Scene on Three (56)

SceneOnThree

‘I just want you to know I had good reason for what I did.’
He said nothing.
‘Hey!’ she shouted. ‘Hey! I’m talking to you!’
Shadow turned. ‘Do you want me to tell you that you were right when you spit in Laura’s face? Do you want me to say it didn’t hurt? Or that what you told me made me hate her more than I miss her? It’s not going to happen, Audrey.’
(p.56)

Scene di atas saya cuplik dari American Gods karya Neil Gaiman yang sedang saya baca. Sebenarnya ini scene minor, tidak berhubungan dengan kisah besarnya, tetapi yang saya suka dari scene ini adalah bagaimana Shadow–sang karakter utama–menampakkan wataknya.

Beberapa hari sebelum dikeluarkan dari penjara, Shadow diberi kabar bahwa istrinya, Laura, meninggal karena kecelakaan. Ternyata, setelah bertemu Audrey, istri kawan baiknya, dia baru mengetahui bahwa kawan baiknya itu–suami Audrey–juga meninggal bersama Laura, dan dengan cara yang memalukan. Audrey marah pada Laura yang seolah ‘menikamnya’ dari belakang. Bagaimana dengan Shadow? Saya pribadi tak menyangka kata-kata seperti itu bisa keluar dari mulut Shadow. Meski tak yakin bahwa kesalahan Laura termaafkan, Shadow masih mengingat tahun-tahun bahagianya bersama istrinya, dan tahun-tahunnya merindukan Laura selama tiga tahun di penjaralah yang membuatnya berkata demikian. Saya salut pada Shadow untuk pertama kalinya.

Biasanya, karakter-karakter yang dibuat oleh Gaiman–pada awalnya–sangat sulit untuk dimaklumi apalagi disukai. Namun entah karena apa, saya bisa menaruh empati pada Shadow. Mungkin karena dia tidak berbuat aneh-aneh saat di penjara, mungkin karena dia sangat sangat menyesal dengan kejahatannya dan bertekad kuat tak akan mengulanginya, mungkin karena dia suka membaca–terutama saat di penjara, mungkin karena pemikirannya, mungkin karena kebaikannya, mungkin karena dia karakter Gaiman kesekian yang saya baca. Mungkin.

Mau berpartisipasi di Scene on Three? Caranya:

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

2 responses to “Scene on Three (56)

  1. Karena Shadow memilih untuk lebih merindukan istrinya dibanding membencinya. Manis sekali. Karakter yang lebih memilih untuk bersikap baik meskipun punya alasan kuat untuk bersikap buruk memang keren😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s