The Speckled Band – Sir Arthur Conan Doyle [Play]

Title : The Speckled Band / The Stonor Case
Author : Sir Arthur Conan Doyle (1910)

Ini adalah versi drama dari cerpen The Adventure of the Speckled Band yang terdapat dalam kumpulan The Adventures of Sherlock Holmes. Dalam drama yang ditulisnya sendiri, penulis membuat beberapa perubahan yang cukup signifikan dalam alur dan penokohan, meski garis besar kasusnya tetap sama.

Drama ini terdiri dari tiga babak. Babak pertama dimulai dua tahun sebelumnya, saat Violet Stonor (Julia Stoner dalam cerpen) baru saja meninggal dunia. Di sini, Watson sendiri yang memeriksa mayat Violet karena dia telah mengenal kedua gadis Stonor dan ibunya saat di India. Kecurigaan sudah mulai muncul tanpa dugaan yang pasti, dan dia menyarankan saudari Violet, Enid Stonor (Helen Stoner dalam cerpen), untuk berhati-hati, dan menghubunginya jika ada sesuatu, juga untuk tak segan-segan berkonsultasi kepada kawannya di Baker Street, Sherlock Holmes. Pengadilan dilaksanakan dengan kesimpulan para juri mengarah kepada kematian mendadak yang normal, terkecuali seorang bernama Mr. Armitage yang mencurigai Dr. Rylott dengan segala gerak-geriknya yang sudah terkenal di desa tersebut.

Kasus ditutup, babak kedua menampilkan dua tahun kemudian—saat ini, Enid Stonor akan menikah dan Mr. Armitage kembali memperingatkannya akan sikap buruk yang diterima tunangannya beberapa waktu sebelumnya oleh ayah tirinya. Enid pun menemui Sherlock Holmes di London, dan petualangan Holmes dalam bentuk drama dimulai.

First play publication

Ini adalah drama karya Doyle pertama yang saya baca, dan kebetulan saya sudah membaca versi cerpennya terlebih dahulu. Meski ditulis oleh penulis yang sama, Doyle membuat alurnya sangat berbeda sehingga pembaca merasa membaca dua karya yang berbeda pula. Karakter Enid juga tak seperti Helen yang saya tangkap di cerpen. Dr. Rylott sama kejamnya dengan Dr. Roylott di cerpen, tetapi dengan berbagai wajah yang kadang ditampakkannya, kebaikan atau kehalusan yang kadang ditampakkan untuk meminta maaf pada Enid. Peran Watson di sini sedikit terlihat dominan karena dia yang lebih dulu dimunculkan dan tak berperan sebagai pencerita.

CORONER: Dear me, Doctor, you are very observant!
WATSON: I have a friend, sir, who trained me in such matters.
(Act I)

Perbedaan lain adalah, kemungkinan karena alasan durasi, ada tambahan beberapa detail, baik yang berhubungan dengan kasus Miss Stonor ataupun yang tidak berhubungan dengan kasus tersebut tetapi memberi pembaca (atau penonton) garis besar yang cukup tentang pekerjaan dan karakter Sherlock Holmes. Holmes ditunjukkan memiliki seorang pesuruh bernama Billy, dengan kasus-kasus ‘hebat’ yang ditanganinya.

WATSON: All right, I’ll wait. (Lights a cigarette and looks around him.) Just the same as ever. There are the old chemicals! Heavens! what have I not endured from those chemicals in the old days? Pistol practice on the wall. Quite so. I wonder if he still keeps tobacco in that Persian slipper? Yes, here it is. And his pipes in the coal- scuttle—black clays. Full of them—the same as ever. (Takes one out and smells it.) Faugh! Bottle of cocaine—Billy, Billy!
BILLY: I’ve done my best to break him of it, sir.
WATSON: All right, Billy, you can go.
(BILLY goes out.)
There’s the old violin—the same old violin, with one string left. (Sits on settee.)

(Act II, Scene II)

Sebenarnya setting waktu drama ini cukup lama menjelang pernikahan Watson, meski begitu dia sudah tidak tinggal di Baker Street. Sebelum didatangi oleh Enid Stonor, Holmes sempat menerima tiga klien—yang tidak diketahui Watson sebelumnya—yang menunjukkan rupa-rupa caranya menangani kasus. Kasus tersebut juga mengandung kemiripan dengan yang terdapat dalam buku Sherlock Holmes yang lain.

Secara umum, play ini dapat dibaca dengan cukup nikmat. Perubahan detail membuat ketegangannya tetap terasa. Meski begitu, bagian yang menurut saya paling seru, yaitu saat Holmes dan Watson menyelamatkan Miss Stonor digambarkan dengan sangat singkat.

4/5 bintang untuk Holmes yang lebih ‘beraksi’.

2 responses to “The Speckled Band – Sir Arthur Conan Doyle [Play]

  1. Pingback: The Adventures of Sherlock Holmes – Sir Arthur Conan Doyle | Bacaan B.Zee

  2. Pingback: Third Year Update of The Classics Club Project | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s