Scene on Three (50)

SceneOnThree

“Karena profesimu terutama berhubungan dengan soal benar atau salah–padahal aku sama sekali tidak yakin apakah ada hal semacam itu. Anggap saja semua itu masalah sekresi kelenjar. Satu kelenjar lebih aktif, kelenjar lain kurang–dan karena itulah tercipta pembunuh, pencuri, penjahat kambuhan. Clement, aku percaya suatu hari kelak kita akan ngeri memikirkan bahwa beratus-ratus tahun kita telah melakukan dosa pencemaran moral, memikirkan bagaimana kita telah menghukum orang karena penyakitnya–yang tak bisa mereka tolak, orang-orang malang itu. Orang yang sakit tuberculosis mestinya kan tak boleh dihukum mati.” (p.158)

Dialog dari The Murder at the Vicarage karya Agatha Christie ini adalah salah satu sisi yang saya sukai dalam buku ini. Pemikiran ini disampaikan oleh Dokter Haydock kepada sang pendeta. Yang disampaikannya adalah salah satu tonggak dalam pertimbangan kejahatan di zaman ini: apakah penjahat itu waras dan dapat mempertanggungjawabkan kejahatannya? Meski begitu, masih ada begitu banyak celah mengenai ilmu ini. Seperti gangguan kejiwaan macam apa yang patut dihukum dan tidak bisa dijatuhi hukuman.

Pendapat yang disampaikan oleh Haydock ini sebenarnya mengandung bias, tetapi solusi yang disampaikannya cukup relevan dan masuk akal. Pokoknya, meski kejahatan yang terjadi sebenarnya tidak berhubungan dengan gangguan kejiwaan, ‘bumbu’ yang diberikan penulis mengenai sudut pandang ini berhasil menarik perhatian saya dari penelusuran kasus yang sedikit agak membosankan, sebagai pengecoh yang baik.

Ingin berbagi scene dari bacaanmu, caranya:

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

One response to “Scene on Three (50)

  1. Pingback: The Murder at the Vicarage – Agatha Christie | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s