Scene on Three (38) : Special World Book Day

SceneOnThree

“Kalau Master bersandar sekarang di bahu saya, Master bisa berenang dengan lebih mudah.”
Kupegangi lengan Conseil yang setia itu dengan satu tangan.
“Ini kamu?” tanyaku, “Conseil?”
“Ini saya,” jawab Conseil, “dan menunggu perintah Master.”
“Tabrakan itu melemparkanmu juga ke laut?”
Tidak. Karena harus tetap melayani Master, tadi saya ikut melompat ke laut.”
(p.45)

Scene ini saya ambil dari 60000 Mil di Bawah Laut, atau dalam edisi bahasa Inggrisnya 12000 Leagues Under the Sea, karya Jules Verne. Adegan ini menunjukkan dengan mengharukan, betapa setianya Conseil, pelayan Profesor Aronnax. Tak ada yang bisa saya katakan selain salut padanya.

Spesial di World Book Day hari ini, kebetulan saya punya buku ini (terbitan Elex Media Komputindo) yang mau saya hibahkan. Jujur saja, saya baru membaca tujuh puluhan halaman saja dari buku ini sehingga, meski tidak bisa dikatakan baru, kondisinya masih sangat bagus (95%). Mengapa saya berikan sebelum selesai membacanya? Karena, jujur sekali lagi, (maaf) saya tidak tega dengan terjemahannya. Ada beberapa pilihan kata dan susunan kalimat yang rancu, dan setelah saya cocokkan ke edisi bahasa Inggrisnya, ada juga kalimat yang sebenarnya tidak dimaksudkan demikian. Edisi bahasa Inggrisnya saja saya tidak yakin yang ‘asli’, apalagi terjemahan bahasa Indonesia yang seperti itu. Karya-karya Jules Verne, yang aslinya berbahasa Perancis, memang sejak lama tidak diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan baik, hanya beberapa terjemahan baru yang mulai menerjemahkan sesuai dengan aslinya.

Akan tetapi, kata seorang teman, tidak semua pembaca sama seperti saya. Mungkin ada orang lain yang bisa menoleransi terjemahan seperti itu, yang tidak terlalu penuntut seperti saya. Beberapa teman saya pun pernah mereview bagus buku edisi ini. Jadi, hari ini saya tawarkan kepada kalian yang berminat untuk mengadopsi buku ini. Syaratnya tidak sulit, yakinkan kalau kalian memang mau membaca buku ini. Kalau sudah yakin, tinggalkan komentar di post ini dengan nama dan alamat email. Besok akan saya hubungi satu orang yang saya pilih untuk menerima buku ini.

Kembali ke topik, yuk ber-Scene on Three di Hari Buku Sedunia, caranya:

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

2 responses to “Scene on Three (38) : Special World Book Day

  1. Aku memang baru mengenal beberapa buku terjemahan, mungkin masih kurang dari 20 buku terjemahan yang aku baca sampai sekarang, beberapa kebanyakkan diantaranya cukup menarik untukku. Walau sebenarnya memang lebih mengapresiasi buku asli Indonesia sih😀

    Kalau berkenan, Kak Bzee bisa memberikannya untukku, aku bisa meyakinkan Kakak dengan mencoba memahaminya walau Kak Bzee sendiri tidak begitu. Termasuk meyakinkan diri sendiri untuk mencoba ‘keluar dari zona nyaman’. Pernah ada satu buku terjemahan, Little Bee dari Chris Cleave, aku lumayan mengorbankan diri untuk re-read sampai tiga kali, demi memahami isinya. Hal yang sama pernah berlaku kalau aku nonton film, kadang bisa re-watch biar paham. Tapi.. kalau 60000 Mil di Bawah Laut bisa aku pahami hanya satu (atau setidaknya dua) kali baca, kenapa nggak?:D Terimakasih~

    Syifa
    asysyifaahs@yahoo.com

    • Selamat, Syifa, ternyata cuma km yg ‘berani’ ambil buku ini🙂 nanti kuhubungi secepatnya ya.
      Kebetulan banget kamu adalah komentator ke-3030, angka cantik yg kutunggu setelah komentar ke-3000 kududuki sendiri, hehe..

Leave a Reply

