Buka-Bukaan Ala Blogger Kondang(an)

23528136Judul : Buka-Bukaan Ala Blogger Kondang(an)
Penulis : Abdul Cholik, Ade Anita, Akhmad Muhaimin Azzet, Cii’ Yuniaty, Esti Sulistyawan, Hariyanto Wijoyo, Haya Aliya Zaki, Lianny Hendrawati, Nuzulul Arifin, Ririe Khayan, Sri Wahyuni, Suprihati, Susi Susindra
Penyunting : Aisha S. Maharani
Penerbit : Penerbit Sixmidad
Edisi : Cetakan Pertama, Juli 2014
Format : Paperback, 152 halaman

Buku ini layaknya kumpulan curhat para blogger kondang, mereka yang sudah bertahun-tahun malang-melintang di dunia perblogan. Tiga belas blogger tersebut berbagi banyak hal tentang blogging, mulai dari mencegah hiatus, mengembangkan blog menjadi buku, merambah media massa, blogger dalam komunitas, blogger dalam bidang-bidang tertentu, hingga bagaimana tetap ngeblog di antara kesibukan. Bukan hanya berbagi cerita, para blogger ini juga memberi banyak sekali tips bermanfaat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Pada prinsipnya, buku ini merupakan salah satu panduan yang bersahabat untuk memulai, menjalankan, mengembangkan, memanfaatkan, serta menyikapi blog.

Buku ini mengingatkan saya tentang masa-masa saya membangun blog. Bisa dikatakan saya agak terlambat memulai blogging, karena ketidaktahuan saya pada masa itu. Saya merasa blog sebagai kemewahan yang tak bisa saya bangun di antara media saya yang terbatas. Saya menyamankan diri berada di ruang tumblr atau media sosial yang terbatas. Hingga suatu ketika di pertengahan 2009 ada yang memotivasi saya untuk membuat blog sebagai publikasi bagi tulisan-tulisan saya. Saat itu blog saya masih tidak stabil karena banyak alasan. Hingga tahun 2012 saya memutuskan aktif di sebuah komunitas blogger buku, dan membangun blog yang nyaman dan aktif hingga sekarang.

Cerita saya tidak penting, karena saya bukan blogger kondang seperti para kontributor di buku ini. Namun, berkat buku ini saya jadi semacam bernostalgia, sekaligus termotivasi untuk terus mengembangkan blog dan penulisan saya. Mereka yang saat ini telah merasakan hasil dari blogging selama bertahun-tahun memiliki cerita yang berbeda-beda, memiliki jalan dan caranya masing-masing, tetapi memiliki satu tujuan besar yang sama: berbagi. Bahwa dengan blogging mereka bisa mendapatkan honor, hadiah, ketenaran, promosi, dan sebagainya hanyalah bonus.

Blogger adalah anomali, sebuah deviasi eksistensial yang menembus sekat dan batas-batas nilai yang cenderung diyakini oleh masyarakat oportunis. (hal.vii)

Dari sisi penulisan, terasa sekali ‘aura blog’ dalam buku ini. Setiap blogger menulis dengan gaya uniknya masing-masing yang sangat kentara perbedaannya. Ada yang lurus, ada yang berbelok-belok, ada yang berputar-putar. Ada yang serius, ada yang ilmiah, ada yang santai, ada yang sederhana dan ada yang kompleks. Dan tentu saja jika dikaitkan masalah selera, ada yang gaya penulisannya saya suka dan tidak suka.

Secara umum, buku ini mungkin salah satu buku yang wajib dibaca semua orang, terutama para blogger, para calon blogger, para calon penulis, para penulis yang belum tahu hendak ke mana, dan siapa saja yang tertarik pada dunia perblogan maupun penulisan. Karena menulis adalah hal yang paling esensial dalam blogging, sedangkan blogging sendiri bisa menjadi salah satu sarana menulis yang memiliki banyak keuntungan.

4/5 bintang untuk blogging, salah satu hidup saya saat ini.

Review #30 for Lucky No.14 Reading Challenge category Freebies Time

One response to “Buka-Bukaan Ala Blogger Kondang(an)

  1. Pingback: Lucky No. 14 Reading Challenge Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

