Kumpulan Cerita Anak-Anak – S. Haryanto Arkoboesono

kcaa coverJudul : Kumpulan Cerita Anak-Anak
Penulis : S. Haryanto Arkoboesono (1981)
Ilustrator : B. L. Bambang Prasodjo
Penerbit : Balai Pustaka
Edisi : Cetakan kelima, 2007
Format : Paperback, 52 halaman

Buku ini berisi empat belas fabel, yang menurut saya tampak seperti Grimm versi Indonesia. Kisah-kisah dalam buku ini sangat gelap, dengan kekerasan yang agak vulgar. Formulanya hampir sama dengan fabel kebanyakan; kelicikan yang mendapatkan balasannya, kebodohan yang membawa kesialan, kecerdikan yang menyelamatkan, dan lain sebagainya. Dengan Serigala yang menjadi karakter ‘penjahat’ licik yang paling sering muncul, dan Kancil—seperti biasa—menjadi karakter yang cerdik. Namun tidak hanya itu, ada Katak, Burung, Domba, Beruang, Kucing, sampai Harimau yang memperkaya kisah ini.

kcaaKisah-kisah dalam buku ini dikemas untuk menyampaikan berbagai macam pesan moral, seperti kisah Katak Ingin Terbang menyampaikan betapa kita harus menyadari keterbatasan kita, atau Kata-Kata Manis yang menunjukkan betapa kelicikan sering terbalut kalimat-kalimat indah. Sayangnya, penulis membuat pesan moral dalam kisahnya hanya bermakna tunggal, padahal menurut saya kisah-kisahnya sangat potensial untuk dimaknai lebih luas. Penulis terkesan kaku dan memaksakan persepsinya dengan memberikan kesimpulan dalam satu paragraf terakhir. Seandainya satu paragraf akhir dari masing-masing kisah itu dihilangkan, menurut saya justru akan sangat bagus untuk imajinasi dan kreativitas anak-anak yang membacanya.

Sebagai buku yang diterbitkan pada tahun 1981, yaitu saat Ejaan Yang Disempurnakan telah diresmikan, buku ini termasuk kurang teliti dalam hal tersebut. Susunan kalimatnya terkadang membingungkan, dalam artian subyek, predikat dan obyek yang tidak jelas. Gaya penceritaannya juga kadang terlalu bertele-tele dan kurang efisien (banyak kalimat yang diulang). Pada edisi yang saya baca pun (cetakan 2007), tampaknya tidak dilakukan proses penyuntingan yang berarti.

Ditulis oleh seorang guru SD, saya rasa buku ini cukup lumayan untuk sebuah dongeng anak-anak. Apalagi ditambah ilustrasi sederhana yang menarik. Seperti saya katakan di atas, ‘rasa’ Grimm-nya cukup kentara. Namun, saya rasa buku ini masih perlu dipoles sedemikian rupa lagi supaya bisa menjadi ‘Grimm Indonesia’ yang benar-benar layak diturunkan dari generasi ke generasi.

Review #10 of Children’s Literature Reading Project

Review #25 for Lucky No.14 Reading Challenge category Bargain All The Way

Oktober #1 : Buku Balai Pustaka

Oktober #1 : Buku Balai Pustaka

3 responses to “Kumpulan Cerita Anak-Anak – S. Haryanto Arkoboesono

  1. Pingback: Lucky No. 14 Reading Challenge Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s