Collecting Feathers – Daniela I. Norris

22955634Title : Collecting Feathers: Tales from The Other Side
Author : Daniela I. Norris (2014)
Publisher : Soul Rocks Books
Edition : First edition, 2014
Format : Paperback, 95 pages

“The only thing we can all be sure of, is that we will die some day. We might as well take advantage of what life has to offer us,” (p.18)

Buku ini adalah kumpulan cerita tentang ‘dunia lain’, dunia supranatural, dunia mistis, atau apa pun istilahnya. Tak bisa dipungkiri, tema ini mau tidak mau dekat dengan kematian. Kesebelas kisah dalam buku ini memiliki pola yang sama, meski nantinya tak selalu berhubungan dengan ‘dunia lain’. Misteri yang ditawarkan hampir selalu bisa ditebak, tetapi pada beberapa kisah, ada yang membuat kita berpikir dua kali, atau bahkan di luar dugaan sama sekali.

Kisah pertama, yang juga merupakan kisah yang paling panjang, membuka kumpulan ini dengan indah. A Reason to Go On berkisah tentang seorang lelaki paruh baya yang baru keluar dari rumah sakit jiwa, dalam keadaan tanpa tujuan hidup, dan (kemungkinan) masih mengalami halusinasi. Namun ternyata apa yang dikiranya sebagai halusinasi adalah sesuatu yang nantinya akan membimbingnya menuju suatu tujuan hidup yang baru.

I discovered that temporary insanity was indeed a good shield against life’s difficulties and responsibilities, (p.3)

Kisah pertama ini panjangnya 2-3 kali dari rata-rata kisah lainnya. Oleh karenanya, di situ penulis terlihat lebih mengeksplorasi karakter dan konflik pria itu. Kisah pertama ini juga dibuka dengan prosa yang indah, yang membawa saya dalam suasana mistis tanpa menjadi terlalu gelap, saat membacanya. Kalimat-kalimat indah ini juga memperkaya kisah-kisah selanjutnya, hingga saya merasa perlu menikmatinya perlahan, meresapi kata demi katanya.

Kisah-kisah lainnya hampir selalu berhubungan dengan orang-orang yang sudah meninggal dunia. Entah kemunculannya secara misterius, atau pertemuan itu sendiri yang menjadi misteri. Namun ada satu kisah yang juga menjadi favorit saya, yang pada akhirnya berubah menjadi semacam fiksi ilmiah. Kisah yang akan sangat menarik jika dikembangkan lebih lanjut.

Secara umum, kisah mistis semacam yang dikisahkan dalam kumpulan ini memang lebih baik menjadi sebuah cerita pendek saja. Dengan demikian, tak ada paksaan bagi penulis untuk menjelaskannya lebih lanjut, karena jika dijelaskan maka tidak akan menjadi misteri lagi. Hal ini mengingatkan saya pada Joglosemar Family yang selalu protes saat saya melanjutkan kismis saya dengan penjelasan logisnya hingga berubah menjadi antiklimaks. Mungkin kisah mistis memang harus selalu seperti ini, menggantung, tak perlu penjelasan logis meski kita tak memercayainya.

4/5 bintang untuk misteri-misteri yang dituliskan dengan indah.

Review #29 for Lucky No.14 Reading Challenge category Freebies Time

4 responses to “Collecting Feathers – Daniela I. Norris

  1. Judul bukunya mengumpulkan bulu. Bulu siapa yang ilang? Bulu dunia lain kah? *eh *salahfokus

  2. Pingback: Lucky No. 14 Reading Challenge Wrap Up | Bacaan B.Zee

  3. Pingback: Book Haul : October – December 2014 | Bzee's Inner Space

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s