IRF 2014 : Bahagia karena Membaca

IRF 2014

Reading is happiness, itulah tema Festival Pembaca Indonesia / Indonesia Readers Festival (IRF) 2014And, indeed, reading is happiness. Dengan membaca, saya bertemu teman-teman Goodreaders Indonesia dan teman-teman BBI, serta bisa menghadiri sebuah festival pembaca yang seru seperti IRF 2014 ini. Ini adalah IRF kedua yang saya hadiri, sebelumnya IRF 2013 telah mengukir cerita bahagianya sendiri.

Workshop

Desain pin oleh teh Peni

IRF 2014 ini berlangsung 6-7 Desember di Museum Nasional atau biasa disebut Museum Gajah. Dan untuk IRF kali ini, BBI semakin eksis dan menancapkan taringnya di dunia perbukuan. Salah satu yang istimewa dari IRF kali ini adalah, BBI ikut mengisi workshop bertajuk ‘Menulis Resensi dari Hati’. Di workshop yang diisi oleh bang Helvry Sinaga dan mbak Truly Rudiono ini, selain mendapatkan ilmu meresensi, sertifikat, goodie bag serta pin dari Mizan selaku sponsor, peserta juga mendapatkan masing-masing satu buku Mizan untuk diresensi (secara sepintas). Dan yang terpenting, semuanya gratis.

Workshop
Bang Helvry sedang menyampaikan materi workshop (doc.GRI)

Di booth BBI sendiri tak kalah serunya. Ada kontes foto selfie, ada mading cantik di sepanjang dinding untuk mengenal BBI lebih dekat, serta games dengan hadiah yang tak tanggung-tanggung. Permainan paling heboh adalah melempar bola ke piramida buku, sedangkan yang hadiahnya paling besar adalah catch me if you can. Mungkin di antara semua peserta pameran, BBI yang paling banyak memberikan hadiah, baik berupa buku (ada puluhan buku yang dibagikan!), goodie bag, bookmark, voucher buku, dan lain-lain. Terima kasih untuk sponsor Penerbit Mizan dan Toko Buku Periplus, serta beberapa teman BBI yang menyumbangkan bukunya untuk hadiah, yang membuat saya ingin jadi pengunjung saja karena hadiah keren-keren yang disediakan.

Doc. BBI (phie)

Doc. BBI (phie)

Merchandise

Doc. BBI (phie)

Selain games seru, booth BBI juga menjual merchandise keren berupa kalender, totebag, stiker, sampul kain, dan bookmark. Merchandise ini sebagian adalah hasil kreasi para member BBI, sebagian juga bekerja sama dengan produsen merchandise. Jika masih ada yang berminat memesan, atau ingin mengadakan kerjasama dalam pembuatan merchandise, bisa menghubungi divisi danus melalui email divusbbi@gmail.com.

Karena BBI sendiri sudah ramai, maka saya tak sempat mengunjungi semua booth pameran di IRF. Tetapi sedikit yang saya kunjungi cukup memberi gambaran betapa keseruan IRF tahun ini tak kalah dari tahun kemarin. Booth yang pertama saya kunjungi adalah Sherlockian Indonesia. Melihat-lihat koleksi mereka yang bikin ngiler, terutama satu buku koleksi back story Sherlock Holmes yang dibeli langsung di museum Baker Street, uuh… Merchandise yang dijual menarik, tetapi sebagai pengelola merchandise di BBI, saya merasa harganya terlalu mahal, meski akhirnya saya tetap membeli sebuah kipas bergambar Sherlock ala BBC (ehm).

2014-12-09 09.25.42

Hadiah dari PNFI

Selain itu, saya sempatkan juga mengikuti games di booth PNFI (Penggemar Novel Fantasi Indonesia), yang ternyata sukses besar memboyong sebuah buku dan sebuah tongkat sihir (seharusnya mug atau totebag, tapi saya menawar panitianya, karena opsinya terlalu biasa). Di sampingnya ada booth Herology, tempat komikus dan novelis/cerpenis yang mengangkat superhero lokal.

Di hari kedua, saya agak lama berkutat di booth Net Detective Indonesia yang memiliki games seru dan riddle yang menarik. Sayangnya saya belum sempat mendapatkan jawaban dari pertanyaan kuis yang membuat penasaran itu.

Satu hal yang tak boleh dilupakan dari keseruan IRF adalah book swap dan book war. Jujur, saya agak ngeri dengan book war, jadi saya hanya memantau meja book swap setiap beberapa jam. Berbekal 13 buku yang saya dapatkan di Solo, saya mendapatkan:

2014-12-09 09.27.55

Hasil swap tak resmi, didapatkan sebelum bukunya menyentuh meja swap :p (thanks to mas Pra, Raafi dan mbak Astin)

2014-12-09 09.26.41


Hibahan dari teh Indah, mbak Truly, dan kak Astrid yang sudah terlalu banyak timbunan (katanya), thanks!🙂

2014-12-09 09.28.46

Nah, ini baru benar-benar hasil book swap IRF, hehe.. tidak banyak yang menarik sih, buku yang ‘diperangkan’ sekali pun

2014-12-09 11.04.36

Kaos terbaru GRI, seharga 80k IDR

2014-12-09 09.24.50

‘Jejak’ IRF 2014🙂

Last but not least, terima kasih untuk teman seperjalanan saya, mbak Dani, juga yang menampung kami selama di Jakarta, Ren dan kak Nana, serta bang Helvry dan Dina atas tumpangannya. Terima kasih juga untuk teman-teman BBI dan GRI atas dua hari yang menyenangkan. Penuh buku, penuh kebahagiaan.

Peta

Buku kunjungan, dengan stiker sebagai bukti. Salah satu yang unik dari IRF kali ini.

One response to “IRF 2014 : Bahagia karena Membaca

  1. Pingback: Book Haul : October – December 2014 | Bzee's Inner Space

Leave a Reply

