Where There’s Smoke – Jodi Picoult

Where There's SmokeTitle : Where There’s Smoke (A Short Story)
Author : Jodi Picoult (2014)
Publisher : Ballantine Books
Format : ebook

That is how I sum up my career as a psychic. Just because you can’t see something doesn’t mean I don’t. I can’t explain it, I can’t understand it, and I can’t deny it.

Serenity baru berusia empat tahun ketika dia melihat bocah laki-laki yang mencuri barang-barang di rumahnya, bocah yang tak seorang pun bisa melihatnya selain dirinya. Beberapa tahun kemudian, Serenity adalah paranormal terkenal yang memiliki program televisi sendiri. Program yang menayangkan dirinya berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal, yang mungkin adalah anak seseorang, ayah atau ibu seseorang, suami atau istri seseorang, demi menyampaikan suatu pesan, memastikan keadaan mereka, dan lain sebagainya.

Suatu hari, Serenity hendak menghubungkan seorang istri dengan suaminya yang merupakan veteran perang. Wanita itu hendak mempertemukan sang suami dengan anaknya yang lahir tanpa pernah bertemu ayahnya. Namun, hal tak terduga terjadi, arwah veteran perang tersebut memendam kemarahan. Kemarahan yang pada akhirnya disalurkan melalui Serenity, membuatnya berada dalam masalah. Ditambah lagi kepercayaan dirinya yang sudah berlebihan memberatkan situasinya. Dan kemudian sebuah kesalahan lagi dilakukan, memperburuk segalanya.

Sometimes, all you can do is watch things burn, and wait for the ash to settle.

Saya belum pernah membaca karya Jodi Picoult yang berbau supranatural, dan sempat skeptis dengan tema ini. Tetapi ternyata cerita pendek ini sangat menarik. Picoult membangun kehidupan Serenity dengan cukup utuh. Meski singkat, kisah ini sudah menampakkan cara kerja dan apa-apa saja yang dihadapi oleh seorang paranormal dalam dunia Serenity. Dalam dunia Serenity, mungkin banyak hal tidak sesuai dengan apa yang secara umum dipercaya oleh orang-orang (termasuk kliennya). Dia membahas mengenai kesalahpahaman orang mengenai dunia orang meninggal, mengenai arwah, mengenai komunikasi antardimensi, dan lain sebagainya. Saya tidak bisa mengatakan bahwa saya mempercayai hal-hal tersebut dalam kehidupan nyata, tetapi saya bisa meyakinkan bahwa sejauh cerita pendek ini, belum ada lubang logika yang saya temukan dalam hal-hal supranatural tersebut.

We are all psychic to a degree. How many times do you walk into a room and just know there’s tension in there? How many times have you thought about an old friend, and then she calls? Or had a dream about your grandma and you wake up and find the lost earring you inherited from her? It’s like making a psychic telephone call: you send energy into the universe, and it comes back to you.

Serenity Jones adalah salah satu karakter yang nantinya akan muncul di novel Jodi Picoult berikutnya, Leaving Time. Sebagai sebuah perkenalan, cerpen ini sukses membuat saya penasaran. 4/5 bintang untuk awal yang membakar.

Leaving TimeDalam edisi yang saya baca, juga ada excerpt dari novel Leaving Time yang dikatakan mulai terbit Oktober ini. Perkenalan mengenai karakter utama di novel ini juga cukup menarik. Tentang seorang anak tiga belas tahun yang memiliki memori yang sangat bagus. Jenna bahkan bisa mengingat satu kejadian bersama ibunya saat dia masih berusia sembilan bulan.

Ada satu hal yang tak bisa diingat oleh Jenna meski dia sangat memerlukannya, detail kejadian saat ibunya menghilang. Ibu Jenna adalah seorang ilmuwan yang mempelajari memori, yang pada suatu malam ditemukan tidak sadarkan diri, dan beberapa waktu setelahnya menghilang dari rumah sakit. Adakah sesuatu rahasia yang penting dari penelitian ibu Jenna? Apakah memori Jenna berhubungan dengan penelitian ibunya? Apakah yang akan terjadi pada Jenna dan pencariannya?

…there’s a fine line between a negative moment and a traumatic one. Negative moments get remembered. Traumatic ones get forgotten, or so warped that they are unrecognizable, or else they turn into a big, bleak, white nothing I get in my head when I try to focus on that night.

5 responses to “Where There’s Smoke – Jodi Picoult

  1. Kenapa marahnya sama serenity?
    Utk tau jawabannya aku hrs baca sendiri ya? Hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s