Scene on Three (61)

SceneOnThree

…. Tapi Sophie tidak yakin kedua anak laki yang sedang berlutut di sekitar beragam kotak sihir di atas meja besar dekat jendela akan menoleh bahkan kalau ada pasukan tentara bermain musik sekalipun. Kotak sihir utama memiliki kaca depan mirip seperti yang di bawah, tapi kotak itu lebih menonjolkan tulisan dan diagram daripada gambar. Semua kotak itu tumbuh di batang putih yang lentur yang sepertinya berakar di salah satu tembok ruangan.
“Neil!” seru Howl.
“Jangan ganggu,” kata salah seorang anak itu. “Ia akan kehilangan nyawanya.”
Mengetahui ini soal hidup dan mati, Sophie dan Michael mundur ke pintu. Tapi Howl, yang tidak begitu khawatir membunuh keponakannya, melangkah ke tembok dan menarik kotak-kotak itu dari akarnya. Gambar di kotak hilang. ….
….
Neil menghela napas. “Paman Howell, aku di tengah-tengah permainan komputer.”
(p.162-163)

Scene di atas berasal dari buku Howl’s Moving Castle karya Diana Wynne Jones yang baru saya review beberapa waktu lalu. Sebagai buku yang terbit pertama kali di tahun 1986, saya jadi tergelitik membayangkan, komputer zaman itu berwujud seperti apa. Setelah sedikit melakukan riset via google, ternyata saat itu komputer sudah berbentuk seperti yang saya kenal di masa kecil saya di tahun 1990an, sebuah perangkat yang kita kenal dengan monitor dan CPU, beserta kabel-kabelnya. (kemudian saya menemukan sebuah situs Computer History Museum yang sepertinya menarik untuk dikunjungi).

Namun, imajinasi saya tentang ‘komputer’ milik Neil ini ternyata tak bisa digantikan oleh fakta itu. Rasanya, komputer miliknya jauh lebih ‘ajaib’ daripada itu. Tapi, saya tergelitik lagi untuk berpikir, apakah orang-orang di masa itu–pembaca generasi awal buku ini–juga berpikir demikian.

Bagikan scene menarik dalam bacaan kalian:

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

One response to “Scene on Three (61)

  1. Pingback: Scene on Three #61 « Simply Me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s