik yang dilakukan oleh Tom. Sekali waktu Tom pernah menunjukkan kasih sayang polos pada bibinya, yang membuat wanita itu terharu. Suatu ketika, Tom juga pernah melakukan aksi heroik untuk menyelamatkan Becky dari hukuman gurunya, meski akhirnya dia yang harus menanggung hukuman atas kesalahan gadis itu.

Rasanya campur-aduk mengikuti petualangan Tom Sawyer ini, seringkali jengkel dan kesal, tetapi kadang terharu, tegang, dan sayang juga pada bocah ini. Dalam buku ini, saya rasa terdapat berbagai macam karakteristik anak dari berbagai latar belakang keluarga, yang membentuk mereka menjadi anak yang seperti itu. Satu hal yang membuat saya agak tersendat dalam membaca buku ini adalah bahasanya. Rasanya bahasa Inggris-Amerika klasik kurang mengalir, yang mungkin karena saya kurang terbiasa dengan gaya bahasa tersebut. Mungkin saya harus mencoba lebih banyak buku berbahasa Inggris dari penulis Amerika yang sezaman dengan Mark Twain untuk menyimpulkannya.

3/5 bintang untuk si bandel dan petualangannya.

Review #20 of Classics Club Project

Review #5 of Children’s Literature Reading Project

Review #9 for Lucky No.14 Reading Challenge  category Walking Down The Memory Lane

Review #4 for 2014 TBRR Pile Reading Challenge (Classic #2)

5 responses to “The Adventures of Tom Sawyer – Mark Twain

  1. Pingback: Second Year Update of The Classics Club Project | Bacaan B.Zee

  2. Pingback: 2014 TBRR Pile Wrap Up | Bacaan B.Zee

  3. Pingback: Lucky No. 14 Reading Challenge Wrap Up | Bacaan B.Zee

  4. Pingback: Children’s Classics Literature: Berbagai Genre, Berbagai Masa | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s